Perlukah yamaha mengubah imagenya

image

Ga sedikit bapak-bapak dulu ga belikan anaknya motor yamaha atau suzuki karena image masa lalunya: kencang, boros, berasap, ga awet…milihnya honda karena mesin terkenal alus,irit,awet (ya iya lah dulu cuma honda yang konsen motor 4 tak .. he3…. ). SF salah satu yang kena efeknya… dibelikan ortu GLmax (alhamdulillah, masih beruntung dibanding temen lain yang ga dibelikan motor)
image

Yuk balik bahas yamaha saja .. 🙂 siapa sih ga tau reputasi RX King, fizR,RZR dll, jajaran motor kencang pada jamannya sebelum masuk ke era 4 tak! Sampai saat ini yamaha tetap menanamkan image kencang pada produknya…. Iklannya saja serem-serem pada bikin porak poranda sekitarnya… bikin baju robek-robek lagi 🙂 … iklan jupiter MX itu yang menempel dibenak konsumen karena lebaynya fenomenal… iklan lain seperti vixion yang melesat meninggalkan geng motor laki, jupiter injeksi yang futuristik, yamaha xeon membelah kota, semua menekankan betapa powerfullpnya motor yamaha. apakah ga makin kuatir saja babe belikan anaknya motor kencang, takutnya sang anak celaka karena kebut-kebutan dijalanan . Decision maker ada pada ortu, yang terkadang jalan pikirannya ga selaras dengan anaknya. Pertimbangannya beli motor buat sang buah hati tentu motor yang irit, awet, murah, dan aman. Kalau garputala terus-terusan memborbardir image kencang pada produknya kan jadi bahan pertimbangan juga… motor kencang jelas cepet rontok,boros dan bahaya… (padahal bukan salah motornya.ya anaknya dunk yang harus dihajar ….eh diajari santun dijalan 🙂 ). Disamping itu MOTO yamaha juga bisa memprovokasi : “semakin didepan” bandingkan dengan “satu hati” kan ademmm… (hayooo fbhkah saya??? :mrgreen: ) anaknya juga jadi adem tingkahnya kan (mmeksoo polll).
Terlepas dari hal itu nampaknya yamaha juga kurang produk yang menawarkan fungsionalitas… padahal produk-produk ini digemari rider berumur… coba intip produk sebelah ada rangkaian produk helm in yang menawarkan fungsionalitas lebih dari sebuah motor… media penyimpanan dan tangki bensin terbesar dikelasnya (meskipun ngangkang dan GC rendah, tetep laku tuh 🙂 )

image

Beberapa tahun belakang Yamaha sempat mengancam kedudukan Honda sebagai pemimpin pasar. Karena apa? Yamaha saat itu berhasil bikin produk yang Easy to ride serta Fungsional !!! Yup yamaha merupakan pelopor matic di Indonesia (kymco diabaikan karena kurang sukses 😆 ). Matic saat itu jelas menawarkan fungsionalitas berlebih .. cek produk terlaris yamaha: yamaha mio! Tinggal pelintir gas dah ngacir, ga mikir pindah gigi segala, dek depan rata juga banyak fungsinya. Sekarang karena pesaingnya banyak, fungsionalitas dari sebuah matic makin berkembang, pesaingnya aware akan hal ini….. yamaha ga merespon balik hingga akhirnya harus merana karena segmen motor tergemuknya terkoyak. Mau konsen ke sport jelas kurang menguntungkan karena volume penjualannya duikit banget. Jelas… image kencang untuk motor harian keok melawan image awet dan irit….padahal belum tentu motor yamaha ga bisa seperti itu kan….? Lebih milih mana punya image kencang tapi ga punya motor kencang, atau sebaliknya image irit dan awet namun punya flagship motor kencang. :mrgreen:

image

Image yang ditanamkan suatu produk terkadang ga sesuai kenyataan. Cuma yamaha yang ga punya flagship motor yang bisa diandalkan… masa cuma scorpio , no offence pesaingnya punya motor kelas dunia loh… 🙂 meski dari segi penjualan sedikit, butterfly effectnya cukup besar
image

… Segitu saja ngelanturnya… Monggo dikomen,dibenerkan atau ditambahi…

12 thoughts on “Perlukah yamaha mengubah imagenya”

  1. Menurut saya pribadi soal kualitas overall honda tetap lebih unggul, soal kenyamanan saya lebih suka suzuki, yamaha justru paling biasa saja. Kalau kenyataanya Yamaha menyodok di nomor dua dan bahkan beberapa kali bertengger di puncak saya rasa karena marketingnya yang hebat. Kalau dia ikutan cara marketing yang adem seperti honda malah bisa ketinggal jauh penjualannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.