Jawaban Pusat Pengaduan PoldaMetroJaya menanggapi laporan pengaduan tilang knalpot racing

image

“Knalpot Rancing
Mar 08, 2012

slamat mlm pa?? Sya mau tanya aturan knalpot racing itu sudah ada atau tidak??karena setau sya yg sya kutip dari detik.com wakil mentri lingkungan hidup mengatakan aturan untuk knalpot bising blm ada?? tp sya kena tilang dg psal 285(1)??yg ingin sya tanyakan aturan knalpot racing itu ada atau tidak??dan aturan teknis kndaraan itu sprti apa??jika mnurut standar pbrik seharusnya cat kndaraan polisi pun sharusnya tidak boleh dong??karena tidak standar pabrik?? ”

“Jawaban:

Selamat Siang ,Berdasarkan UU No22 th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya pasal 285 ayat (1) Jo psl 106 ayat (3) dan psl 48 ayat(2) dan ayat (3) menyebutkan Persyaratan tehnis dan laik jalan meliputi Kaca Sepion,Klakson,Lampu Utam,Lampu Rem, Knalpot, dan kedalaman alur ban. apabila melanggar akan dikenakan sangsi denda maksimal 250.000, terima kasih. (Tr/TMC)”

hasil print screen web resmi Ditlantas Polda Metro Jaya

Monggo direnungkan baik2… tahan emosi dan amarah :mrgreen:

sebagai tambahan informasi baca juga artikelnya Bank Edo berikut :
http://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/19/batas-kebisingan-sepeda-motor/

50 thoughts on “Jawaban Pusat Pengaduan PoldaMetroJaya menanggapi laporan pengaduan tilang knalpot racing”

    1. kalo pinter dan ngerti UU ya jadi pengacara,
      kalo pinter beladiri dan di siplin jadi Tentara
      kalo pinter hitung hitungan jadi ahli ekonomi
      kalo pinter tidur jadilah DPR
      kalo pinter NGELES, baru deh jadi polisi, denger denger pendidikan ngeles polisi makan porsi 80% waktu di latih dalam pendidikan, denger denger sih, kalo bener ya kebukti, kalo salah ya luar biasa sistemnya sampe bisa bikin sekumpulan manusia sok pinter dan sok jadi undang undang bisa melengang buana dengan 1001 cara ngeles

  1. qw setuju nih kl knalpot brisik ini di tilang.lha pemake knalpot ini psti ngak mgkn slow ride,pengennya ngebut betot2 gas,kan bahaya tuh ngebut di jl umum…kalo mo ngebut y di sirkuit.biarpun ngebut dijln sepi,penuh perhitungan,skill yg tinggi,pake bodi protektor ala robocop,tetep pemake jln umum bukan kt sendiri suasana dan kondisi jln umum ngak bisa diprediksi ala sirkuit.

      1. yah biar aman pke aja yg std.wong std aja dah kenceng kok,enak kan uang bwt bli knalpot brisik bwt ja2n anak/istri/pacar.polisi ngak nilang,anak/istri/pacar senang…sedap…

    1. Saya sangat-sangat tidak setuju nih!!!
      “pemake knalpot ini psti ngak mgkn slow ride”
      PSTI=SEMUA
      beberapa pemakai knalpot yang standar pun banyak yang tidak mengemudikan kendaraannya secara SLOW RIDE.
      Ngemeng2 slow ride apa yah #gubrakkk
      jujur saya termasuk pemakai knalpot nob1 itupun terpaksa karena knalpot asli dah keropos dan bolong suara lebih memekakkan telinga prepet2 dan gak sanggup beli knalpot standarnya muahalll. dan saya tidak pernah berkeinginan bawa motor secara ngebut2, betot-betot gas atau apalah itu. dan saya perhatikan ada juga sebagian yang pakai knalpot freeflow yang bawa motor secara kalem.
      bukan masalah knalpotnya bro tapi pengendaranya…
      tidak bisa dipukul rata begitu…

  2. gak kaget ah, namanya juga situs kepolisian, polisinya aja banyak yg gak beres apalagi cuma pusat pengaduannya
    kalo ini sih ibarat ane beli rokok malah dikasih wafer

    1. walah bro mase mending klo beli rokok di kasi wafer tar beli rokok di kasi knalpot racing puyeng pala+ surat tilang,hahahahha

  3. sepertinya itu yang jawab mesin hahaha.
    bisa jadi yang balas itu bukan polisi deh, sepertinya ada “tukang” yang untuk bales2in via internet. supaya terlihat formalitas untuk publik hehe
    no offense

  4. saya pernah debat gr2 pasal itu,lawong g ada kata2 knalpot standar ko jd yg pntng kn ad knalpotnya,eh. . . . . .yg nilang bilng”Dah g sah ngebantah,ini MENURUT SAYA harus ditilang.MENURUT SAYA??????

  5. di tempatku pak pol pake ninja r knalpot racing sering geber dijalan suaranya kenceng abis.. Payah….
    Motor 2 tak wlpun pake knalpot std kl rpm diatas 8 rb pasti suaranya melejit. Trus ukuran nilang pengendara lain pake apa donk ukuranya kl polisi aj gt?

  6. ngapain nanya aturan …. dah yg penting motor nggak ngganggu tetangga dijalan kan enak ….. klo ada yg pake motor berisik mesthi tak pisuhi …..

  7. Rentang db nya harus diatur..jangan terlalu bising dan jangan terlalu hening..menurut saya knalpot silent lebih berbahaya..polisi juga harus dilengkapi alat pengukur yang mumpuni..

  8. SEharusnya semua yang mengganggu dan membahayakan pengendara lain ditilang:
    – knalpot berisik
    – lampu rem, sein, dll mati
    – spion super kecil
    – sespan yang minta ampun (pasti tau dong kebanyakan dipakai siapa?
    – ban cacing
    Masak harus korban berjatuhan dulu baru ditertibkan.

  9. polisi di mari uda petantang petenteng kaya omonganya merupakan undang undang dasar, di ajak adu undang undang dasar malah ngajak berantem, polisi polisi, kapan tobatmu, semoga ada badan pengawasan aparat, baik polisi, tni, satpol pp, hansip, dll, biar mereka mereka ga pake kekuasaan seenak jidat, kalo perlu ada pelangaran sedikit aja di pecat tanpa kompromi, polisi itu bukan undang undang, cuma penegak hukum, tapi main aturan seenak jidat

    di sini rakyat ga bisa kok tuntut haknya,

  10. tadi pagi melinatas cirebon kena tilang gara2 pake knalpot gluduk2, ya dah pak tilang aja lah……. eh udah kelar nulis surat tilang…kok polisinya mas saya bantu aja ya berapa aja deh….busyet neh polisi…. duit gw 40rb kembalian beli bensin 10rb di ambil mua 🙁 , pak 30 rb aja ya..10 rb mo wat pegangan di jalan…..police jawab itu bukan urusan gw lu mo di bantu ngga….gila gilaa polisi laper

  11. sebenernya kalo mau main logika masih menang kita dong.kan itu syarat teknis jadi yg pentingkan knalpotnya masih dipasang ga di lepas kaya spion atau yang lain heheheheheh.
    masalah desibel mending tantang pengadilan aja,tar kl ditanya hakim,blg aja saya protes pak knalpot saya desibelnya masih di sekitaran normal dengan cc 200(tiger,adakan ukuran2 standar desibel berdasarkan cc cari ja di mbah google) kalo bpk ga percaya hayu kita cek ke lapangan mtr saya brpa desibel” pasti polisi ama hakim bingung wong ga nyediain alatnya

  12. eh gila, di daerah jabodetabek sy bberapa x kena razia polantas tp ga prnah ditilang gra” knalpot RAcing,, tp d.daerah bandung sy kena tilang tuh gra” knalpot racing sy. aturan dlm 1 negara dg uu yg sama kok beda” yah penegakannya?? aneh !!

  13. Oknum polisi merajalela dikarenakan kebutuhan ekonomi tidak tercukupi

    SENANTIASA MELINDUNGI MENGAYOMI DAN MELAYANI MASYARAKAT DENGAN KEIKHLASAN UNTUK MEWUJUDKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN

    Tolong di cermati buat bapak oknum yah !!!!!

  14. ya aturanya dibuat begini supaya oknumnya dapat ceperan yang banyak. kalo silent sih harusnya kagak ketilang, gak tau lagi kalo telinganya bermasalah ato ne uang berjalan. kita bisa apa stnk dan sim dibawa tilang ato nitip yah nurut aja. mau nglapor ya kesiapa sama aja boong. mending telfon kerabat dan orang sekampung aja. beres

  15. Pa d pinggir rmh saya suka ada yg betulin motor trus suka d brisikin pa knalpot nya d tambah asap knalpot rx king kan bau….
    Minta tindak lanjut nya pa, ini sering terjadi dan bukan pada waktu nya karna tengah malam bahkan sampei larut jam 12 malam masih berisik…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.