Assesori motor berbahaya , apalagi di musim hujan

Di musim kemarau saja berbahaya apalagi di musim hujan tambah lagi bahayanya. Variasi motor yang dimaksud diantaranya ban cacing, lampu HID, mika rem putih,pernak-pernik logam,dll
Coba SF ulas agak lebih detail…
Ban cacing: males dah kalo ngulas yang ini… dah pada ngarti 🙂
image

Lampu HID : sejatinya batok lampu juga khusus untuk lampu ini, bukan batok lampu bawaan yang dipaksakan pakai bohlam hid, akibatnya cahaya ga fokus dan menyilaukan pengendara berlawanan. Musim hujan lebih parah lagi, cahaya kelewat putih (kelvin tinggi) malah susah nembus hujan deras/kabut.
Mika putih: bikin silau dan bikin bingung pengendara belakang… bisa bikin panik rider dibelakangnya karena dipikir ada motor melawan arah didepannya
Variasi logam : bikin licin, seperti footsteep logam ga bersisik,grip gas aluminium, dek matic stainless,dll
image
image

Open filter : saat hujan deras penempatan open filter dibeberapa motor rawan dapat diterobos air hujan. Klo masuk mesin berabe tuh…
image

Kelistrikan : banyak perangkat kelistrikan variasi yang tidak didesain untuk terkena percikan air dalam kondisi ekstrem, misal klakson, lampu variasi telanjang, dll usahakan sambungan kabelnya diisolasi rapat sehingga ga bisa disusupi air hujan, perhatikan juga penempatannya agar ga mudah kemasukan air.

Mending disingkirkan deh modif kaya gitu, kurang bermanfaat malah meningkatkan resiko berkendara.

Eh ya beberapa kelengkapan berkendara juga perlu diperhatikan saat hujan… misalnya sarung tangan, sepatu,helm dll usahakan tidak disimpan dalam kondisi basah.. abis kehujanan kalau sempat dikeringkan biar ga apek dan berjamur. Tips bisa dijemur,pakai hairdrayer, diangini kipas angin 🙂 , atau tips spesial dari SF bagi yang punya AC, taruh barang basah di depan outdor AC… dijamin cepet kering kena angin kencang sedikit hangat :mrgreen:

31 thoughts on “Assesori motor berbahaya , apalagi di musim hujan”

  1. motor saya cuma ganti velg + ban lebar + piringan cakram depan lebar, yang lainnya? standar saja bawaan pabrikan sudah cukup 😀

  2. klo lampu depan hid ya sangat mengganggu sih tapi agak cepet ilang krn berlawanan arah. Yang bikin jengkel klo lampu belakang dibeningin yg sering metik ato bebek, silau banget pengen jitak aja 😀

    1. mending bro pengen jitak..kalo ane pengen gw tendang trus gw ancurin tuh lampunya..emosi..tapi ga ada gunanya berantem..yang ada cuma rugi..hehehehe..
      *mengetik dengan rasa emosi ketika mengingat kelakuan biker dg lampu belakang silau membara..

    1. Susah nyarinya… sarung tangan motor dibuat dengan sirkulasi udara agar bagian dalam ga lemba. Mencegah jamur juga, selain itu bahannya dapat menyerap air. Ya kalau abis kehujanan kudu dikeringkan

  3. bagus standard bro,, ban segede gaban tapi pelek standard yg ada ban ngedonat,, ban yg bersingungan dengan aspal cuma dikit,,, sama aja ama ban cacing,,,
    yg jelas standard lebih baik,, dan dipikirken oleh insinyur pabrikan,,

  4. lebi parah lg ada yg lampu dpn ama lampu blkg sngj ga di idupin ato di lepas wkt malam ini yg paleng gw kesel,klo kn seruduk ntr di blg kt yg melanggar dia pdhl ga da lampu apalagi mlm krg cahaya yah ga nampak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.