Kerepotan Gara-gara O-ring Knalpot Tiger

Sharing pengalaman nih critanya….
Awal punya tiger, pengen banget punya knalpot racing. Karena kebelet langsung ke bengkel variasi beli knalpot sekalian pasang disitu. Proses bongkar knalpot lancar jaya. Nah pas pasang knalpot variasi timbul masalah, ring knalpot yang sekilas terlihat ga rata dipaksakan dipasang oleh mekanik pemula bengkel tersebut(alasannya dibengkel tsb stok ring knalpot tiger abis)

image

Setelah dikencangkan murnya bunyi bocor terdengar, dikencangkan lagi mur knalpotnya , bocor lagi, nah yang terakhir mungkin saking gemesnya mur dikencengkan sekuat tenaga… akibatnya dolll…. baut tanam dudukan knalpot diblok mesin atas slek!!!! Dan apesnya ga ada bengkel yang jual baut tanam buat tiger karena ukurannya yang beda dengan lainnya (ukuran 11).

Setelah putus asa nyari baut tanem tersebut dibeberapa bengkel umum dan bengkel resmi akhirnya terbersit ide… daripada nunggi inden baut sepele gini mending SF beli 2 biji baut baja ukuran besar, bawa bekas baut tanam yang slek tersebut buat contoh trus ke tukang bubut. Beres dah …. :mrgreen: waktu balik kebengkel sekalian bawa juga O-Ring knalpot. Nyampai kesana eh …knalpotnya dah terpasang pake baut biasa tanpa mur alias langsung dibaut kedalam blok mesin
Bhheee…..!!! Rawan slek tuh bloknya.. !mending bautnya yang slek daripada bloknya…. sotoyy.. (kasihan juga mekaniknya niatnya mbenerin tapi malah dimarahi :mrgreen: )
SF suruh bongkar lagi baut biasa tersebut dan ganti dengan baut tanam yang dengan susah payah SF peroleh. Tau gini mending pasang sendiri knalpotnya dirumah….. awalnya ga mau repot malah kudu muter-muter Surabaya cari baut.
Saat itu (thn2005 an) tiger masih eksklusippp alias susssaaahhh banget cari sukucadangnya.

Eh tapi simegison jaman sekarang juga susah cari baut tanem
image

Artikel selanjutnya SF kasih tips bongkar pasang knalpot yang aman

23 thoughts on “Kerepotan Gara-gara O-ring Knalpot Tiger”

  1. honda gaaan hondaaa,,,mana ada onderdil gampang dicari, hihihihi, kalo motornya gampang beli di dealer, kalo onderdil cari imitasi aja deh, orinya gak sedia

      1. yaaa, ane tau sendiri gan, kawan ane maniak honda, tapi ya gitu, motor gonta-ganti, rusak jual murah ganti honda lagi, rusak jual ganti lagi, tetep honda, wkwkwkwk… ane mau ketawa aja bawaannya..
        sbnernya kasian juga ama yg beli sekennya cuman nerusin PR dari temen ane. sebelum dijual diganti olinya pake oli sae 90 ke atas biar halus mesinnya, hahaha…kualitas mesinnya makin lama makin turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.