Bongkar pasang knalpot, simpel tapi bisa timbul masalah

Bagi yang terbiasa bongkar motor sepertinya aktivitas bongkar-pasang knalpot adalah hal sepele. Namun jika ga dipakukan dengan benar bakal timbul masalah baru. Yang paling umum adalah timbul kebocoran, lebih apes lagi jika baut dudukan knalpot di blok mesin slek atau malah patah.

image

Sekedar share trik sederhana saja
Bongkar knalpot
Jangan lakukan saat kondisi knalpot panas… jelas resiko bikin kulit melepuh 😆 , tapi bukan hanya itu mur baut dudukan knalpot rawan slek. Kendorkan mur dudukan knalpot di silinder atas bergantian dua sisinya, jika daerah tersebut kotor tentu bersihkan dulu dan semprot dengan cairan penetrant jika perlu. Setelah mur pemegang leher knalpot lepas baru lepas baut dudukan knalpot diarea belakang (umumnya difootstep belakang)
Pasang knalpot
Sebelum memasukkan leher knalpot pada silinder mesin cek dulu ketebalan ring knalpot, jika sudah tipis dan ga rata sebaiknya ganti daripada bocor nantinya. Saran SF sih mending ganti saja karena pasti bentuknya sudah lebih pipih karena pemasangan sebelumnya.
Pasang knalpot pada tempatnya, begitu pula pasang juga mur-baut pada dudukannya tapi jangan dikencangkan. Selanjutnya kencangkan secara bergantian mur pemegang leher knalpot… ingat secara bergantian ya… atas bawah atau kanan kiri. Setelah itu baru deh dudukan belakang knalpot dapat dikencangkan.

Selama ini sih tips diatas sudah SF lakukan pada Tiger dan Ninja 250 tanpa masalah.

image

8 thoughts on “Bongkar pasang knalpot, simpel tapi bisa timbul masalah”

Leave a Reply

Your email address will not be published.