Kegalauan Rider roda 2 akan roda 4, petunjuknya donk

Duniaku tetap tertambat pada roda dua, namun kebutuhan akan roda empat tak dapat dihindari. Berawal waktu SF hunting rumah kontrakan di daerah Harapan Indah, berangkat kita berempat naik Tiger alhamdulillah cuaca cerah. Faiz duduk di tangki yang dialasi bantal mini,dibelakang ada bunda yang menggendong adiknya Faiz. Apesnya pulang selepas maghrib hujan deres. Beberapa saat setelah memakai jas hujan eh tiba-tiba si faiz yang duduk di tanki terserang kantuk. Terpaksa minggir lagi. Selendang yang semula buat gendong adiknya faiz,terpaksa buat ngiket Faiz ke badan SF. Sepanjang jalan (20kman) keadaan sungguh bikin SF ga pegel, Kasihan juga si Faiz tidurnya pasti ga nyaman juga. Nyampai rumah ternyata pikiran Bunda dan SF klop… kudu segera beli mobil!!!
Dengan budget yang ada, cukup untuk beli xenia bekas 2004-2005 (karbu), daihatsu taruna FGX-long 2002 injeksi atau CSX short 2003,dan panther LS matic 2001. Awalnya SF demen banget panther namun dengan budget yang ada dapetnya kapsul yang matic, tanya sana sini beberapa rekan tidak menyarankan karena selepas 10th sangat beresiko miara mobil matic, kalau mau panther generasi sebelumnya, atau versi LV (kelengkapan kurang) wah Nyonya jelas ga mau… akhirnya pilihannya di coret!
Prioritas selanjutnya Xenia 2004-2005. Menurut banyak rekan pengguna mobil ini pilihan paling aman.. tapi kok gimana gitu hati rasanya kurang sreg karena mobil sejuta umat, kelemahan lain bodi sangat tipis (cuma 0.3 mm? ), belum injeksi, serta capek buat jalan jauh. Namun enaknya perawatan gampang dan murah. Tetep saja nyonya juga bosen melihatnya, sejauh mata memandang terlihat xeniavanza dimana-mana. Klo pilihan ini masih jadi pertimbangan…karena harga jual paling stabil… sewaktu-waktu upgrade tunggangan gampang dan ga rugi banyak.
Prioritas terakhir namun sekarang malah jadi prioritas utama : daihatsu taruna. Pilihannya seri Long FGX thn 2002 dengan fitur lengkap kursi 3 baris hadap depan,+AC double blower. Atau versi Short CSX bedanya kursi belakang hadap-hadapan dan AC single blower,cuma modelnya lebih proporsional dan gagah mirip SUV beneran, denger-denger ACnyaย  cukup dingin sampai belakang.
image

Setelah googling gambarnya Nyonya langsung antusias dan menyetujuinya. Model standardnya saja dah gagah kok ๐Ÿ™‚ย  Kelengkapan cukup komplit PS, CL,PW,AC. Kaki-kaki cukup kuat makanya banyak yang modif jadi model offroad atau big rims.
image

Sedangkan suku cadang melimpah dari yang Ori sampai yang KW harga juga murah, bisa juga beberapa parts pinjem sodaranya: feroza atau xenia. Dengan berbagai kelemahan yang ada seperti bunyi mendengung dalam kabin yang berasal dari kipas radiator yang ikut putaran mesin, atau dari bunyian sektor kaki-kaki, limbung kecepatan tinggi tetap ga menggoyahkan keinginan kami berdua memprioritaskan mobil ini.
Eh ya rencananya mobil digunakan pas weekend saja, dan terutama buat mudik PP Jakarta-Surabaya. Rencana belinya dalam bulan depan setelah dapat rumah kontrakan yang ada garasinya. Ga suka sedan karena ortu dan adik sering datang berkunjung jadi butuh family car. Model mesin dibawah seperti APV,Grandmax,dll juga kurang suka alasannya mesin dibawah kabin bikin panas kabin dan makin berisik seiring bertambahnya usia ( pengalaman ortu dan mertua dulunya pengguna carry dan zebra)
Bagi para suhu yang berpengalaman mohon bimbingannya apakah kami ga salah memprioritaskan Taruna injeksi?maklum mobil pertama nih… sebelumnya tinggal pinjem doank punya ortu atau mertua.

Foto taruna modif dari : http://2wdspirit.blogspot.com
Foto lainnya dari googling berbagai sumber

108 thoughts on “Kegalauan Rider roda 2 akan roda 4, petunjuknya donk”

  1. Memang masbro, begitu punya anak mobil jadi prioritas.
    Kalau beli mobil pertama, prinsipnya sama dg beli mobil fungsional.
    Perawatan mudah dan murah (tidak merongrong), bensin irit dan harga jual kembali stabil (krn hampir pasti akan dijual kembali).
    Taruna yg saya pernah bawa problemnya di poin 2 dan yg ketiga.

    1. Beberapa hari terakhir memang saya rutin googling soal kelemahan/kelebihan taruna…. suku cadang memang murah dan gampang, bensin dalkot lumayan boros namun untuk luar kota katanya sangat irit karena gigi rasio atas kecil ini buat taruna yang csx 1500 EFI loh ya. kalo yg 1600 karbu emang lumayan boros. berhubung penggunaan diutamakan untuk turing jakarta surabaya dan buat weekend saja jadi soal keiritan taruna ga menjadi soal. Nah terakhir soal harga jual, saya sempet ngobrol sama dealer mobil Taruna termasuk mobil laku. Klo dibanding harga barunya memang lumayan anjlok, tapi berhubung saya beli bekas tentunya anjloknya ga parah. CMIIW… Eh ya mas bro.. taruna dulu tipe apa dan thn berapa? Saya ngincer CSX 2003 yang dual tone

    1. Klo gardan berisik memang bener, tapi untuk taruna karbu. Permasalahannya ada di gigi gardan yang ada celahnya. Untuk EFI katanya sudah ada penyempurnaan ? Cmiiw. … trus kondisi macet total suka overheat? Ini yang saya baru tahu…. coba saya googling lagi soal ini. Thx infonya

  2. Tebal bodinya 11-12 ama xenia n avanza…
    Udah pernah nemu yabg nabrak motor n motornya malah utuh pantatnya
    Kalo ga pusing ama nilai jual kembali saya saranin sih ambil korea. Bisa dapet tahun lebih muda lagi, fitur dan safety juga ga kalah.

    1. Pastinya nanti saya jual kembali mas bro. Klo mobil korea belum brani saya. Kaka pake accent pernah remuk bemper dan lampu depan. Cari partsnya harus inden berminggu-minggu

      1. Kalo gitu coba test kuda
        Yang diesel common part sama L300 yang terkenal bandel. Kalo masalah diesel ngebul itu cuman karena kurang perawatan aja. Solar indonesia kualiatasnya jelek. Jadi mesti sering bersihin injektornya. Paling ga tiap 10rb km dicek.
        Kalo yang bensin mesinnya pake mesin legendaris 4g63…cuman yang ini versi sohcnya. Kenceng n bandel.
        Dari segi engine saya rasa mitsu > dai

      1. hkwkwk…. mantap sukses di ibukota, kalo saya asli magetan om, kbtln dinas di surabaya. suka baca artikel2 blog SF, Jarak ya Om, deket kantor saya Samsat Tandes..xixixi

    1. Nah kuwi pan… sing manual larang diatas budget… jadi pilihannya panther model lawas atau model kapsul seri yang bawah (kelengkapan kurang), tur bojoku ora gelem. Modele elek. Bodine kegedean. Padahal aku seneng soale irit ,anteb buat luar kota. yo wis pilihane taruna… lebih eyecatching ๐Ÿ™‚

      1. yah xenia-avanza aja. dalkot, luar kota irit semua.
        kalo taruna yg kasian yg duduk paling belakang kalo luar kota, kecil bgt & hadap2an samping gt deh. kalo xenia avanza kan penumpang blkg hadap depan semua, cocok utk keluarga.
        kalo utk performa pilih taruna
        kalo utk keluarga ya xenia avanza
        kalo saya pilih yg keluarga aja.
        performa no 2.

        1. Anggota keluarga saya cuma 4 orang kok jadi yg belakang khusus bagasi. Dan klo sewaktu2 ada yg berkunjung saja. Eh ya performa taruna biasa saja. Buat ngebut juga limbung. Denger2 sih taruna nyaman ya. Depan belakang dah per keong

    1. kelemahan taruna lain yg saya alami
      -kalo ga dipanasi mesin selama seminggu, susah starter, jd kalo mau lama ga di pake mending kabel aki di lepas aja. pas mau pake pasang, beres starternya.
      -kalo pake gigi tinggi misal 3 tp kecepatan rendah, kopling & gas ga pas, mesin kadang mati, repotnya brenti di tengah jln & ga bisa distarter, susah, jgn panik, di diemin dulu 3-5 menit sambil berdoa, trus bisa starter & jln lg.

      1. saya pemakai taruna efi juga. tapi taruna saya gak seperti punya mas deh.
        taruna saya pakai weekend aja, adalah kalo weekend gk keluar kadang 2 minggu lagi dinyalakan.
        malah pernah waktu ditinggal di rumah orangtua sampai lebih dari 2 minggu mobil gak dipanasin. tapi begitu dustrarter langsung greng kok.
        cuma dulu pernah 2 x waktu mudik di pantura jalan macet lagi gak liat jalan, ternyata mobil depan udah jalan, diklason2 grogi, mesin mati deh. trus gak bisa distater nunggu sekitar 15 menit baru bisa. saat itu malam2 seluruh lampu,ac,gps nyala. ternyata setelah googling itu masalah grounding yg dialami mobil yg agak berumur jadi pengisian listrik ke aki kurang bagus. setelah itu beli kabel grounding du kaskus. masalah itu gak ada lagi.

      2. kalo ga dipanasi mesin selama seminggu, susah starter , ya dibenerin dong mas, taruna kan mesin sederhana, ga ada penyakit begitu dari barunya, paling kerjaan bengkel sotoy, tukang jumper kabel sembarangan.

        kalo pake gigi tinggi misal 3 tp kecepatan rendah, kopling & gas ga pas, mesin kadang mati<- jangan dibiasakan tuh, merusak transmisi+ kopling, lagian torsi taruna kecil banget, kalah dari avanza.

  3. biar begimane kebutuhan mobil buat keluarga jangan cari tampangnya bro, tapi cari umurnya….

    ya namanya juga barang logam ada masa pakai, ntar nyesel lo udah beli bekas tp tahun tua lagi…

    mending ambil xenia-avanza yang karbu dah, soale itu yg paling muda…
    good luck

      1. seri pertama belum vvti masbro..tapi dah injeksi efi dan dohc..begitu juga dengan xenia,vvti hadir akhir 2006 pada facelift pertama

  4. pengalamannya sama ama saya mas.. kenalken saya pembaca dari sulawesi utara.. baru kali ini saya komen disini mas.. sebelumnya cuma baca doang.. saya juga kasian sama istri dan anak saya yang masih 2 th.. motor saya sih cuman mio soul.. dan setelah ngumpulin uang, saya udah punya budget buat ngambil avanza / xenia 2009/2010, tapi masih ragu juga.. kepincut ertiga soalnya..

    1. Avanza tipe S oke sepertinya ๐Ÿ™‚ shocknya denger2 dah empuk. Livina juga lumayan, ertiga juga… wah klo rentang budget sedikit lebih tinggi enak mas bro. Budget saya agak terbatas soalnya juga masih nanggung cicilan Ninja ๐Ÿ™‚

    2. masukan mas… ertiga itu bagus ketika levelnya sudah GL atau GX… kalau masih GA.. itung itungannya dibanding Xenia masih bagusan Xenia E 2012… harga kurang lebih sama… well itu kalo baru sih… kalo 2nd dengan budget segitu (seharga Xenia E atau Ertiga GA) enak nyari 2ndnya Avanza G 2011.. harga kurang lebih ya segitu

    3. ertiga, saya yakin lebih bagus dari avanza xenia buatan daihatsu, soal built car, suzuki rata rata bobot kendaraanya lebih berat dari daihatsu, (apv, liana, vitara dll) secara safety lebih baik, cuma ya kalah irit kalau mesinya kurang canggih.

  5. kluarga daihatsu pda umumnya klmhan d mesin gk bsa hlus lg mas klo udh prnah trun msin, gk tau knpa coba aja dngrin suara msinnya ๐Ÿ˜€
    klo bleh sran mnding ambil kuda grandia deh,,mau irit ambil yg diesel yg mpi bnsin bros,,emg spare part agak mhal tp sbndng kualitas x d atas rata2,,sy pnya kuda bnsin 2001 itu msin mnta ampun bndelnya kki jga than bnting tp emg agk bros msh krbu soalnya,1:9 jln cmpurlah,,klo yg diesel ykin diatas 1;10 soalnya msin nya sma ama L300,,gk ada yg mragukan msin ini,,bhkan pjero aja blok msin nya msih pke tipe ini,,hrga jual kmbli jga stabil… just shring staunya ๐Ÿ™‚

    1. Eh ya… dulu juga ngincer yang diesel… ๐Ÿ™‚ berhubung nyonya dah anti diesel jadi dicoret dah pilihannya. Klo bensin ga brani ya karena itu… boros… nyari perawatan yg mudah jadinya ya daihatsu

      1. jng slah loh mas,,prnah nyobain mobil mitsu blom?? mnurt sya mobil2 mitsu kbin nya pling senyap,,cobain aja,,mna diesel irit,,blom lg klo speed freak tgl nyri turbo eks L200 msin nya jg sma soalnya,,udh psti knceng tmbah irit,,o ya kuda sya jga gmpang prwatannya msih krbu 1600cc hhheee

  6. beli ford laser aja om faiz :mrgreen: tua tapi masih bandel, irit, sparepart gampang, mesinnya gampang dibenerinnya

    yg tx3 tuh udh injeksi, cuma ya rada susah nyarinya, harga juga dibawah 50jeti

    ato ga ford laser champ tuh, bapak temen ane pernah bawa ampe 200kpj di tol mana gitu lupa ane :mrgreen:

    ato bmw 318i yang taunnya dibawah 2000

  7. perasaan dulu pernah baca blognya james bons atau siapa ya..lupa.
    coba gabung di grup motuba bang james bons, di sana kan katanya sih banyak suhu2 mobil bekas. mungkin bisa tanya2.

  8. murah, hemat, bwt kluarga muda lbh prefer k avanzaxenia..

    blm ngecek pilihan laen mz bro, mitsubishi grandia, Opel Blazer, Escudo JLX.
    klo taruna konon bnyk g enaknya..

  9. klo saya usul nih ya lainnya taruna apa xenia aja masbro..klo xenia pengalaman make buat ngebut limbung rasanya..klo taruna ya seperti yg diatas sama aja limbung juga rasanya apa mungkin kondisi mobilnya yg pas ga enak juga ga tau..klo pengalaman saya yg bantingannya paling enak ya pajero,xixixi… :p

  10. avanxenia tahun segitu dah injeksi masbro..tapi belum vvti..tahun 2006 keatas dah vvti,bbm lebih irit plus suspensi tambah empuk..bener kata bro yg diatas,ane pengalamn sendiri bawa avenia yg belum vvti suspensi nya keras abis,mentul2..lebih nyaman kijang grand..wkwk..tapi irit sih..kenapa ga ambil kuda diesel aja masbro??

  11. kalo mau yang gagah dan kokoh di range harga dibawah taruna coba SUV opel blazer bro, yang ada row ketiganya type montera dan SOHC. dijamin senyap dalam kabin dan stabil di geber di tol. sisa budget bisa buat rapiin mobil..

  12. No, don’t go with Taruna.

    Saya pernah pakai Taruna keluaran sekitar 2005 an CC masih 1.700. Taruna punya kelemahan, kena hujan sedikit ada parts yang nggak tahan air. Karena si parts tersebut letaknya persis di bawah kaca. Kalau keselnya saya dengan Taruna paraaah deh ๐Ÿ™ akhirnya ya jual ganti Xenia 1.3, mobilnya kuat nggak ada masalah walau sudah digunakan 5 tahun lebih.

    Taruna saya pakai sekitar 4 tahunan masalah sudah banyak, sempat disuruh turun mesin segala, oleh Daihatsu BSD.

    1. Bukannya taruna cuma ada 1600 karbu dan 1500 injeksi ya. Klo tahun lama emang ada masalah di delco karena pas dibawah talang air kap depan. Begitu ujan mogok. Tapi berdasarkan pengalaman rekan2 kok jadinya mo ambil xenia saja ya…. xenia 1.3 AC single blower cukup sejukkah jika muatan penuh ?

    2. ya itu si masalah sepele, kasih tambahan plat di atas delconya, beres, ga butuh waktu 2 jam, klar itu masalah. taruna ente 1600cc, memang mesin 1600 ini agak rawan keropos waterjacketnya (sama seperti zebra)

  13. coba jangan ke daihatsu mas, , ,pengalaman pribadi pake taruna sm xenia klo udah kena hujan, , ampun-ampunan dah kaca depan nya, , ,burem minta ampun. . .d AC ON pun gk byk bntu. . .
    coba ke krista aja lah mas, .. gk byk mslh nya. . .tp emg agak boros dalkot nya,,klo luar kota mantep +irit lah. . BBM sebanding sm kenyamanan lah mas. . .
    mobil skrg emg tpis2 plat nya mas,klo mau plat yg tebel coba nissan deh.tp sbanding sm harganya juga sih. . saran sya klo untuk mbil prtma yg gak akan nyusahin ya kijang atau kuda. . .
    skali lagi ini nyumbang saran aja mas. . .
    ๐Ÿ™‚
    #pengalaman pribadi sbagai marketing mobil

  14. kl ada dana mending ambil Avanza s, paling nyaman dibanding xenia/avanza G. tenaga juga lebih besar karena 1.5. Juga ada ABS, jadi Ban-nya nga nguci ketika rem mendadak , arah mobih masi bisa dikontrol. Seat belt juga ada tiap baris. fitur interior paling lengkap. dan secondnya lebih murah dari Avanza G ….

  15. saya mau sharing cerita mas, biasanya cuma jadi silent reader aja.. hehe…
    sebelum punya anak dan bulan2 awal punya anak saya berpikiran gak mau beli mobil, kalau keluarga kecil saya masih muat pakai motor.
    tapi pikiran berubah saat anak mulai umur 6 bulan dan mau dibawa dari rumah orang tua saya ikut ke kota tempat saya kerja. barang bayi aja sudah banyak banget, apalagi ditambah barang orangtuanya. kebetulah rumah orang tua agak masuk kampung, jadi kalau mudik, masih naik ojek. akhirnya saya dan istri memikirkan untuk beli mobil. dengan dana terbatas saya mau mobil sesuai budget yang muat 7 orang, irit. dan pilihan saya tertuju Kuda Diesel yang model kedua dan taruna FGX/FGZ. sebelumnya carens II dan xenia termasuk dalam pilihan tapi gugur. carens II, karena pengalaman punya temen boros, xenia karena kurang suka modelnya dan pikir2 waktu keluaran awal2 (2004) harga baru xenia tertinggi cuma 90jutaan kalo taruna FGX baru th 2004 harganya 140jutaan. saya pikir ada sesuatu dengan mobil ini, entah bahan bakunya atau kualitas bahannya yang jelek. dan memang benar setelah punya taruna baru tahu dari avanzaxenia.net bahwa avanza xenia ada beberapa fitur /bahan yang dikurangi atau direkayasa utuk menekan biaya produksi. misalnya side impact beam yang letaknya diantara pintu luar dan dortrim. di avanza xenia absen, gak kelihatan sih, tapi fitur tersebut penting bila mobil tabrakan /tertabrak dari samping. gak langsung kena penumpang, dan pintu masih bisa dibuka. trus as roda belakang yang sambungan, katanya dah ada beberapa yang jadi korban karena ban belakang copot.
    jadi bersyukur gak jadi beli xenia waktu itu.
    balik lagi ke pilihan tadi gan… hehe..
    daripada taruna sebenernya pengin kuda generasi ke 2 yang diesel gan, mengingat mistubishi pengalama dengan mesin dieselnya dengan trek kepala kuningnya dan L300nya yang melegenda, tapi apa daya karena barangnya kurang banyak, jadi susah nyarinya.
    akhirnya dapatnya taruna FGX SE.. 2002.( taruna FGZ dicoret dari daftar pilihan karena ternyata walaupun EFI tapi masih pake mesin lama 1,600).
    kekuarangan.. ya itu mas kalo lagi jalan macet gigi 1 2 3 pendek, jadi capek pindah2 gigi. tapi kalo jalan lancar sih enak2 aja soalnya mobil pertama jadi belum bisa mbandingin. tapi kalo dibandingin avanza kantor mirip2 lah rasanya, cuma karena baru mungkin masukin gigi lebih enak avanza, kalo dibandingin panther 2002 punya kantor, panther menang di suspensi empuk, tapi tarikannya kurang. kalo dibanding grand livina 1.8 kantor taruna kalah telak gan.. menangnya cuma satu, menang tinggi aja.. hehehe…
    begitu cerita saya..

  16. Kalau uangnya ada cash 100jt dari bongkar tabungan ya ambil xenia 2004/2005/kijang kapsul
    atau
    Opel blazer montera 2000 harga 50-60jt sisanya buat perawatan
    “jangan berpikir jual kembali karena kalau sudah merasakan blazer tidak akan kepikir buat jual, nyaman sih”
    tapi………..
    kalau 100jt dari utang bank, sewa aja avanza kalau pas butuh mobil,
    tidak mikir pajek ganti ban nyuci manasi

  17. av/xen gen awal sudah injeksi tapi belum ada sensor o2, per keras
    av/xen face-lift sudah vvti, injeksi closed loop, per lebih empuk, lebih irit.

    pengen av/xen stabil di tol, gampang mas, ganti shock breaker, pasang stabilizer, strut bar, sway bar. di gas ampe mentok 180kpj bisa aja.
    yang bikin ga stabil karena bobotnya sangat ringan, suspensi juga pas2an.
    justru itu keuntungannya, bobot kendaraan ringan otomatis konsumsi bbm irit.

    pengen pernya empuk, ganti per yang empuk.
    pengen kabinnya senyap, pasang peredam.

    mobil murah maunya macem2. hehe..

    yang penting harga murah, irit, sparepart banyak, resale value bagus, dan bisa diandalkan.
    gampang, liat aja kendaraan apa yang paling laku dan paling banyak seliweran.

    kalo motor ya honda, kalo mobil ya itu, apa lagi selain itu.

  18. ikut bantu jawab ah..
    1. stau saya xenia 1.3l gak ada yg karbu. kalo yg 1.0l sih gak tau.
    kalau cari xenia, lebih baik ambil yg 1.3l . karena lebih irit, bertenaga, dan tidak ada getaran mesin khas 3 silinder (xenia 1.0l)
    selain itu fitur2 di xenia xi juga lebih banya dari avanza yg berharga sama.
    2. taruna pilihan cukup bagus, lumayan irit, cari yg 1.6l injeksi.
    3. jangan blazer, mobil paling jelek yg pernah saya coba itu. hehe, boros, loyo, mungkin karena bobot ny yg super berat.
    4. grand livina juga jangan , kaki2 ny cungkring, pernah ni aq bawa ke jalan2 rusak, lumayan berat sh, arm nya sampai bengkok.
    padahal mobil lain juga gak akan separah itu.
    5. kia carens juga bagus sebenarnya

    saran sih, cari xenia 1.3l aja, irit, murah, perawatan gampang, sparepart murah, pastikan aja gak dapet mobil bekas rental. hehehe. dan ber KM rendah.

    knapa gak cari sedan om?
    yg murah ada timor, yg kenceng ada gallant. ada soluna,

  19. yoi mas kalo mau “entry level” yang reliable ya xenia XI 1.3 saja. parts nya murah, ga rewel, dan irit. dulu saya pakai dari baru tahun 2004 (XI pertama, dan dijual di 2010…) kelemahannya… ya banyak sih… misalnya body nya tipis sekali. dan lain2..
    tapi kalo untuk mobil keluarga sih saya rasa sangat cukup… kalo ada dana lebih sih mending beli innova… heheh

  20. Ambil aja mas bro avanza-xenia yang baru. ambil angsuran yg paling lama, 5 tahun kayak saya, ga terasa angsurannya, dah masuk thun ketiga aja. ga pusing tinggal pake.
    Mobil juga dipake hari libur aja. anak juga dah dua, ga bisa pake motor lagi, bahaya nya lebih besar, belum anginnya.
    Ambil mobil mah pasaran aja, gampang jualnya, apalagi sparepartnya lbh gampang.

  21. wah…newbie turut komen gan ๐Ÿ™‚

    mau komen apa yah?
    ya pokoke kalo mau cari mobkas gak usah buru-buru lah
    santai saja, biar ketauan semua penyakitnya. kalo bisa test drive dulu.

    budget sampeyan termasuk “sangar” untuk ukuran pemula lho. enak, bisa banyak pilihan.
    untuk taruna biasane itu cantelan power window suka dhol,
    tongkat persneling rada bergetar (bisa diperbaiki), sama dengungan itu bisa jadi gardan lho (jarene ada gigi yang kudu diganti) tapi gak semua taruna ndengung.
    untuk lainnya sih oke lah, paling rasio gigi awalnya rada pendek, koyok numpak zebra/carry.

  22. kuda boleh dipertimbangin bro..denger2x bandel mesinnya.kalau sedan/city car ga coba lirik?mumpung keluarga masih kecil ๐Ÿ™‚ masih dapet lah yg sekelas baleno atau aerio. harga murah fitur tergolong komplit loh.

  23. wow………..mau beli mbl nih.

    well, ikut ngasi opini ya……..kalo sampeyan terbatas budgetnya dan gak mau terlalu repot dan gak terlalu mikirin konsumsi bbm…mending beli tyt kijang varian teratas.

    body jauh lbh kuat dan gak terlalu rewel. Memang saya gak pernah punya tipe mpv (manapun)……….tapi saya tengok di bengkel teman saya, mbl ini termasuk bandel….asal jgn ambil yg diesel ya….banyak dekselnya yg jebol. Biar tahun tua, mesin dan body kuat…lagipula gampang dijual kembali.

    xenia avanza, jangan la………masakkan tabrakan dgn jup mx, itu ban depan dkt supir sampe mau patah, kap mesin terlipat, mesin mundur, kaca depan retak, pintu susah dibuka? Itu kaleng krupuk, kawan….saya tau ada fbh2 yg koar2 soal barang ini. hahahahahah

    lagipula sparepart xenia avanza juga gak murah2 amat…..dan lumayan belanjanya….

    taruna? saya gak terlalu tau soal SUV satu ini…..yg saya tau cuma limbung di tikungan dan gardan cenderung berbunyi.

    itu aja la..semoga bermanfaat

    1. @all : akhirnya pilihan hati jatuh pada taruna fgx special edition 2003. Km baru 75rb, barang sangat istimewa karena itu hati ga dapat menahan godaan meski lumayan diatas budget semula. Interior beberapa bahkan masih berlapis plastik. Body muluss luss… ๐Ÿ™‚ kelengkapan super komplit (versi terlengkap tahun itu) Alasan dijual oleh pemilik sebelumnya karena dia abis tabrakan parah pake motor kaki kiri patah sehingga ga kuat jalan lama pake mobil manual, rencana dia ganti matic. Kelemahan body limbung ga masalah karena ga suka ngebut ๐Ÿ™‚ trus gardan bunyi mendera taruna keluaran awal karena gigi gardan ada celah, taruna EFI rasanya ga mengalami hal itu. Eh ya ciri lain taruna bunyi keras seiring putaran mesin diakibatkan oleh kipas yang ikut putaran kesin, rencana ke depan ganti electric fan.

      Thx to all atas usul dan sarannya… sempet cari kijang LX yg modif LGX (karena masih1800 EFI,sedangakn LGX /krista injeksi cuma ada 2000cc) tapi jodoh ketemu duluan sama taruna biru silver ini. Khusus mas Bons ahli motuba …thx yo bimbingannya ๐Ÿ™‚

  24. taruna bagus kok, masih global product, walau di indonesia di melarin tapi bodynya masih kuat dan agak tebal, duo kembar sih masih dibawah level taruna, itu barang dibikin buat pasar ekspor china, kualitas yah seadanya, beli mesin bonus kaleng tipis + plastik sana sini, mending taruna kemana mana, harga dulu 140 juta, duit segitu pasti dapat barang lebih bagus dari 90 juta sikaleng kembar pertama keluar, kalau beli bekas taruna malah untung, dapat lebih murah+lebih berkuailtas dan harga jualnya sama saja pada saat belinya. atau beli kuda juga boleh, mesin legend 4d56 + bodynya mitsubishi kuda tebel banget, solar 1:10-11 lah. lari 160 lebih di tol. sparepart pakai l300 (lebih murah padahal isinya sama saja), 4d56 blok mesinnya sampai sekarang masih dipakai di pajero sport, tinggal pasang turbo tu kuda langsung jago di tol dan light offroad

Leave a Reply

Your email address will not be published.