Rantai indopart buat tiger kuat tapi tidak untuk girnya

image

Komentar ini keluar dari seorang montir langganan saat SF datang untuk servis Tiger, doi ngomongin soal gir yang terpasang di tiger. “Wuih berapa duit mas gir set sinnob? Mahal ya… ? ” “Lumayan mas. Tapi mending ini dibanding originalnya yang sama-sama mahal. 🙂 biasanya sih pake indopart tapi entah kok yang 2 terakhir ini ga awet. Lantas montir ini berkomentar. “Rantai indopart sebenernya kuat mas tapi akhir-akhir ini kualitas girnya kurang bagus. Setelan rante masih panjang tapi gir biasanya kalah duluan. Seringnya menyerang gir depan yang bengkok dulu.” Bengkel ini rupanya sering ganti gir set tiger makanya hafal sama penyakit indopart yang tergolong favorit pengguna honda tiger. “kalau mau irit, rantai bisa pake indopart namun gir depan belakang pakai ori….” katanya Hmmm tapi kok pernah denger bengkel lain nyaranin kalau ganti gir set kudu sepaket dengan merk sama,karena sudah melewati research produsennya. Ada yang punya pengalaman soal ini?

45 thoughts on “Rantai indopart buat tiger kuat tapi tidak untuk girnya”

  1. Pake aslinya kuat bertahun2, gir masih layak lah tapi rantai keburu melar. Nyoba murmer pake SSS, hampir tiap bulan harus stel rantai 😀

      1. Btw kalo mau cari gir depan 14 ada dimana ya? Mau beratin dikit rasio, sekarang standarnya terlalu ringan (ganti velg 17), mesin cepet teriak tapi power gak keluar maksimal.

        Mau ganti 1 set 13/41 belum ada duit 😀

    1. dulu saya juga pake gear sinnob dan rantai indopart, hasilnya sangat memuaskan, tahan hingga dua tahun di vixion saya bro, sedangakan dengan gear set ori hanya tahan setahun, jadi kesimpulannya memang rantai indopart sangat awet dan bagus, rantainya saja tapi….

  2. jujur ane pingin ketawa kalo ada yg ngomong “ganti gir set harus sepaket depan blakang dan rantai” asli ngakak.
    part tsb habisnya gak barengan kok. itu mah akal-akalan pedagang biar untung banyak. ane sejak lama pegang motor kalo ganti ya seperlunya aja. kadang rantai doang, atau gir doang. gir ori depan lebih sering ketimbang yg blakang.

    1. benar nih agan, di rumah ada 2 gir depan nganggur, pertama ganti masih bagus, kedua mo di ganti malas bongkar nya ( ganti sendiri, biar ngirit ongkos )

  3. Cuma nanya (karena gak pernah punya tiger) kalau gir dan rantai di ganti gitu, bunyi nyaringnya pas jalan makin berkurang atau sama aja?

    1. Pengalaman gir set ori emang berisik tapi awet, gir indopart lebih alus awalnya tapi agak lama juga kasar, nah kalau sinnob pengakuan di forum-forum sih ga berisik. Saya juga merasa begitu tapi entah bagaimana pemakaian jangka panjangnya. Maklum baru sebulan pake

    1. Sepertinya waktu pasang bos gir kurang presisi (ada bagian yang menonjol) . Atau bisa jadi jalur kancingan gir sudah ga rata / aus sebagian. Bisa diratakan ditukang bubut.

  4. saran saya pakai merek federal. harga di singkawang kalbar cuma 179 ribu perset rantai dan gir. kualitas diatas indopart(menurut saya yang sudah sering ganti rantai gir tiger karena saya dulu juga pemakai merk indopart). . dalam 1 bulan perjalanan bisa 5000 km masih bagus (tentunya dengan pelumas rantai )

  5. hem,,,kalo rantai sih pake indopart mas,,tp kalo gear depan sm belakang pake yang ori..efeknya rantai nya kalah terus…hehehe rute 500km PP tiap minggu,,paling gak 5bulan baru ganti rante lagi mas..
    jd ganti gak sepaket juga gak papa mas….

  6. saya pake merk chuho, tp walopun merk ga jelas namun kualitas gir tebel banget dibanding indopart / ori. harganya sih agak mahal , 235 ribu tp ane rasa bagus terutama gir nya yg bahannya tebel.:)

  7. Pake merek apa aj it bsa tahan lama.it smua trgantung dari perawat. . .dari pelumasan ,stelan,juga kekencang ger,snep ring juga bsa pengaruh

  8. koko
    saya biasa ganti rantai sepaket setiap 6 bulan ternyata nguras dompet, setelah di pelajari akhirnya saya hanya ganti rante 1 thn sekali dan gear nya 3 taun kali tetap aman pilihan saya indopart

  9. KOKO . dll ..
    Hargai rantai indoparts ituu sebenernya berapa sihh agan agan saya penasaran .mohon masukanya yaa . terimksihhh agan agan

    1. Harga rantai indopart paling kisaran Rp. 50rb-an. pernah 2X Beli , 420-104 hrg Rp. 45rb. 428-106 hrg Rp. 50rb.
      puas bnget sih, halus banget suaranya, beda ama ori abs. revo. gearny beli pretelan gir dpan federal 15 rb. blakang 30 rb. rante 45 rb. beda 50 rb ama oriny. tapi tahan ampe setahun lebih klo ori gk ampek setahun.
      ( tanya kenapa )

  10. mungi saya aka coa indopart . tapiii mau tanya lagii untuu kitaa beliii eceran indopart rante gir dll ituhh bisa ya . apa harus 1 paket belinya ituhh .. sbreee pgn gantii gear kecil punyane megapro apii harus akal akalan . ada yang pernah cob . mongggo sherrrr .

    1. Gir megapro ga bisa dipasang di tiger,karena ukuran rantainya saja beda. Coba tanya ditoko variasi ada ga gir ukuran lebih kecil khusus buat tiger…

      1. Memang untuk rantai gak cocok karne harus gantii juga . Jadi rantai nya pakai stria 2tak . Dan gear dpn belkang pake megpro . Atau gl pro ..

  11. Kalo merek Gear set NPP untuk tiger menurut agan2 kira2 bagus gak? ane bingung harus pake gear apa nih… di ane indopart harganya mahal gan kisaran 250rb, ko beda2 ya tiap daerah pdahal d grosiran, klo d toko/bengkel gearset indoprt bisa tmbus 300rb.. Oh.. Shit* pkonya.
    mohon pencerahan gan. :'(
    thnx

  12. abang abang sekalian
    kalo beli gir yg asli dimana ? kan kalo di bengkel mesti sepaket tuh. trus rantai mending pake apa ya? soalnya tigi ane udah sering lepas rantenya gara gara kendor banget. trs modifinya gmana ya? gir ori + rante indopart?

  13. sekarang aku pakai gir set otopart.. tapi sebelum di pasang.. gir depan sama belakang saya bawa ke pandai besi, bakar lagi, di sepuhi..
    tahan sampe 4 tahun.. boleh di coba.. monggo

  14. Mas SF, kalo pake rantai indopart di gear set ori Tiger recomended nggak ? punya saya udh waktunya ganti. kira2 berisiknya bisa hilang tidak ? makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.