Cakram belakang lebar,belum tentu berguna

Sejenak tertegun saat pukang kerja Jumat kemaren disalip oleh satria FU ban cacing, kalau modif ban tipis pada motor tunggangan memang sangat amat sering SF saksikan dijalanan. Tapi yang bikin lebih heran lagi modif cacingan ini ditambah cakram lebar di roda belakang. Sayang ga sempat SF abadikan karena tablet ada di tas,dan tas ada dalam box.

image
Gambar hasil googling

Pada motor standar kemampuan rem depan kudu lebih pakem dibanding rem belakang… cek semua motor yang memakai rem cakram depan. Kebanyakan belakang masih memakai tromol kan? Opo tumon kebalikannya rem belakang cakram depan tromol ? 🙂
Motor yang pake double disc juga begitu ukuran cakram depan biasanya lebih besar dibanding piringan cakram belakang. Bagi motor moge monggo perhatikan sektor depan memakai dua cakram sedangkan belakang cukup memakai cakram single dengan diameter lebih kecil.
Penggunaan rem depan berfungsi efektif dalam menghentikan laju motor ketika kecepatan tinggi. Kenapa begitu? Saat mengerem makin kencang kecepatan bobot motor akan berpindah kedepan sehingga roda belakang kehilangan traksi, ekstreemnya lihat moto gp saat hard breaking bahkan roda belakang sampai terangkat. Nah pada saat kecepatan rendah atau dikemacetan rem belakang akan maksimal penggunaannya, karena rem belakang ga nggandoli kemudi depan. Jadi saat pengereman menggunakan rem belakang kemudi depan bisa enteng berkelok-kelok dikemacetan dan bagian kemudi motor ga naik turun karena penggunaan rem depan berlebih. Coba kalau di kemacetan pake rem depan terus ya bisa nyundul-nyunduk saat gas rem – gas rem. Dikecepatan rendah pun daya pengereman ga perlu sekuat saat kecepatan tinggi. Itu sebabnya rem depan kemampuannya kudu lebih baik.
Jadi hati-hati saat upgrade rem belakang memakai piringan lebar, terlalu pakem bisa bikin ngesot. Beberapa pembaca pernah bilang ngesot karena skill saja belum mumpungi… hmm kalau panic brake sepertinya susah mengontrol akurat pengereman motor. Kecuali mungkin bagi yang sudah biasa maen di sirkuit…
saya orang umum, skil standar …kalau panic brake meski rem depan di prioritaskan masih sering selip roda belakangnya.

45 thoughts on “Cakram belakang lebar,belum tentu berguna”

  1. Harusnya rem standar dari pabrikan sudah cukup, apabila dari pabrikan di bekali tromol di belakang ya sudah gak usah maksa diganti disc. Demikian juga kalau di depan cuma dibekali satu disc gak usah maksa ditambah jadi dua. Kalau ada motor yg dibekali disc depan belakang apalagi sampai ada dua disc di depan pasti power dan bobot motornya memang mengharuskan begitu.

    Saya lebih liat kemampuan pengendara dalam mengenali karakter pengereman motor yg penting. Sering lihat pengendara telat ngerem karena gak tau kekuatan rem motornya sendiri akibatnya nyosor pantat kendaraan di depan. Panic brake juga perlu teknik kalau tidak malah ban ngunci dan akibatnya ndlosor. Pernah juga lihat pengendara telat ngerem ban keburu masuk lubang akibatnya fatal motor malah njungkir kaya di moto GP.

    1. Antisipasi sangat perlu sehingga panic brake bisa dihindari. Tapi yang susah diprediksi adalah kelakuan rider lain. Tiba2 motong jalan seenaknya,bikin motor belakang ngerem mendadak trus butterfly effect deh. Angkot juga sering begitu. Jalan lowong ngebut begitu ada penumpang buru2 banting setir kekiri…takut penumpangnya diambil angkot la

  2. jarang pake rem blakang 😀
    itu kenapa ane males modif rem blakang motor jadul ane untuk jadi cakram, yg tromol aja udah pakem dan jaraaaannng banget ganti kampas rem.

  3. itu yg di foto edan,mao tampil laen drpd yg laen tp swkt2 bs kilaf dan membahayakan diri sndr,ketika gw bawa KRR tb2 dlm jrk dkt ada mobil belok kiri,otomatis kt akan panic brake keika itu gw kaget otomatis rem dpn dan blkg jg keinjak ckp keras alhasil ban blkg geal geol,ketika di jln klo ada suatu kejadian di luar perkiraan kt memank di tuntut think fast tp kdg refek tubuh kt berespon laen walopun dlm keadaan sadar kt harus begini begitu..

    1. Yup, as a human being, we are frail and incline to make a mistake sometimes. Spt tnp sengaja menginjak rem belakang secara keras.

      itu la kita perlu taining diri kita soal rem (bhkn dlm situasi kritis) sampe jadi kebiasaan dan kesalahan semakin diminimalisir terus.

      mengenali brg sendiri selagi masih remnya bawaan pabrik itu perlu,biar tahu sampe mana limitnya.

      saya sj selalu mengernyitkan dahi kalo ngeliat rem cakram belakang segede kira2 22-24cm di mtr2……….mungkin dia orang sering melintasi jalanan turunan tajam…dan tentu sj LUPA ada jalan tanjakan jg (blm lagi jalanan datar)………..hahahahahah

      1. yup,kamu bnr Jaos gw rasa gw mst harus lebi teliti dan lebi antisipasi lg..tp gw rasa rem dpn KRR gw wkt2 itu memang rada krg gigit jd gw lebi sering rem pake 3 jari,heheh..

        1. well, biarpun sdh beredar komen “rem ymh terkenal paling pakem”……tp saya gak mau terima bgtu sj kalo rem kawak kalah pakem dr ymh………takutnya ntar saya sndri gak terlalu yakin dengan rem mtr sendiri yg ber merk kawak……..so, harus dieksplore biar kenal limitnya….heheheheh

  4. kalo ane cukup banget pake rem blakang teromol, jarang dipake soalnya kalo rem blakang.
    udah 75rb km kampas rem belakang byson ane belum pernah diganti, kalo yang depan udah 6x malah.

  5. motor buat cari nasi yg penting tetep safety, standar pabrik aja dah oke kok. insinyur sonoh dah pinter dibanding ane wkwk.
    jadi kemanan terutama saat braking sudah disesuaikan dengan kemampuan mesin. mesin 150cc doank kok cakram depan standar sma tromol ato discbrake standar dah mumpuni buat apa lebay pke cakram blakang super gtu.
    mubazir

  6. mau upgrade tromol pakai cakram sih boleh..
    tp idealnya cakram belakang itu lebih kecil daripada depan.
    standar pabrik aja gitu aturannya.
    jd kalo pakai cakram gede itu percuma, justru membahayakan..

    1. Saya ga pake hp mas bro. Untuk keperluan telpon,sms,blogging,entertain,dll pake tablet samsung tab2 7″. Kalau ditaruh disaku bikin kringeten karena paha jadi anget kena tablet ukuran segitu. 🙂 Akhirnya tablet ditaruh di tas dan tas masuk box

  7. yang pas ya yg udah bawaan motor.
    paling banter ya ganti piringan depan sama yg gede. itu juga buat variasi aja. secara fungsi malah terlalu pakem.
    belakang cakram khusus yg suka ngedrift pake motor.xixixixi…

  8. Mw nanya, bukannya kalo pake rem depan agak berbahaya ya kalo dalam keadaan panik. Kalo kelebihan ngeremnya yang ada ngaruh ke stang, ujung ujungnya ngesrot ngesrot jg. Biarpun saya akui, memang penggunaan cakram pada ban belakang si ngesot ngesot jg. Cuman gak mempengaruhi stang sampe kayak penggunaan rem depan.

  9. kang, itu fu klo mw pake piringan lebar pake piringan buat motor apa ya ?
    klo motor saya kn ceper, jdi gk kebut2, skalian pengen ngerakit motor buat kontesan…hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.