34 comments on “Aquascape mini nambah lagi, Nyoba tema baru

    • Ini hebatnya aquascape : ga perlu dikuras… kalau ekosistem sudah terbentuk kualitas air stabil. Paling seminggu sekali ganti seperempat air doang dengan air baru. Lah aquascape pertama dan kedua saya ga pernah dikuras sama sekali. Siklusnya kira-kira begini : ikan keluarkan kotoran lama-lama menjadi amoniak/pupuk(proses ini perlu bakteri pengurai di dalam air) , hasil pernafasan ikan serta udara luar mengandung co2. Amoniak,co2 dan zat2 lain di air diolah melalui fotosintesis oleh tumbuhan menghasilkan O2 yang akhirnya bermanfaat bagi ikan. Untuk hasil maksimal minimal sebulan aquascape baru terlihat hasilnya (nunggu populasi bakteri terbentuk). Seneng rasanya melihat tunas tanaman baru 🙂 Klo aquascape udang sedikit perlu diperhatikan, karena udang rentan kadar amoniak berlebih,karena itu wajib seminggu sekali ganti seperempat air. Enaknya aquascape udang tanaman dan kaca bebas alga :-)… nanti saya share aquascape untuk udang sebatas pengetahuan saya.

  1. mas kpengen buat kaya gini,
    kalo nyari bahan2nya di sby dimana mas???
    penasaran pengen ngikutin yang versi pahe dl

    • Di pasar ikan gunung sari sepertinya ada kelengkapannya…. gut lak 🙂 sudah hampir 4 tahun meninggalkan Surabaya sampai sekarang belum sempet berkunjung di pasar ikan hias gunung sari jadi ga tau dimana posisi pastinya 🙂

      • oke mas lagi ngumpulin dananya ini.maklum anak kosan mas, ngekos nang gebang lor
        kekurangan pake aquarium akrilik apa mas?soalnya ada sisa akrilik bekas proyek lama yang gag kepake, n ukuran aquarium yang pas buat pemula sberapa kang? buat di isi tanaman ama udang aja

        • Eh ya kaca lebih awet beningnya dan ga mudah tergores. Sebenernya semakin besar aquarium semakin bagus tapi lampu perlu besar minimal 0.5 watt/ liter… jadi ya disesuaikan budget saja

  2. “”Total biaya untuk aquascape ini lumayan sekitar 500 rban tidak termasuk perangkat CO2nya…””

    perangkat co2 tu apa mas,
    ma pasir silika tu yg gimana, dirumah ada akuarium, pake pasir pantai
    udah ada ikannya ma tumbuhan kayak lidi

    sapa tau bisa dikembangkan banyak tanaman gitu kayaknya bagus

    • Silica bentuknya butiran putih lebih tapi ga lembut kaya pasir. Perangkat Co2 untuk ngeboost pertumbuhan tanaman terdiri dari tabung set,bubble counter ,diffuser… ini sifatnya optional. Ga pake gpp tapi pertumbuhan tanaman kurang cepat dan ga terlalu segar. Cek link aquascape versi pahe diatas untuk bikin co2 sendiri

  3. ada toh barang beginian..keren sangat..apalagi abis search di google..kayaknya butuh kreativitas juga ya..cocok juga kayaknya buat bahan pelajaran untuk anak2 buat melatih kreativitas..tapi lumayan juga budget yang harus disediain..nice info brur..

      • Tujuan hewan (ikan,keong,udang) di aquascape untuk pemeliharaan aquascape juga. Ada ikan pemakan alga pengganggu, keong yang membersihkan lumut (termasuk golongan alga juga 🙂 ), udang juga pembersih alga dan sisa2 kotoran/makanan. Aquascape selain rawan terserang alga/lumut juga rawan terserang hama keong, gammarus dll. Itu tantangan beraquascape. Ada yang menyerah saat menghadapi masalah ini ada yang malah tertantang 🙂 selamat mencoba

  4. wah ini tokonya di jakarta toh mas, di mananya yah, tertarik untuk kesana nih huehuehue mungkin bisa kasih alamat lengkap

    makasih mas

  5. Aquascape sya sering bgt keserang hama keong kadang gk ada tpi skrg ada lg

    Selain menguras gmna ea
    Cara ngatasin yg ampuh ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.