Hati-hati berkendara di antara truk kontainer

sumber:foto.inilah.com

Ngeriiii…. kemaren SF melihat kejadian yang bikin jantung ikut berdegup kencang… sebuah motor mio yang dikendarai ABG tersenggol bodi (pipa-pipa besi) samping truk container untung sang pemuda bisa menguasai kendaraannya agar ga jatuh dan truk kontainer segera mengerem. Nampaknya ABG ini memang terburu-buru dan memaksa masuk di antara truk kontainer.
cacing
Jalanan Cakung Cilincing (sering disebut cacing)- Jakarta Utara akses utama bagi truk kontainer menuju Priok memang bahaya… sudah terlalu sering SF mendengar berita pengendara motor terlindas di tempat ini… rekan-rekan kerja juga sering menyaksikan kejadian terlindasnya pengendara motor didaerah ini. Penyebabnya selain kendaraan mayoritas yang melintas adalah truk kontainer kondisi jalan yang berpasir, berdebu serta beberapa bagian jalan yang rusak menambah kengerian wilayah ini, ga salah jika dapat julukan jalur tengkorak. Awal melewati rute tugu ke arah cacing SF heran kenapa banyak motor menghindar jalan ini dan memilih masuk ke jalanan kecil sebelum ujung tugu. ternyata penyebab diatas alasannya. Untuk menghindari jalur tengkorak bikin SF ikutan lewat jalur alternatif ini.
Seorang rekan bercerita hampir saja menjadi korban gara-gara terjatuh saat belok ke Jl Raya marunda untung truk kontainer disampingnya langsung mengerem mendadak. Pasir dan kerikil tipis jadi penyebab jatuhnya rekan SF ini.

Sedikit tips dari SF dan rekan-rekan yang sering melintas daerah ini. Jangan memaksa masuk disamping kontainer. Lebih baik menunggu dibelakang kontainer sampai ada ruang yang cukup untuk melewatinya. saat dikemacetan diantara kontainer jika ingin memotong / pindah jalur ga ada salahnya membunyikan klakson… disini nampaknya knalpot berisik berguna bikin sopir truk aware akan keberadaan pengendara bermotor. Rekan-rekan SF yang biasa lewat jalur ini sangat tidak menyarankan lewat jalur ini jika hujan karena jalanan jadi licin, menambah lagi resiko yang harus dihadapi pemotor.
Selanjutnya yang paling penting jangan lupa selalu berdoa sebelum berkendara.

38 thoughts on “Hati-hati berkendara di antara truk kontainer”

  1. Itulah salah satu fungsi dari knalpot racing / aftermarket. Memudahkan pengendara lain untuk tau dan aware terhadap posisi kita 😀

  2. Bener bgt…. Ane handsup dah lewat jalur itu…. Karna ane sndiri pernah kna “sentuh” bak truk trailer itu saat melindas lobang, untung ga jatuh…. Hiii sereem…

  3. Dari jaman dulu jalur ini sudah bahaya jaman saya kecil lebih ngeri lagi karena sebelah kiri jalurnya jadi pembuangan sampah jadi jalan gak keliatan karena ketutup asap pembakaran. Pernah ada kecelakaan hebat di jembatan setelah KBN yaitu truk vs bis kota hancur lebur dan korban penumpang bus cukup banyak seingat saya sampai puluhan. Kalau pemotor kelindes truk ya tiap minggu pasti ada. Selain perlu hati2 tampaknya harus dibuat jalur khusus truck atau motor supaya mengurangi kecelakaan.

    1. dititik titik tertentu ada sambungan jalan yang mengelupas… motor ber ban kecil (matic) beresiko terjatuh saat melindasnya. jalur khusus nampaknya urgent untuk di realisasikan

      1. Itu jalurnya sudah di beton tapi selalu rusak karena beberapa faktor:
        1. Tonase truck yang overweight -> urusannya dishub dan jembatan timbangnya.
        2. Permukaan tanah yg turun karena air tanah tersedot ->urusannya pemda menertibkan sumur bor air tanah
        3. Drainase yang buruk sehingga aspal mengelupas ->urusannya PU
        silakan pengguna jalan yg dirugikan menuntut pemda/penyelenggara jalan dalam UU dijamin haknya.

        Faktor lain yg memperparah adalah perilaku pengendara R2 sendiri yg minim pengetahuan saat berhadapan dengan truck besar dan tidak adanya jalan tol dalam pelabuhan sehingga truck masih melalui jalan2 yg bukan peruntukannya ->lagi2 urusan pemerintah.

  4. Suerem, jalur tengkorak, seperti pantura. Pakai warna yang mudah terlihat, kelistrikan sehat terutama klakson, dan jangan pakai motor listrik, tidak ada suaranya.

  5. Cuma ingin cepat 1 menit malah jadi ga nyampe.itulah kerasa motor yg nyaman.membntu kita enjoy riding…jadi g kebru2

  6. andai kolong trailer di Indonesia dikasih tutup kaya truk trailer di luar negeri yg kolong samping trailernya tertutup, jadi bisa meminimalisir pemotor agar kalo kesenggol gak masuk ke kolong trailer.
    nah kalo di sini enggak, begitu kesenggol banyak yg masuk ke kolong ya dilindas deh.

    1. eh bener juga pak ya… minim mengurangi angka kematian. entah kenapa jalur kontainer rata-rata jalan ga rata dan berdebu… kondisi jalan ga dipersiapkan buat dilalui beban berat sepertinya

      1. sebenernya sih udah dipikirkan dengan matang ama pemerintah, tapi GAYUS DKK itu lho yg bikin runyam pembangunan.
        banyak proyek aspal jalan yg dikorupsi, misal dari yg tebalnya 5cm jadi 3 cm. mana kuat dilewatin trailer. bahkan ada yg parah lagi, ada suatu proyek bikin jalan dimana jalan tanah langsung diaspal tanpa dikasih dasaran dari batu. gila gak tuh…

        1. Setuju, jalan itu sudah didesain dengan matang mulai dari beban rencana, umur, kemiringan jalan, tikungan dan tanjakannya sesuai dengan SNI, tapi ya begitu kalau sudah eksekusinya di lapangan, mesti ada oknum-oknum yang nakal. Selain itu optimalisasi jembatan timbang juga perlu, truk yang kelebihan muatan harusnya didenda per kilo kelebihan muatan tersebut dan dendanya digunakan untuk jalan bukan untuk oknum nakal, atau di jembatan timbang dibuat gudang untuk menyimpan dan atau menyita kelebihan muatan tersebut.Untuk menebusnya dikenakan biaya, kemudian biaya tsb untuk kepentingan jalan lagi atau pihak terkait bukan oknum nakal. Karena kerusakan jalan paling dipengaruhi oleh kondisi drainase dan beban kendaraan.

  7. Satu lagi yg perlu diwaspadai dari truk/kontainer, ban nya banyak yg udah divulkanisir, rawan meletus/pecah di jalan. Kalo meletus, suara letusannya bikin jantung hampir copot. Udah dua kali ngalamin soalnya :mrgreen:

    1. bener bro thx tambahannya… diperusahaan saya dulu pernah kejadian pegawai tewas gara-gara ban truk yang berjarak beberapa meter meletus. ada bagian roda berupa plat besi mengenai korban yang menyebabkan tewas ditempat

Leave a Reply

Your email address will not be published.