Kebijakan dua harga BBM menguntungkan produsen motor terutama honda

Loh kok terutama honda…? Ane FBH kah? he3… sakkarep… :mrgreen:

Logikanya gini harga BBM naik untuk pengguna mobil pribadi sangat memungkinkan terjadi pergeseran pengguna kendaraan bermotor. pasti ada pemakai mobil beralih ke motor untuk mengejar efisiensi. disini Pabrikan motor meraup keuntungan karena penjualannya naik. Yang berfikir cari efisiensi sekalian cari motor yang irit… Nah image irit selama ini melekat pada motor honda. Padahal kenyataan dilapangan selisih iritnya ga banyak dengan pabrikan lain… paling cuma beberapa tetes :P. Itu yang pertama.

Yang kedua… pengguna motor makin banyak bikin antrian sewaktu beli BBM makin mengular, nah disini motor bertangki besar makin dibutuh kan… kelas sport irit bakal diburu. lagi-lagi orang terbius oleh klaim Honda Verza yang suangat uiritt katanya, belum lagi Honda juga punya jajaran motor bebek dan matik bertangki besar 5 liter keatas. Eh ya yang bisa beli mobil tentu gampang beli Vixion yang juga terkenal irit (ini pendapat masyarakat umum klo bisa beli mobil duitnya mesti banyak). Tapi tetep saja pengguna sport terhitung segelintir dibanding matic 🙂
Orang-orang yang males sering antri bensin ya milih yang jarang isi bensin alias bertangki besar serta irit.
yah memang semua itu belum terbukti… cuma teoritis saja. Kenyataannya di lapangan sangat bisa berbeda. bahkan mungkin ga berimbas banyak masalah kebijakan bbm ini.

Sedikit tambahan.. sekedar itung-itung kenaikan beban biaya hidup yang ditanggung rekan yang sehari-hari naik mobil. Rumahnya berjarak 35KM, sehari menempuh 70 KM menghabiskan sekitar 7 liter bensin. tambahan biaya hariannya sebesar (6500-4500) X7liter = 14 rb sebulan dikali saja 25 ya sekitar 350 rb sebulan. lumayan ternyata kenaikannya…
pengen tahu berapa cicilan mobil rekan SF tersebut tiap bulannya? hampir 3.5 jt! selama 5 tahun…(mobil seharga 130jt) belum lagi cicilan rumah, biaya sekolah anak-anaknya, dll… So dibanding kita-kita pengguna motor bisa jadi duitnya masih lebih banyak kita kan… he3…

25 thoughts on “Kebijakan dua harga BBM menguntungkan produsen motor terutama honda”

  1. Bensin mahal mah udah resiko punya kendaraan itu. Saya aja naik motor ke kampus + anter jemput n sedikit jalan2 bensin seminggu bisa abis 80 – 100rb isi Shell 😀

    Ya emang sih, bagusnya buat motor dinaikin juga. Toh motor sekarang udah pada irit2 kok. Kalo ada yang ngeluh motornya boros, ya salah sendiri beli motor yang boros2. Udah resiko punya kendaraan lah harusnya kalo urusan bensin itu.

    Ya intinya kalo gak mau keluar duit lebih, mending naik sepeda / jalan kaki aja.

    Saya sih bukannya sombong atau apa… Tapi cuma kasian aja sama petani di desa2 yang susah payah cari solar buat mesin bajak sawah mereka. Sekalipun ada, harganya pun di atas harga standar. Sedang kita disini di kota besar, dengan mudahnya Fortuner / Pajero ngambil hak mereka beli solar semampu uang mereka buat jalan2.

    Toh mobil bokap juga masih minum premium kok, tapi palingan dipake jalan sebulan sekali aja udah maksimal. Biasa harian kemana2 kalo gak jauh2 amat sampe keluar kota cuma pake motor. Dulu sih pas harga pertamax masih di kisaran 8rb masih kuat beli buat mobil, tapi begitu lebih dari itu nyerah lah 😀

    Kalo saya sih setujunya harga premium buat motor / mobil dinakin semua. Nah premium Rp 4.500 khusus buat kendaraan umum, mobil angkutan barang / sayur, bus, truk dll. Soalnya buat mencegah harga kebutuhan pokok lain semacam sembako naik juga.

    Gitu sih 🙂

    1. Bertahap seperti dulu rasanya lebih bisa diterima klo langsung mendadak ya dadal duel. demo dimana2. sebaiknya harga yang 4500 sedikit dinaikkan (5000 lah ) tetep buat motor dan angkot ,oktan yang 6500 dinaikkan biar banyak pengguna mobil yang legowo

      1. Jangan… Angkot mah tetep, motor sama mobil dinaikin aja. Yang suka demo mah palingan mahasiswa bloon atau bayaran aja, demo demi kepentingan orang berduit.

        Kalo emang demonya bener, pasti mereka demo minta tarif angkot diturunin atau disubsidi. Ketimbang demo nguntungin orang berduit yang pada punya mobil…

  2. lagi pertimbangin minang thunder 125, lumayan tangkinya 16 liter, gile ndroooo.. mayan bisa dijual lagi, kekekek…

    1. tangki besar irit … tapi nanggung Pak sama Verza harga ga jauh… tenaga beda , tampilan fresh dan bisa jadi lebih irit verza 🙂 saya saja kapok pake motor suzuki kok… suku cadang susah

      1. thunder lebih murah, carinya yg seken lah, 5 jutaan dapet, mayan buat odong-odong.
        ngeliat thunder punya tetangga kayaknya awet bener gak pernah rewel, ganti oli juga kalo inget. kalo motor nyari power ane mending ke NVL atau ninja 2tak sekalian biar mencelat waktu muntir gas, hehe..

    1. yup… yg bikin kuatir bensin eceran hilang dari muka bumi… padahal spinku trayeknysa sekarang khusus perumahan. males kudu keluar jalan besar cuma buat beli bensin

  3. Masuk akal. Gimana jadinya jika motor bebek yang kapasitas bagasinya 19 liter dijadikan tangki juga ditambah tangki standarnya 5 liter pasti jarang bolak balik ke pom. ngawur.com

  4. Memang bener sih, sejak pakai supra helm in fi, jadi lupa ke pom bensin. Utk luar kota, biasalah 80km/l. Seboros2nya saja 60km/l. Tinggal kalikan 5lt, sudah jauh banget.

  5. Sejak pake matic bongsornya AHM emang bener lebih irit sih dari Skywave yg masih karburator, kapasitas tangkinya aja beda…. 5.9l vs vs 4.7l. Sekali full tank dapetlah 300 – 250km jadi sekitar 50 – 45 km/liter udah cukup irit buat matic kan 🙂 Tapi ini isinya pertamax / shell super ya bukan premium.

  6. Mobil harga 130jt di cicil 3,5jtx60bln = 210jt
    Belum DP ny. .!!
    Alah mak biyung larange ra ketulung ckckck. . .

  7. Ya eyalah honda bakal kebanjiran order karna banyak yg beralih pake motor, pertanyaannya kenapa ke honda ?
    Karena pabrikan lain jelek2 produknya apa lg kawasaki bebeknya dah pada kena flu burung ga lama tepar semua alias ga jualan bebek lg dah ga da yg mo beli biar dijual murah namanya juga bebek sakit wkwkwk
    Tapi yamaha dapet jatahlah terutama anak sekolah yg pengen kesekolah gaya jadi pada minta juperter mx yg keren biar gampang dpt gebetan klo fu kemahalan tar lama kreditnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.