Indikator bensin ngaco coba cek pelampung bensin

image

Beberapa minggu ini indikator bensin suzuki spin ngaco. Saat bensin full indikator bergerak sedikit kadang naik turun ga jelas. Ketika bensin tinggal setengah posisi jarum penunjuk bensin malah dilevel E alias empty. Jangan buru-buru nyalahkan spedometernya yang error, bisa jadi penyebabnya sepele. Pelampung bensin kotor!
Baru Minggu kemaren sempat garap penyakit spin ini. Berikut caranya.. mudah kok cuma 15 menit penyakit beres.
1. Lepas pelampung dan kabel konektor dari tangki bensin, cuma butuh obeng plus

image

2. Keluarkan pelampungnya. Bongkar mekanisme pelampung dengan mencungkil O-ring pake obeng minus

image

3. Bersihkan permukaan tembaga didalamnya dan cungkil sedikit keatas konektor tipis yang ada di pangkal tangkai pelampung

image

4. Rakit kembali pelampung sesuai kondisi semula dan pasang kembali ke tangki bensin. Jangan lupa colokkan kembali kabel konektornya.

5. Beres dah… meteran bensinpun berfungsi kembali

image

Kalau cara tersebut ga berhasil siapkan kocek lebih… bisa jadi pelampungnya rusak atau speedonya error 🙂

Sori gambar buremmm : beginilah nasib ngeblog pake tablet entry level , camera seadanya memanfaatkan bawaan tab 7 🙂

26 thoughts on “Indikator bensin ngaco coba cek pelampung bensin”

  1. mau kasih tips nih buat pelampung model gitu, ane pernah punya motor yg pelampungnya mirip dengan itu. sejenis lah, yg bikin ngaco biasanya bukan karena kotor tapi plat konektor gak menyentuh pin pada bodi pelampung, itu karena udah oblak mekanisme engselnya, solusinya gampang, bongkar pelampung, platnya tekuk ke dalam biar menyentuh, pasang lagi. atau ganjal bagian belakang klip (dalam gambar 4 diatas yg mas SF cungkil pake obeng) di belakangnya diganjal dengan ring kecil, kalo gak ada ring ganjal aja pake kawat isi kabel. beres deh.
    atau pinnya dibersihkan pake setip.

    1. Mantab banget tambahannya pak tarno… plat sensor sebaiknya memang jangan di gosok pakai benda keras… kalau permukaannya jadi kasar bisa mengikis pin. Cukup dilap pakai kain atau penghapus pensil -tips baru nih….. 🙂 Untuk menambah sensitifitas bisa agak mencungkil pinnya

    1. Weiit… kemaren sempet ke bengkel … katanya kalau ga pelampungnya minta ganti ya speedonya error… yahhh bawa pulang deh… bongkar sendiri malah gampang

Leave a Reply

Your email address will not be published.