Hati-hati putar nipel cakram,salah-salah bisa patah -edisi DIY gatot

image

Apess…. Ini yang terjadi saat ingin betulin cakram belakang tiger yang masukangin. Karena macet dan dipaksa untuk dibuka, akibatnya patah deh nipel alias baut pembuangan di kaliper belakang. Nipel yang berfungsi untuk buang angin yang terjebak dalam kaliper ini memang jarang dibuka , jadi wajar kalau susah bukanya. Harusnya jika terasa keras, semprot dulu dengan cairan penetran dan biarkan beberapa saat hingga cairan itu meresap dalam celah2 ulir baut nipel. Tapi nasi dah terlanjur jadi bubur….Karena hari dah menjelang sore SF batalkan untuk ambil tindakan lebih lanjut. Sementara cakram masih bisa difungsikan meskipun tuas rem agak dalem. belakang.
Minggu kemaren selepas betulin motor bunda yang bermasalah indikator bensinnya, SF putuskan untuk main kasar sama rem belakang tiger ini. Setelah patahan baut nipel disemprot pakai cairan pelumas rantai, SF coba kendorkan dengan cara diketok dengan obeng minus dan palu… hasilnya… nipel tak berputar sama sekali… bentuknya malah ga karuan…

image

hmmmm satu proyek berhasil (betulin indikator bensin) satu proyek lagi gatot… sepertinya kudu sambangi tukang bubut nih..

29 thoughts on “Hati-hati putar nipel cakram,salah-salah bisa patah -edisi DIY gatot”

  1. haha, kemarin punyaku juga gitu… Nipelnya patah, udah gitu sama yang mau setel rem malah dipuntir rumah nipelnya. Udah deh remuk, mau gak mau dibubut n ganti nipel baru. Tapi udah gak sempurna, harus tambel lakban putih yang biasa buat kran supaya gak rembes -_-

  2. Widih, bentuknya sampe keren banget gitu yak…

    coba dari awal diputer pake tang betet / Vise grip tool.. Saya selalu berhasil pake alat ini..

  3. Jupiter udah kejadian nih, cara betulinnya menggunakan alat seperti skrup dengan ulir terbalik. Memang nipel yang menempel bisa diambil tetapi di sekitar lubangnya retak jadi nipel yang baru kalau dipasang kendor dan bocor, akhirnya dilem pakai lem seperti aspal.

  4. sik enakan rem tromolku, wkwkwk
    gak pernah dirawat blasssssss, sekalinya ngerawat cuma pas ganti kampas rem doang, pakemnya juga masih bisa bikin ban blakang ngesot. cuma kalah tampang dikit.
    satu lagi, MURAH :p

  5. Resiko DIY mas….kalau gak gitu gak belajar kita….masih bagus kalau dapet service manualnya sekalian jadi tau mesti gimana ngelepasnya….

  6. Punya ane malahan punya mobil. Mau buang angin malah nepelnya gak bisa di puntir. Sdikit digoyang malah patah. Ehh nggak tau deh meh gmana ngeluarinya. Jalan satu”nya ya bawa ke tukang bubut.haha

  7. nipel saya mah malah rembes trus minyak remnya gak knapa ya,diganti nipel.nya juga sama eung.mohon info.nya ya

  8. punya saya minyak rem.nya rembes terus gan dari nipel anginnya,padahal udah diganti yang baru sama aja rembes terus gan,jadi nengkep handel nya kadang suka dalem kadang normal,jdi bingung gan,knpa ya?infonya dong

  9. Sekarang punyaku broo…
    Buka nepel cakram belakang susahnya minta ampun,,,kepala kuncinya udah bender gak karuan,,udah dikasih pelumas saya ketok pake obeng min malah amburadul baut nepelnya tapi masih nancep aja belum kebuka…itu gimana solusinya gan soalnya masih blong rem belakangnya kalo itu belum kebuka dan ganti nepel baru….

Leave a Reply

Your email address will not be published.