Braket box mending yang bagus sekalian

Rekan kantor SF baru saja ketimpa apes.. braket box vixionnya patah ditengah jalan… untung ga berefek karambol dengan kendaran dibelakangnya. Padahal doi bilang braket ini bermerk terkenal … SF sendiri curiga …mosok brand terkenal dari luar bikin produk berkualitas abal2. Bentuk braketnya berupa plat tipis. Kira2 seperti ini

image
Ilustrasi nyolong di gugel 🙂

Braket berupa plat tipis sangat rentan patah atau bengkok pas terjatuh. Tapi kalau patah pas buat jalan baru kali ini saya mendengarnya… padahal boxnya ga terlalu besar loh (klo ga salah E33)

image

Berdasarkan pengalaman braket box yang kuat dan awet adalah yang berbahan besi bulat padat (ga kopong). SF sendiri pake braket model gini dari sekitar tahun 2006-2007 an. Hasil bikin di tukang las nembak braket yang dijual bebas ditoko online namun dengan penguatan dibeberapa titik. Padahal dikalangan turinger box geser seperti milik SF ini rawan patah atau mleyot bagian mekanisme gesernya…. nyatanya? Aman hingga sekarang

image

Padahal pengujian kekuatannya ga main-main… :mrgreen: tiger pernah kecelakaan parah hingga terbalik 360° footsteep kanan kiri patah/pecah, handle rem kanan kiri patah,box tergores ga karuan, namun posisi bodi motor aman karena tertahan box. Kondisi braket box malah ga berubah…. he3… lebih manteb memang kalau bikin sendiri tinggal pinjem boxnya temen trus ditiru dengan memakai bahan yang lebih bagus.

image

25 thoughts on “Braket box mending yang bagus sekalian”

  1. pake breket model standard seperti pada gambar pertama di atas.. tapi ketebalan cuma 6mm..
    segitu cukup gak yak?

  2. merek apakah itu?yg terkenal paling mereknya givi dan kucay lampung ,klo e33 ya bobotnya tergolong standar,nggak tau klo dalemnya diisi barbel 10kg 10 biji

  3. tergantung desainnya juga sih, walau platnya gak setebal besi padat bisa kuat juga kok, lihat gambarnya kok desain patahan bracket kok gitu ya? plat terlalu tipis untuk bagian yg horizontal, seharusnya plat yg diletakkan horizontal/mendatar itu lebih tebal, minim yg 4mm, kalo yg vertikal/tegak seperti pada bagian samping bolehlah yg lebih tipis tentunya diperkuat dengan besi yg dilas menyilang.
    itu yg bikin patah ane tebak ada kesalahan pada desain dan pemilihan bahan deh, bisa juga karena nekuk platnya pake api las, yg bikin besi rapuh

  4. Repot kalau gak pake bracket yg sesuai peruntukan motornya….punya saya bracketnya kuat yg enggak kuat malah kabel lampu rem di boxnya belum apa2 udah jebol dan bikin konslet untung cuma sekring yg putus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.