Milih knalpot branded atau custom ada pertimbangan sendiri

Ada alasan kenapa orang milih knalpot branded ..tak lain adalah knalpot branded dirancang berdasarkan penelitian mendalam mengenai suaranya (beberapa malah disesuaikan dengan regulasi kebisingan yang berlaku), peningkatan performa, serta efek yang ditimbulkan mesin… semakin terkenal merknya tentunya semakin mahal harganya.mungkin loh ya… biaya researchnya lebih mahal.
Banyak yang kepengen merk luar karena suaranya paling enak didengar, modelnya bagus, dan peningkatan performa terjamin. Seperti SF pengennya sih gitu…Β  tapi rasanya kok sayang duit belasan juta buat knalpot. Mending nambah koleksi motor :mrgreen:Β  tapi bagi sebagian rider knalpot luar gengsinya tinggi loh… meski ga bisa beli aslinya, yang custom/replikapun ditempeli stiker merk luar.

image

Beda dengan knalpot branded …. knalpot custom mungkin proses researchnya ga mendalam seperti knalpot branded… tapi produsen knalpot custom yang punya nama punya hipotesis sendiri karena pengalaman bertahun-tahun. Hebatnya mereka bisa menentukan karakter suara, bahkan karakter tenaga bisa diatur… mau jos bawah bisa, mau buat top speed bisa juga, bahkan buat nyentul saja bisa. Awalnya mungkin karena pengalaman dan feeling. Namun ternyata setelah masuk dynotes terbukti garapan mereka bisa mendongkrak tenaga. Dari 28.8 hp dengan aplikasi knalpot slip on pada ninja 250 hingga 35.2 hp jika fullsystem+filter racing+jetting dan cdi racing…. lumayan kan kenaikan tenaganya dibanding standar yang hanya plus minus 26 hp.

image

Keunggulan lain suara dan model bisa diatur, dan yang paling penting harga ga menguras kantong bisa 10 kali lebih murah dibanding knalpot luar :-). Namun yang namanya produsen custom lokal secara modal jelas kalah akibatnya technologi jelas ga setinggi produsen merk luar, quality control ga sebaik merk luar, mungkin secara detail kerapihan juga tertinggal…. lah SF sendiri pernah dengar merk luar menggunakan technologiΒ  laser untuk pengelasannya.
Sebenernya bagi yang menginginkan peningkatan power ada beberapa knalpot branded lokal yang bisa jadi pilihan, bahkan beberapa diantaranya karakter suara mirip knalpot luarn.. tapi ya itu harga masih diatas knalpot custom. Sekitar 2.5-3 jtan… bandingkan knalpot custom yang hanya sejutaan untuk N250.
Knalpot custom pas bagi penyuka modif yang ingin beda dengan budget terbatas. Eh ya hampir lupa ini contoh video+suara knalpot custom stanlee

0 thoughts on “Milih knalpot branded atau custom ada pertimbangan sendiri”

      1. Udah gitu sekarang lagi demen sama knalpot model pentungan hansip kaya di Yamaha R7…

        Tapi tahan lah, ntar dulu itu mah… Nungguin kuliah selesai dulu, misal duitnya lebih baru dah eksekusi πŸ˜€

          1. Bukan… Model bulet gede panjang, tapi tetep di samping. Pokoknya kaya Moge jaman 90an dah πŸ˜€

  1. yg penting
    1. suaranya tidak pecah, di semua range. Kadang ngebass di bawah, begitu ditarik pecah.
    2. Performa naik/keluar
    3. Tidak nembak

    josss …..

    1. Ini yg saya resume dari penggunanya : Klo stanlee saya rasa suara boleh dibandingkan sama merk luar ,glasswoll pun digaransi 3 thn pemakaian, temen pengguna tiger suaranya ngebas alus dan bulat putaran atas. performa meningkat… 28,8 untuk slip on plus jeting termasuk lumayan loh. Apalagi full set plus jetting ga mustahil 30hp on wheel dapet. Klo plus open filter dan tci racing dapet 35.2 hp… berlebihan klo ini πŸ™‚ .

      Klo masalah nembak menurut tuner sebelah justru menandakan peningkatan tenaga masih bisa dimaksimalkan (ada di artikelnya Rats). Untuk injeksi apalagi yg closeloop ECU bisa menyesuaikan, klo karbu kudu upgrade jetting 1-2 tingkat. Eh ya knalpot bikinan stanlee juga dipake disentul loh. Sementara ini jetting ukuran 40/100 sudah saya pesan nunggu knalpot dateng seminggu lagi :-). Tunggu reviewnya dan rekamannya πŸ™‚

      1. dulu motorku juga nembak mas, tapi tenaganya drop,
        maklum motor biasa yg pake knalpot abal-abal, wkwkwkwk..

  2. knalpot lokalan aja, kalo mas sf punya sodara di purbalingga bisa tuh tanya knalpot ninja, seabreg.
    lagian cuma harian gak perlu yg mahal banget, kalo rusak kena senggolan di jalan bikin sakit hati.
    kalo knalpot biasa mah gak begitu nyesek di hati.

  3. kalo ane pilih brand walau lokal

    ga masalah suaranya pecah atau gak
    ga masalah powernya gede atau gak
    ga masalah modelnya bagus atau gak

    yang penting ada risetnya, kalo uda di riset keawetan mesin dan knalpot juga jelas

    masalah suara, ga akan ngalahin brand, power ga bakal ngalahin, gengsi jauh, tapi seengaknya motor kita ga salah sparepart,

    ibarat sunat, walau sunat di mantri kampung, tapi uda jelas dia mantri, daripada dukun sunat,

    kalo bisa lebih sih maunya dokter spesialis bedah, kalo ga punya mantripun ga apa, kalah skil ga masalah, yg penting punya standart dari pendidikan mantri itu sendiri imho

  4. Punya mas gimana mas,rapi & puaskah dengan pengerjaannya & barangnya ,oke kah suara & performanya,kalau oke saya minat juga ini

  5. yang minat silahkan simak dulu ya,ini motor JUPITER nya TOSSA bukan YAMAHA. Tapi part banyak pake punya jepang. soalnya baru aja dinormalisasi besar-besaran.sudah ngabisin hampir 2juta buat dandanin ini motor biar enak.motor dijamin gak ngebul,suaranya halus sehalus sutra.dijual karena sempit dikontrakan biar agan ga penasaran simak plus-minusnya PLUSNYA.. bagian luar(handle switch kanan kiri,rumah kunci kunci 2biji,grip,handle rem (bungbon),jok papannya yamaha,dasi tengah pake burhan,baru diganti gress bukan seken) bagian dalam(karburator fukuyama,spull,komstir,ring seher,kampas kopling,karet kopling,paking paking semua,seal klep,lakher dpn,hampir semua mengalami pembenahan dan semuanya saya beli gress bukan seken) velg sudah distel ganti jari jari,kelistrikan ok,aki ada.oy bagian mesin sudah dibersihkan dari kerak kerak oli.merk juga sudah dibubut jadinya di blok mesin polos,tapi ga ngaruh ke nomor mesin/rangka MINUSNYA ini motor cuma ada BPKB ,STNK nya ga ada.tapi aman,daripada ada stnknya doang.ngeri gan… ban sudah 30%.tapi ban dalam aman.blkng baru ganti dasboard tengah ga ada,shock belakang kurang maen, kunci jok belakang pake kabel ,ga pake kunci,jadi agan tarik aja tu kabel kalo mo isi bensin kalo berminat,masih belum jelas atau mau nego jgn sungkan silahkan agan hubungi aja sms/telp 083894610069/02196285394 negonya tipis aja ya gan (dibawah 2 juta no respon )soalnya motor udah abis abisan dipermak luar dalem ampe doku ludes des des des…. kalo mo cod silahkan .Rawalumbu,cipendawa,kemang pratama,bantar gebang,jati asih,ujung aspal…jangan jauh jauh ya gan saya ga tau jalan .

  6. Cintailah produk dalam negeri, knalpot branded lokal bukan sekedar mbuat corong pipa besi lo … pabrikan ini, seperti WRX, R9, CLD, RX8, AHRS, AHAU, BRT, dll… sdh ngabisin milyaran utk riset dan ujicoba di track balap lokal, hasilnya sdh keliatan tuh, semua saling berkompetisi jadi juara di balap lokal. sementara kalo brand impor kapan tuh riset utk tiger misalnya, atau cb150r, cs-1, dll … krn motor2 itu cuma ada di indonesia, di design oleh putra indonesia, kecuali misalnya ninja 250Fi. Sementara kalo mau knalpot custom dg pertimbangan ekonomis bisa2 aja sih …. cuma kalo hasilnya sekedar nyontek brand import demi gengsi …… buat apa lah … hehehe. mau naek motor atau naek gengsi … hahahaha.

  7. Custon gk masalah asalkan pakai merk sendiri atau polosan. Kalo custom tp pakai merk luar negri itu namanya pembajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.