Mengapa ban depan lebih kecil ukurannya dibanding belakang

wpid-capture_186.png
Hampir semua motor yang beredar di Indonesia mempunyai ukuran lebar ban depan yang lebih kecil/tipis dibanding belakang. untuk motor CC kecil mungkin berbeda 1-2 tingkat namun untuk moge perbedaan ukuran ban depan-belakang malah semakin besar. Kita liat contohnya motor bebek depan lebar 80 belakang 90, atau motor semi moge :mrgreen: N250fi ban depan lebarnya 110 dan belakang 140. ER 6 malah lebih jauh lagi bedanya 120 dengan 160.
ER6 black
Untuk menjawab mengapa ban depan lebih tipis dibanding belakang ini SF mencoba mencari info dibeberapa forum luar… Didapat kesimpulan sebagai berikut :

1. Ban depan sangat berpengaruh pada pengendalian, ban depan lebih tipis memudahkan bermanuver alias lebih enteng untuk berbelok.
2. Ban belakang menanggung power motor secara langsung… ban belakang jelas lebih berat fungsinya lah dia yang mendorong seluruh bobot motor dan rider untuk melaju.
bisa dibayangkan bagaimana jika hayabusa pake ban tipis :mrgreen:

3. Saat pengereman ban depan cenderung menempel / mencengkeram aspal, sedangkan ban belakang kehilangan grip karena beban motor+pengemudi berpindah kedepan. hal ini menyebabkan ban belakang mudah kehilangan grip dan seringkali sliding/ tergesek aspal. Itu sebab ban belakang lebih besar.
4. Ban depan kurang banyak berpengaruh pada tampilan motor, ukuran 120 didepan sudah lumayan bikin motor tampak kekar. sedang belakang kadang ukuran 150 saja sepertinya kurang memuaskan :mrgreen:
Itu beberapa poin yang SF dapat dari hasil googling… Monggo jika mau menambahkan….

30 thoughts on “Mengapa ban depan lebih kecil ukurannya dibanding belakang”

    1. Distribusi beban ndak ngefek…moto gp yang cenderung berat didepan tetap lebih lebar belakang, chopper yang beban cenderung dibelakang juga abesar dibelakang.

    2. Setuju pak untuk distribusi beban, ban belakang selain tapak lebarnya lebih besar juga max loadnya lebih besar, ketika motor berakselerasi dan melaju distribusi beban lebih banyak di belakang, tetapi ketika terjadi pengereman distibusi berpindah ke depan. seandainya bobot motor lebih berat di depan motocross jatuh bisa nyusruk. cmiiw

  1. kalo di Moge, mungkin karena pertimbangan bobot dan power motor. Kalo motor < 250cc sih power gak gede2 amat, maka ban ala kadarnya aja 😀

        1. kan untuk keperluan balap yud,dan pilihan ban balap bebek yang ukurannya terbatas…. tidak ada motor standard yang ban belakangnya lebih tipis atau sama ukurannya sama dengan ban depan…

  2. Menanggapi judul
    “Mengapa ban depan lebih tipis dibanding belakang”
    Dan alinea pertama
    “Hampir semua motor yang beredar di Indonesia mempunyai ukuran lebar ban depan yang lebih tipis dibanding belakang.”

    Maksudnya tipis ini apanya bro? Kok hubungannya dengan lebar ban ya?

    1. Nanti kalau saya ngomong ban depan lebih kecil bingung karena diameter sama belakang sama 🙂 , kalau saya bilang sempit lawannya lebar juga kesannya gimana gitu 🙂 jadi yang saya maksud: ukuran lebar ban depan lebih kecil dibanding ukuran lebar ban belakang. Contohnya lebar ban depan N250fi 110 dan belakang 140 …

  3. ban belakang jg cepat gundul dibandingkan ban depan. kalo bisa biarpun ukuran berbeda.gundulnya ban bisa sama. dengan dibedakan material ban depanya lebih bagus.

    1. Yup secara logika begitu karena ban belakang yang menggerakkan motor dan pengemudinya ban depan cuma nggelinding mengikuti. Namun karena buat pengendalian ban depan juga bisa habis karena pas belok-belok juga menggesek aspal

  4. Mungkin baiknya ditulis lebar tapak ban depan akan selalu lebih kecil dibanding lebar tapak ban belakang.

    1. Thx… saya koreksi dengan memakai ukuran lebar dan contoh kasusnya biar ga miss understanding meskipun beberapa pengunjung sebenernya dah klik sama saya 🙂

  5. karena ban belakang perlu extra power untuk menyalip ban depan, makanya gede
    @ah basi .. 😀

    ban yg ukurannya sama cuma ada di vespa
    soalnya biar bisa gonta-ganti dg cepat dgn serepnya

  6. selisih lebar itu demi gampang belok/nikung dikecepatan,cukup dengan memiringkan itu karena panjang lingkaran yg berbeda.

    ban depan=blakang susah belok, baik menggunakan ban gambot maupun kurus.

  7. karena itu motor2 dengan ban depan yang hampir sama besar dengan ban belakang biasanya cenderung di-design untuk cruising, bukan untuk speeding.

    plus ukuran velg pun berperan.

  8. Knapa yah setiap ngebut di kecepatan 135km/h, motor cbr ku serasa melayang? Apa karena ukuran ban depan 100/80-17, belakang 130/70-17.melayang sambil goyang depannya..

  9. Bro kalo ukuran ban dpan belakang sama (80/90) tapi ukuran pelg belakang lebih besar apa pengaruh terhadap lebar tapak?

    1. kurang ngeh saya… klo di moto GP atau Sbk jelas belakang lebih gedhe. mungkin roadrace butuh kelincahan yang utama

    1. contoh 80/90-14 artinya
      lebar ban : 80mm
      tinggi ban : 90% x 80mm=72mm
      diameter roda : 14″
      yang 90/80-14 berarti lebih lebar , daya cengkeram lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.