Salah satu penyebab leher knalpot cepat kuning/ngelotok

leher knalpot kuning
Selain bahan knalpot yang kurang baik, salah satu penyebab leher knalpot cepat kuning adalah settingan motor yang terlalu irit. Beberapa hal bisa menyebabkan settingan pengkabutan bahan bakar terlalu irit. Diantaranya pemakaian knalpot racing, pemakaian parts racing plug N Play, Port and polish hingga kondisi mesin yang sudah oversize. jika tidak diimbangi dengan setting ulang pengkabutan bikin suhu mesin lebih tinggi dibanding biasanya. Leher knalpot adalah bagian yang rentan terkena hawa panas dari mesin secara langsung ga salah kalau leher knalpot cepat menguning (jika permukaannya chrome), bahkan cepat nglotok bagi yang lehernya bercat hitam. Indikator warna busi mungkin bisa dijadikan patokan. Indikasi pasokan bensin kurang biasanya ditandai warna elektroda busi berwarna putih. naikkan bertahap hingga warna elektroda busi menjadi merah bata.

kalau kondisi motor standar tapi leher knalpot jadi kuning/ ngelotok berarti pabrikan kurang ajar :mrgreen: , atau motor buat ngebut terus, atau rutenya selalu macet… tetep saja pabrikan kurang ajar karena ga mengantisipasi hal ini ๐Ÿ˜†

yah ini salah satu efek negatif persaingan… berusaha menekan harga dengan mengurangi kualitas… beda dengan motor dulu yang awet-awet

23 thoughts on “Salah satu penyebab leher knalpot cepat kuning/ngelotok”

  1. Setelan skywave saya normal2 aja tapi ya tetep knalpot lama2 jadi kuning, dulu di smash malah lebih parah….sementara di Tornado GS sudah tahunan dipake gak jadi kuning.

    1. He3… iyo bata sekarang warnanya cenderung muda katanya kurang bakarnya. ๐Ÿ™‚ katanya literatur gitu Pak bro…. pokoke ono abang-abange lah …. :mrgreen:

      1. setahu saya jaman sekarang malah harus cenderung putih agak abu-abu, tapi gak putih banget
        itulah yg saya tau dari busi mesin injeksi jaman sekarang.
        kalo karbu memang sebaiknya agak coklat.

  2. Knalpot tiger lama, kebanyakan kuning. Tapi bagus sih ketimbang motor sekarang knalpotnya cat hitam semua, gampang ngelotok / bocor ๐Ÿ˜€

    1. nah…. kalau komplain bisa2 konsumen yang disalahkan. harusnya ga boleh ngebut…. harusnya kalau macet motor dituntun saja, harusnya kalau hujan motor jangan dipakai…. he3…. mekso

  3. IMO hal biasa lah, di mobil baru jalan sekian ribu odometer dah menguning… cuma ya itu karna dibalik kap mesin sampe bagian kolong ๐Ÿ™‚

    1. Saya pernah nanya kira2 hampir 2 tahun lalu. Untuk knalpot tiger sekitar 250-300rb entah kalau sekarang. Klo ga salah nama bengkelnya rasya chrome dipertengahan condet raya. Kalau dari arah pgc sebelah kanan jalan

  4. yah ini salah satu efek negatif persainganโ€ฆ berusaha menekan harga dengan mengurangi kualitasโ€ฆ beda dengan motor dulu yang awet-awet
    =========================================================
    LIKE THIS…

Leave a Reply

Your email address will not be published.