Deteksi kabel speedometer putus

image

Seminggu ini 2 kali mengalami penunjuk kecepatan pada speedometer mati. Yang pertama speedometer Ninja 250 mati pas berangkat kantor… saat istirahat siang pengennya ke bengkel buat beli kabel speedometer. Begitu mundurkan si bolot tiba-tiba kabel speedometer depan bagian atas terlepas dari tempatnya dan jatur terjulur. Ealah ternyata cuma masalah ulirnya saja yang kendor sehingga lepas dari duduoan di speedometer. Ngolong sebentar tinggal ditancepin trus diputer-puter… beres dah. Eh kemaren Minggu kejadian yang sama terulang lagi, kali ini menimpa spin tunggangan bunda. Karena males bongkar kedok atas SF coba ngecek dari dudukan kabel speedo di roda depan. Setelah terlepas dari tempatnya SF coba  cungkit kabel di dalamnya dan menariknya keluar…yup… ternyata putus…tus..tuss.. 🙂  kabel dirakit lagi trus nunggu waktu luang buat ke bengkel resmi …maklum biasanya parts suzuki susah cari di bengkel umum.
So… deteksi awal speedometer mati yakni pada kabelnya.. untuk motor sport yang bisa dijangkau bagian bawah speedometer dengan tangan cukup rogoh ulir kabel speedo yang nempel di speedo dan putar berlawanan jarum jam setelah itu putar roda depan … lihat kawat didalam kabel speedo berputar/diam… kalau kawat dalam diam berarti putus.. klo kawat muter berarti speedo yang error!
Untuk bebek/matic yang males bongkar headlamp …bongkar dulu dudukan kabel speedo diroda dan dicek apakah kabel putus caranya cungkit kawat dalam kabel speedo. Jangan keburu beli kabel speedo dulu sebelum memastikan apakah kabel speedonya bener-bener putus. Emann kalau cuma dudukannya kendor…

Senin kemaren mampir ke bengkel resmi suzuki di kelapa hybrida Jakut, ternyata barang kosong dan harus inden…. yah… bukan jawaban yang mengagetkan. Kudu sabar punya motor suzuki…. cari parts dibengkel umum jarang tersedia, di bengkel resmipun kudu inden. Mending mocin masih banyak parts substitusinya.
Ada yang tau parts substitusi kabel speedo spin ?

9 thoughts on “Deteksi kabel speedometer putus”

  1. Subtitusi kabel speedo Spin/Skwave/Skydrive bisa pake punya Smash/Titan sama2 merk Suzuki…kalau cari parts asli jangan di beres mas ke bonjer aja di Sena motor. Btw kalau saya pernah ngalamin speedo mati di skywave bukan karena putus tapi copot dibagian yg ke atas….

  2. Nyimak, Tidak tahu tentang suzuki kalau jupiter z bisa subtitusi punya mio sporty, karena punyanya motor itu saja.

  3. entah perasaanku saja atau memang realita, dimana setau saya kabel spido supra fit and the gang itu lebih cepat putus dibanding motor lain.
    heran saya.

    dulu sering beberapa kali nglirik spido supra/fit sewaktu nyalip (riding) pasti banyak yg mati.

  4. Kabelnya murah, ongkosnya lumayan 😀
    Kalo dibiarin jadi repot kalo waktunya ganti oli.

    Suprafitnew ane juga putus lagi blm diganti males bongkarnya.

  5. INFO untuk agan2 kalau yg berada di daerah tangerang untuk mencari sparepart motor di Maju Jaya jln Merdeka saja lengkap dan murah dan banyak pilihan tapi harus bawa banyak sabar untuk antri nya hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.