Akhirnya ketahuan penyebab kampas rem habisnya miring

image

Beberapa waktu lalu SF pernah menulis mengenai kampas rem yang habisnya ga rata. SF kira dudukan cakram yang ga lurus hingga akhirnya diganjel. Beberapa minggu kemudian penyakit kembali menyerang. Kali ini lebih parah …satu sisi kampas habis total tapi satu sisinya utuh…! SF putuskan untuk bongkar total kaliper rem. Akhirnya ketemu juga penyakitnya…!

image

Satu piston macet!!!!.ย  ๐Ÿ‘ฟ Yang berfungsi cuma satu, karena itu habisnya kampas rem cuma satu sisi saja!
Karena kondisi kaliper sudah parah diantaranya karet-karet getas, plat penahan kampas agar ga bergetar hilang, baut pembuangan angin patah, sang mekanik menawarkan stok kaliper nganggur punya satria. Cukup ditebus 150rb akhirnya berpindah tanganlah kaliper ini. Permasalahan muncul saat pemasangan ke tiger. Kaliper masuk angin sehingga rem blong. Hingga beberapa jam sang mekanik ga berhasil buang angin. SF menduga penyebabnya karena desain kaliper satria (entah ini versi 2 tak atau 4 tak) pembuangan anginnya ada dibawah sehingga angin ga mau keluar meski dipompa puluhan kali. Si mekanik SF kasih tau tetep berpegan teguh dengan pendapatnya…katanya sama saja mas meski nipel diatas atau dibawah…. !

image

Yo wis lah… tiger SF bawa pulang dengan kondisi rem belakang ga fungsi. Sesampai dirumah kaliper segera dibongkar. Diantara kampas rem diganjel obeng agar memudahkan memasang kempali kaliper ke piringan cakram. Trus dimulailah proses buang angin dengan posisi baut pembuangan angin menghadap atas.
Mungkin sudah pada tau prosesnya….tapi ga salah kalau SF recharge lagi pengetahuannya ๐Ÿ™‚
Buka tabung minyak rem, tancapkan slang aerator ( buat aquarium) ke baut pembuangan angin di kaliper (nipel) menghadap keatas. Tujuannya untuk memonitor gelembung udara, menjaga agar minyak rem ga muncrat, serta agar minyak tak terbuang percuma (bisa dipakai lagi). Pompa rem beberapa kali trus tahan…. sembari tuas rem masih ditahan buka baut pembuangan angin/nipel dikaliper memakai kunci 8. Nah… bener juga dugaan SF, gelembung angin nampak di slang aerator. Nipel SF tutup kembali, tuas rem kembali diangkat. Proses pompa,tahan,buka-tutup baut nipelย  SF ulang beberapa kali, hingga gelembung udara tidak tampak di slang aerator.
Eh ya sembari memompa tuas rem perhatikan kondisi tabung minyak rem. Jangan sampai kehabisan minyak rem. Tambahi dengan minyak rem baru atau minyak di slang aerator jika cadangan minyak rem di tabung penampungan habis.
SF tersenyum puas… pekerjaan buang angin beberapa jam oleh mekanik yang gagal , cukup SF kerjakan 15 menit dah beres. Cukup pakai logika… angin selalu berada diatas permukaan cairan… So… baut pembuangan angin/nipel kudu diposisi atas. Sori proses buang angin ga sempet foto2…ย  ๐Ÿ™‚ ndak ada yang bantuin moto . Jadi pake ilustrasi dari gugel aja

image

26 thoughts on “Akhirnya ketahuan penyebab kampas rem habisnya miring”

  1. Piston macet selalu berbahaya ya..
    Itu sebabnya nipel posisinya berada di atas, supaya proses buang angin lebih mudah.

    1. Yup… berbahaya karena ga langsung balik saat abis direm… bikin lari motor berat, boros, kaliper mengalami panas berlebih mengurangi umur seal-seal karet, dan kampas rem cepet abis

  2. Piston macet gara2 karat dan kotoran biasanya, apalagi kalau sering lewat jalan berkubang dan dicuci pake steam sisa air dan kotoran bisa saja tertinggal padahal bongkarnya repot kalau ndak biasa dan bengkel sering kurang teliti….apa itu sebabnya ada yg aplikasi single piston di rem cakram? biar mudah dirawat dan murah?

  3. hahah,, aku juga paling sebel sama mekanik yg sok tau dan ngeyel kalo dibilangin.
    pernah saking jengkelnya sampe saya buka sendiri part bodi motor saya di bengkelnya

    1. kadang mereka menganggap pengalamannya lebih kaya dari kita-kita… sering logika dan masukan dari pihak lain dianggap ga penting…. 2 kali saya mengalami dengan bengkel yang sama. yang pertama pasang relay untuk klakson. hampir sejam doi ngurut perkabelan tapi klakson ga kunjung hidup. sampai doi ijin dulu makan siang. iseng nungguin dia saya kerjakan sendiri perkabelannya … begitu dia balik dah bunyi klaksonnya tinggal ngrapihin dan isolasi kabel-kabelnya.

  4. Pas mekanik ngerjain kerjaanya, kita liatin sambil di pelajari, nanti besok2 kerjain sendiri. Cara ane sih gitu,,hehe

    1. Saya dulu malah ikut terjun langsung bantuin mekaniknya secara dia temen sendiri. Sampai diajari servis sendiri… bongkar karbu, filter hingga stel klep… lumayan lah jaman sma-kuliah jarang ke bengkel. Servis sendiri dirumah… ๐Ÿ™‚

  5. Parah mekaniknya… itu kaliper rem depan, jadi kalo dipasang didepan ya nipel bisa di atas tapi kalo di belakang ya.. gitu deh jadinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.