Pengalaman hampir tabrakan kecepatan tinggi, cubitan agar lebih waspada dijalan

Rute harian SF berangkat kekantor melewati jalur BKT yang terkenal sepi dan bebas macet. Tapi Kamis yang lalu SF mengalami kejadian yang bikin jantung nyaris copot. SF hampir menabrak cewek berboncengan dengan kecepatan tinggi tanpa sempat mengurangi laju motor.bkt hampir celaka

Di jalur BKT ini kecepatan 80 KPJ tergolong ga ngebut-ngebut amat. bahkan di tengah jalur BKT yang aman dari penyebrang jalan dan ga ada pertigaan SF pernah ngetes laju si bolot hingga 140kpj. Namun Kamis itu hampir saja apes…. saat SF melaju dengan tiger kecepatan 80kpjan tiba-tiba dari sebelah kanan ada cewek-cewek berboncengan keluar dari pertigaan kecil dan langsung memotong jalur SF (dia belok kekanan, jadi searah dengan SF ) dengan reflek SF menghindar ke kiri sambil membunyikan klakson, untuk cewek itu sadar dan menghindar kekanan dengan paniknya….. huuuuuffftt hampirrrr!!!…. SF mengurangi kecepatan dan menunggu mbak-mbak itu lewat. SF pun menegurnya… “hati-hati motong jalan mbak…!” doi cuma mesem kecut dan menanggapi, “Sory mas ga liat….” πŸ‘Ώ

Waktu pulang kerja SF mengamati jalan itu lagi ternyata pertigaan yang dilewati cewek tadi berupa jalan setapak yang menanjak curam… sama sekali ga terlihat dari jalur utama BKT . Pantes saja si cewek dengan motor maticnya perlu gas gedhe untuk melewati tanjakan curam ini. Karena kurang kontrol mbak-mbak ini langsung nyelonong masuk jalur seberang saat berhasil melewati tanjakan….

Ternyata ada beberapa jalan setapak seperti ini, dibibir setapak/tanjakan ditumbuhi rumput ilalang makin menyamarkan keberadaan pertigaan kecil ini. kalau malam jelas makin berbahaya saja jalur BKT ini, lah sama sekali ga ada penerangan jalan. Bagi SF ini merupakan peringatan agar lebih waspada…. dan menghapal jalur di titik mana saja yang berbahaya. Paling aman ya… mengendorkan gas sedikit… Penghuni sekitar harusnya memberi rambu-rambu pertigaan seperti ini. Ujung tanjakan harusnya juga diberi space rata beberapa meter untuk memberi tempatΒ  berhenti sejenak sebelum masuk jalur utama.

 

Bismillah…. satu ucapan yang SF sering lupa mengucapkan saat akan riding… semoga dengan adanya artikel ini SF makin diingatkan, begitu juga bagi pengunjung blog ini …. berdoalah sebelum riding…. minimal bacaan basmallah bagi yang muslim…

artikel terkait :
Pengalaman Nyaris… bikin makin waspada dijalan.

45 thoughts on “Pengalaman hampir tabrakan kecepatan tinggi, cubitan agar lebih waspada dijalan”

  1. Wuiiiihhhh ngeri MasBro, hati2. kadang kecelakaan banyak terjadi justru di jalan yang sepi, karna orang merasa aman, nyaman… akhirnya kurang waspada.

  2. lebihh hati* mas bro..
    mending defensiv riding aja..

    jangan lupaa berdoa sebelum berangkat..
    dan fokus saat berkendara πŸ™‚

  3. di daerah saya ada ada jalan seperti yg mas ceritakan, jalan desa aspal nanjak langsung memotong jalan antar kota, kiri kanannya ketutupan bangunan.
    kalo orang belajaran sih buahaya banget

  4. Kebiasaan pemotor Indonesia yg alay dan sok gak ngerti aturan lalu lintas kalau dari gang atau jalan kecil ke jalur utama main potong atau belok dengan asumsi yg di jalur utama pasti liat dan ngalah. Gak mau brenti dulu…..

    Kalau dalam kasus mas Yanuar 2 cewek tadi jelas rada gak paham teknik bermotor dengan matic di tanjakan. Harusnya pemboncengnya turun dulu saat di tanjakan ekstrim karena matic standar pasti sulit nanjak karena harus mengandalkan seluruh power buat mencapai jalur utama yg lebih tinggi karena beban pengemudi+ pembonceng+ kemiringan ekstrim. Jadi rawan lepas kendali kalau pengemudinya tidak mumpuni skillnya.

  5. Alhamdulillah selamat, selama kita masih dinegara yg namanya Indonesia, ga ada yang namanya tempat aman buat ngacir….. Kalo dinegara maju, motor boleh masuk toll, Banyak yg suka nyelonong, kita udah hati2, orang lain yg tidak hati2, pesan buat kita semua agar stay alert….

  6. wah…saya mah disini dah jamak masbro ada yang motong jalan ngga liat-liat…maklum “orang situ asli” lha kadang di klakson aja ngga mau menoleh…sombong nian πŸ™

  7. Itulah pentingnya mata kucing disisi motor kalo pas malam…
    Fitur yg dihilangkan…xixi
    Soalnya pernah hampir nabrak juga motor yg nyelonong kejalan. dah deket baru nyadar ada motor melintang jalan
    Siang apa ngaruh ya.. refleksi lampu aho

  8. kudu waspada.. udah pernah nginem di RS gara2 g waspada dg tukang motong jalan.. jaman skrg mudah bgt dpt mtor, pinter naik mtor, tp ksdaranny msh pd minim..

  9. bukan bermaksud menggurui penulis tapi menurut saya kita perlu lebih mengenal peraturan lalu lintas disana ada peraturan batas kecepatan di tiap kelas jalan jadi kalimat penulis sebagai berikut hanya berupa asumsi si penulis “Di jalur BKT ini kecepatan 80 KPJ tergolong ga ngebut-ngebut amat.”.

    jadi jika ingin mengetahui sesuatu objek itu ngebut atau tidak baiknya kita perhatikan kelas jalan dan kecepatan maksimum yg di tentukan untuk kelas jalan tersebut.

    sekedar bayangan saja jalan tol dalam kota jakarta yg selebar itu saja kecepatan maksimum 80 km/h, lalu bagaimana mungkin jalur BKT mempunyai batas kecepatan maksimum yg sama dengan jalan Tol?

    ini sekedar masukan untuk penulis saja…

    salam hangat

    1. Thx atensinya…..Kelas jalannya ini ga jelas mas bro….. bahkan mungkin belum diakui sebagai jalan raya oleh pemda… lah penerangan jalan saja ga ada. terlalu pelan disini justru membahayakan pengendara lain. Saya jalan 80 masih diklakson mobil. Apalagi jalannya press 2 mobil. Memang sih 80kpj sedikit lebih kencang dari rata-rata motor disitu yang 70kpjan… Bukan munafik juga sih…Susah memang saklek sama aturan batas kecepatan apalagi aturannya saja kurang jelas…. coba siapa sih pengemudi mobil yang ga melewati 80 kpj di tol? Saya akui salah sering lewat batas 80 kpj di jalanan ibukota terutama pas lewat flyover dan BKT ini…. pas turing luar kota juga sering nyentuh 100kpj… makin salah ya saya…? Sebelumnya boleh deh saya diingatkan melalui peraturan yang ada berapa sih batas maksimal tiap2 kelas jalan, mungkin ada yang belum saya ketahui? Karena Saya baca di http://rsa.or.id/perlukah-batas-kecepatan/ yang mengutip PP43/1993 kecepatan jalan kelas I,II,IIIA dalam sistem jaringan jalan primer, untuk mobil penumpang,mobil bus, dan mobil barang serta sepeda motor adalah 100kpj…. Salut deh sama pengemudi yang bisa tahan kecepatan 80kpj meski jalanan depan kosong melompong… apalagi di tol.. nampaknya saya kudu belajar menahan diri… thx sudah mengingatkan.

      Hayo…blogger/pembaca lain kudu mawas diri juga ya…

      1. Ane sanggup nahan diri @80kpj, jika motornya 125cc kbawah. Ane ga suka denger suara mesin yg meraung tinggi, maksimal 7000rpm, Tp kalo diatas 200cc 80kpj djalan sepi n muyus?????
        7000 rpm itu rata2 diatas 80kpj

        1. Ps, kalo moge harley, 4000rpm lebih udah lari 100kpj lo…. Ga tau dah kalo sportbike, ane ga pernah bawa sporbike.
          Kayanya udah perlu nih moge boleh masuk toll…. Diatas 250cc, Masyarakat udah dewasa kok…. Ga perlu cemburu buta sama pengendara moge,

  10. Kronologinya Sama ky ane
    bedanya ane jln 30 an km/j.. Untung cuma kena footstep depan vixi ane yg bsa nekuk..

    Kudu ati2 ama abg cewe yg bw metic πŸ˜€

  11. Beberapa kali ane hampir nabrak (high speed mode) ibu2 atau mbak2 yg mbawa R2 atau R4 dengan kronologi yg mirip..

    Rata2 wanita emang rodo2 aneh cara nyupirnya, termasuk bojoku πŸ™‚ ..kita kudu waspada 200% sama female driver/rider..

    1. ha3… bojo saya juga… waktu itu keluar ruko jalanan agak turun, dia sudah noleh kejalan mengharap mobil dibelakangnya ngalah . waktu hampir masuk ke jalan raya eh mobilnya ga ngalah . bojoku ngerem ndadak sampai terjatuh

  12. Ane di BKT juga pernah 140an kpj pake N250, abis jalananannya sepi bener siang” haha tapi bahaya juga si banyak alay alay bawa motor seruntulan gan -__- rumah ente dimananya? Ane dicipinang indah πŸ˜€

  13. pelajaran pertama Safety Riding
    “Kesialan datangnya tak terduga,jadi konsentrasi dan sigap akan mengurangi risiko kecelakaan”

    mungkin bro tadi bernasib sial,tapi karena sigap dan ttp konsentrasi,jadinya tidak berakibat kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.