Motor bergetar…? mungkin ini sebabnya

Ini enaknya punya motor tua banyak yang bisa share ke sobat semua… Piaraan SF ada 3 dirumah (motor) Tiger 2004, Spin 2007, N250 2009.. Untuk Ninja jelasnya belum terserang penyakit getar … lah wong masih tergolong muda (KM baru 7000 :mrgreen: )

Berikut sumber getaran pada tiger yang kemungkinan juga sama terjadi pada motor lain :

– Rumah kopling oblagh/ goyang, getarannya biasa terjadi saat lepas tuas kopling. kalau parah lari motor tersendat-sendat

– Baut pengikat mesin ke rangka kendor, sepele tapi bikin pusing.. motor sempet servis stel klep, benerin rumah kopling, cek kerenggangan rantai.. eh sepele ternyata… Tukang serpis lupa kencengin baut rangka saat selesai skur klep ๐Ÿ‘ฟ

– Sektor daleman mesin klep terlalu renggang, kamrat kendor … klo ini juga bikin berisik

– Pada motor tua biasanya engine mounting dah getas ganti saja klo pengen enak. sektor bori yang kurang rapat bisa juga jadi sumber getaran dan bunyi.

-Sektor penggerak roda belakang juga bikin motor bergetar, berikut contohnya :

– Rantai mulet alias ga lurus , bisa di cek dengan standar tengah trus putar roda belakang , akan kelihatan permukaan rantai miring kanan kiri

– Kerengangan gir dan rantai sudah ga singkron… bisa rantainya yang sudah melar atau gir yang sudah lancip. atau mata gir bengkok. kalau ini waktu roda diputar rantai akan kelihatan naik turun

– Gir goyang karena karet boss gir sudah aus

Pada Spin SF juga mengalami getaran yang ga mengenakkan . Selain bergetar laju motor juga tersendat-sendat. Ini juga penyakit umum pada spin dan skywave

–ย  kampas koping Aus berikut mangkuk koplingnya… mangkuk kopling saat diraba terasa bergelombang.ย  Permukaan kampas kopling juga terlihat bergelombang. Jangan ganti punya spin / skywave ganti saja punya hayate karena luas penampang kampas kopling lebih luas.

– Roller sudah ga bulat lagi

 

Mungkin ada brother yang mau menambahkan monggo…. sharing ilmu termasuk kebaikan yang menambah pahala loh, apalagi dibulan puasa ini… pahala berkali lipat bro… ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  1. N250 nya ga pernah kemana mana kang….? Masi dibawah 10rebu km? Salut.
    Bener2 cuma buat hobi aja…
    Motor 2013 ane aja udah diatas 10rebu km…..
    1lg untuk matik2 honda kalo bergetar pada saat awalan mesin masih dingin, biasanya kurang pemanasan, atao jika terjadi pada saat mesin panas, alamat waktunya ganti busi. Pengalaman pribadi di wtf

  2. Kalau di matic getar biasanya berurusan dengan CVT terutama bagian pulley bisa karena kotor, kurang grip, atau sudah aus sering2 di cek karena campuran debu dan air gampang masuk kalau jalanan yg dilintasi memang banyak yg rusak. Salah pemakaian juga bisa mengakibatkan CVT getar misalnya sering pake rem belakang + grip gas masih diputar bersamaan akibatnya gosong cek saja kalau warnanya sudah mulai ungu. Biasakan pake rem depan dulu, gas dilepas baru rem belakang.

  3. menghilangkan getaran yg gampang, cukup putar kunci kontak keOFF,cuma becanda, itulah hikmahnya memelihara motor tua,pengetahuan tambah ndak terlalu dibebani kredit,perawatan motor lebih murah dari bunga kredit.

  4. gonku taon 97 yo ndredek ae nek go mblayu,,,pe tak udani tak deeleng sak cepitane,,,kadong tresno hondasprot,,nak esuk di stater angel,,,tp mari tok copot gir stater e nak esuk pancalane penak,,ngasi siki yo tak pancal ae,,,lumanyunnnn,,,aki tambah aweet,,,, sikel mundaak cilik betise,,,haha

  5. suram bener tigi ane, getarnya sampai bikin tangan kesemutan… ternyata setelah di kencengin rantai lumayan berkurangan getarannya. Cuman suara fairing yang di tangki masih rame banget di rpm 4000

  6. body motor mio j sy getar klo baru habis d starter truz klo masuk gas1/8 makin terasa getar ny,padahal udh ganti kanvas kopling ny,y…mskipun mangkuk ny baru kena dikit tp masih bsa d pakai…..

  7. Bos…klo motor tiger ky setengah ngopling tu knp..pdhl dh gnti kampas+rumah koplinge dan juga dh kenceng koplinge..tp pas me ngurangi gigi 1,2

  8. Mas bro,ane bingung nih sama Honda tiger ane getaran nya kenceng bgt,kalo larinya pelan tersendat sendat terus sama rante yg kendor kenceng,..

    • Getaran kenceng bisa daei rante.. brenti trus digas bergeternada kemungkinan engine mounting kurang kencang atau karet mounting keras. Rante kendor kencang minta diganti. klo ada dana mending ganti gir set

    • Sama bro problemnya ,, rantai masih bagus ,, tdi di bawa ke bengkel katanya rumah kopling sama kampasnya dah habis … motor selesai di di ganti kampas ma rumah kopling penyakitnya ga ilang … Stres dah.. dah keluar duit banyak penyakit ga ilang …

  9. megapro saya, getar kalo jalan pelan, kalo dah di atas 50 si ga mslah, tp komstirnya kaya goyang. solusinya gan?

  10. Bos, saya kmrin abis gnti stang seher ninja 2005. Pas sudh dipasang smua di jajal geter smua sluruh body kerangka, pokokny mntr rpm 4 aj getaranny kenceng bngt. Penyebabny ap y

  11. mohon infonya: ada yg aneh dengan motor Revo saya,padahal rakitan tahun 2014 ( Baru )
    tapi kl pas kecepatan diatas 60KM/Jam..getaran mesin nya keras,terasa banget di pedal dan kl lepas gas langsung,suara mesin seperti turunin gigi dari 4 langsung ke 2 atau 1
    jd getar banget & Rasanya lumayan mengganggu… kl Rante KEteng sih nga ada masalah
    mohon pencerahan nya ya…..thanks ๐Ÿ™‚

  12. Bos saya mau tanya dkit ni,,bos mtor mio saya ko getar nya kuat skli smpai2 tangan sya jga ikut getar,,sya uda cek smua tp aja gtar trus,mohon masukan nya bos

  13. Sya punya motor byson.. Klw pas bru star atw jlan plan.. Kyag bergetar gmna gitu.. Apa lgi klw boncengan.. Goyang kiri kanan wlwpun tdk mngnggu kseimbangan… Mohon bantuan nya gan…

  14. Bro…ko mtor mx ku body x bergetar…. truzt kdang pas mw msukin gigi 2 sering keras…tunggu di gas kenceng bru bisa di msukin gigi 2……
    apa kira-kira penyebabnya…
    mohon pencerahannya

  15. Broo numpang nanya ya… Mtr saya gl 100 dah di ap 3,5 seher dah tiger itu setang nya kalu lagi jln geter ya… Gimana ngilangin nya ya broo . makasih..

  16. brooo motor ane sizuki125 knapa kok geteranya berasa ampe kaki ampe pala yah?… apa karena rante nya dorceng.. dorceng yah..

  17. Saya punya motor mega pro 2007 kalau di bawak kenceng dikit bikin tangan dan kaki kesemutan sedangkan motor saya ini selalu di pakai anak saya cewek untk kerja saya sangat kasian anak saya., saya sangat minta tolong apa sih penyebab nya getaran keras itu? Trimakasih

  18. Motor rxking guwe…gitu juga…sampe2 tutup mesin sebelah kiri pernah kebuka sendiri saat melaju kencang.
    Mungkinkah karna piston terlalu longgar?

  19. Jupiter mx ane kalo abis masuk gigi kok getar semua mesinya… kaya gir2 di dalem gearbox mau rontok..
    Kaya rantai gak singkron dan kendorr gitu …
    Padahal gear+rantai udah ganti baru…
    Tapi gak ngaruhh…
    Itu apanya gan…

  20. Misi bro mau tanya..kalau masalah discorpio kayak kurang stabil pas pelas gak bisa normal jalanya kayak gak ketarik ama roda belakang..padahal ger sama rante udah ganti baru dan roda udah pake ring 17 RG-V.jdi motor gak bisa di bawa pelan..gimana bro ngatasinya..

  21. Mas minta solusi ni, motor ninja rr habis ganti piston 1 set nah udah beres pasang motor d start malah geter, padahalbaud mesin ke rangka udah d cek semua yg tau mohom pencerahannya

  22. Pagi bro……………..
    Sekarang ini terjadi pada motor tiger modif gue, pake ban gede sebelum nya gak ada masalah tapi sekarang jalan masuk gigi dua motor tersendat sendat, (mungkin kecepatan harus diatas 15 km/jam) motor gak bisa lambat pada gigi dua…..ini pengaruh dari apa bro?…

  23. mas mau nanya montor saya ada bunyinya krek” trs mesin getar trs kalo mesin panas kadang mbandang gas nya kira” apanya ya

  24. Megapro saya kalo di gas getar dulu ga lasung ngisi hbis getar baru ngacir.ga enak bgt kenapa ya. Apa ini yg nama y cinta