Beberapa perbaikan pasca beli taruna bekas,plus perkiraan biayanya

image

Berbagai alasan orang jual kendaraannya… mulai kendaraan yang rewel terus, berpotensi rusak lebih parah,bosan ingin ganti kendaraan baru,dll. Sang pembeli pun kesusahan untuk mencari jawaban yang benar,sebenarnya apa alasan owner lama menjual kendaraannya?

SF aware akan hal ini… beli kendaraan bekas memang beresiko. Untuk itu berusaha meminimalkan resiko dengan mencari mobil yang jarak tempuhnya sedikit. Contoh kasus misalnya. Saat SF hunting daihatsu taruna… SF berhasil dapat taruna FGX SE 2003. KM baru menginjak 75 rb.
image

Namun tak hayal… namanya mobil bekas ada saja problem yang dihadapi. Jelas ownernya ga mungkin lah bikin mobilnya perfect saat mau dijual. Okay berikut beberapa problem yang mendera Tarubi (taruna biru) setelah dibeli :
– timing belt menunjukkan tanda-tanda getas, minta segera diganti. Biaya : 750rban
– power window sebelah supir macet. Kendala ternyata ada di switch, tinggal dituker dengan switch lain. Biaya 100rban, klo mau ganti switch sediakan rp 200rban dan harus beli di beres.
– aki minta ganti baru. Biaya Rp. 530rb (GS ganti di shop N drive)
– alternator / spul pengisian aki bermasalah ( Servis 225 rb ganti silicon dan brush/arang)
– overheat. Korok radiator : 125rb, tambah oli silikon untuk visco fan (kipas mesin): 125rb, radiator coolant: 50rb
– karet wiper getas. Ganti sekitar 75rb untuk 3 biji
– oli bocor alus bagian kruk as, karena ga deres dan belum urgent sayang kalau bongkar mesin. Dipakai sekitar 2000km ketinggian oli masih ga berkurang.
Sementara itu kendala yang didera taruna. Padahal jarak tempuh mobil masih 75rb-80rban . Untuk meminang mobil lebih tua ya siapkan budget lebih pasca pembelian mobil. Sekedar info saja kalau ban tipis,ya siapkan duit sekitar 500-600rban /biji. Belum lagi kalau mesinnya “kena”. Budget lebih lainnya ya buat kenyamanan saja, misal pasang audio bagi yang seneng musik, pasang dvd player biar anak ga bosen, dll.

image

Setelah perawatan yang “lumayan” kuras isi dompet, Alhamdulillah kondisi mesin taruna saya masih joss kata bengkel langganan. Stater mudah dan knalpot masih mengeluarkan air dipagi hari , pertanda kompresi dan kondisi mesin masih oke. Kaki-kaki juga ga masalah. Interior masih bagus, ac duingin…. Tapi namanya mobil bekas ya siap-siap saja… kalau merongrong terus bisa jadi SF tuker kalau ga pernah ada masalah lagi ya di keep sampai bosen :-).
Hmmm masalahnya Bunda kok selalu kepengen ganti mobil kalau pas jejer terios ya… bahaya kie… ! :mrgreen:
image

31 thoughts on “Beberapa perbaikan pasca beli taruna bekas,plus perkiraan biayanya”

  1. terios? mending taruna mas,
    kalo terios tumpakane atos. dan agak limbung.
    lagian terios itu banyak anggepan kelas nomer dua dari rush, mirip kasus avansa xenia.
    kasih tau bininya biar gak nyesel ganti terios.

      1. terios juga limbung kok, tapi ya itu, atos, kalo menurut saya sih mendingan taruna yg lebih empuk dan nyaman buat jalan jauh.
        .
        kalo memang niat pilih yg lain, dari pada terios mending ambil kijang kapsul saja, lumayan stabildan gak limbung.
        tapi mending yg ada saja yg dioptimalkan

        1. soalnya ada keluarga yg pernah punya rush (atau terios sama aja lah), jadi lumayan bisa cerita, hehehe…
          tapi kalo sering jalan di jalan makadam/desa sih boleh juga tuh terios, kalo pakenya di kota dengan beberapa jalan berlubang sih mending yg tumpakane empuk. butuh kenyamanan soale, apalagi kalo ngejak anak kecil. hualah

          soal rembesan oli mungkin bisa diatasi pake sealant atau kasih aja isolasi aluminium yg biasa buat nembel panci 😀

  2. mobil bekas terjangkau yg modelnya masih ganteng,memang ndak sebanyak Kijang dan Phanter komunitasnya,jadi harus pintar2 cari bengkel yg biasa menangani.kasalahan pengerjaan(karena ndak biasa)malah bisa merusak yg lain.Bengkel yg biasa menanganinya biasanya SST lengkap.

  3. ane waktu beli escudo 1st gen tahun 1995 tahun 2005
    – benerin AC
    – ganti fan belt
    – ganti karet wiper
    dah itu aja…
    yang punya sebelumnya jarang make soalnya jadi mesinnya masih gress
    suspensi diganti pulak sama dia pake billstein gile ngelibas tikungan rasanya kayak sedan, stabil poll..tapi pas lewat jalan rusak rasanya kayak naik gerobak 😆
    sampe sekarang cuman ganti pelat kopling doang untuk mesin
    kalo daleman power window kiri belakang matot pas nanya harga 1,6 juta per set..
    kemaren ane diem2 ditawar 75 jeti tapi ga dikasi jual ama cewek ane 🙂

  4. terios sama rush kalo ga salah mesinya avanza yang 1.5, pernah baca http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Avanza,
    sebenernya kalo dari segi kenyamanan masih meggang taruna tapi tipe f om, seperti sok empuk, stabil dan tenaga soalnya penah di geber ma temen bokap 130-140km/jam
    oia di rumah make tipe FX soalnya jadi ya cukup tau,
    hehee
    terus ada yg mengatakan kalo mau stabil pake sok yang dobel action(kalo masalh ini saya ga ngerti cuma denger doang katanya lebih stabil dan denger” yg udh ganti dy berani bawa 150km/jam), atau di bikin model ALTO(model” tinggi gtu dah) katanya bisa ngilangin limbung

    1. Aku pake taruna csx thin 2000 masih greess …km msih 150..wuiih di tol mantaf ..klu pagi di panasin masih kluar air..sering sering cek air radiator..beli bekas dri temenn..hanya ganti fower window..soalnya dri pemake..ingat klu beli dri tangan pertama atau kedua ..tapi pemake..rumahan..hati hati jga cari bengkelnya..harus tauu..mesin..mobil..lma..jgn sampai merembet ke yg laiinya bisa patal..sekilas info..semoga bermamfaat…

  5. Bro ane punya Taruna csx limited…power window sebelah kanan supir dan depan kiri matot…..kira2 berapa ya kalo benerinnya….sama mounting enginenya juga perlu di ganti mohon pencerahannya…para suhu,maklum newbie….

  6. Ane setahun meminang oxxy 2006. saya puas makenya. setahun pake sudah lebih dari 7500km. pertama beli langsung ganti timing belt, tensioner, oli mesin, oli gardan, oli persneling, kampas rem 4 roda, busi. ane puas sama siblackxy. tampilan lebih gagah dari terios/rush (itu menurut saya), plat body lebih tebal. memang saya akui sedikit limbung ketika digeber 80km/jam. tunggu ada modal buat beli stabilizer yang bagus atau ada yang bilang pakai shock punya volvo #walah mahal…..

  7. Mas, aku pnya taruna 2003 efi kalo radiatornya saya isi air acci murni punya motor ap ad resikonya? Trims seblmnya

  8. kalau boleh tanya,,kalau ada yang pengalaman,,,,, terdengar suara tik tik.tik seperti bunyi percikan di sekitar bawah kemudi taruna…kira kira apa gan ?

  9. pagi gan… mantappp bangett blog nya… kebetulan ortu bbrp hr yg lalu beli mobil bekas taruna fgx 2002… ada bengkel yg rekomended gk untuk ngecek kondisi mobil?? (daerah surabaya), biar bisa di pake keliling Indonesia… hehehe..
    klo ada bagi info nya gan…terima kasih gan…

  10. Ortu ane baru pake taruna fgx 2002 selama setahun. Beli dari tangan pertama hanya ganti otomatis AC 450rb. Selain itu gk ada msalah lain. mesin masih oke bnget dari tngan pertama. Semua masih ori ban bagus tinggal tambahin acsesoris aja ane. Selama ini gak ada yg rewel atau bermasalah di taruna fgx ortu ane. Mesin masih prima walau KM udh mencapai 190.000km.

      1. Iya broo taruna emg tahan banting dalam setahun aja ane udh 10x kluar kota jarak 500km ,malah pernah dalam seminggu 3x kluar kota trus,g da msalah hanya tambah air radiator doank pkok ny taruna tahan banting

Leave a Reply

Your email address will not be published.