Nyala lampu rem ga beres, coba cek kabel massa

Sudah kebiasaan sebelum jalan jauh SF cek kesiapan kendaraan. Salah satunya cek nyala lampu-lampu. Kali ini ketahuan kalau lampu rem kiri atas taruna bermasalah. Saat lampu senja ga aktif, kemudian ngerem, lampu rem menyala normal. Keanehan terjadi saat lampu senja diaktifkan. Lampu senja belakang atas memang nyala, namun begitu direm seharusnya lampu rem belakang tambah terang, eh ini malah mati sebelah. SF coba tuker dengan bohlam lain,keanehan ga sembuh. Berarti kemungkinan masalah ada di perkabelan.

image

Tinggal dicek satu persatu kabelnya…  cara ngeceknya gampang. Putus saja kabel rem/senja dan di tancepin manual di pantat bohlam :mrgreen:  hasilnya :kabel lampu senja aktif, kabel lampu rem juga ga ada masalah… , bodi bohlam tempelin saja ke bodi untuk ambil massanya. Karena arus positif ga bermasalah, berarti penyebabnya ada di massa (arus negatif). Karena kabel massa jadi satu dengan kabel masa sein, sedangkan sein nyalanya normal. Berarti tnggal satu penyebabnya : rumah bohlam bermasalah di sambungan massanya.

image

Solusi gampang-gampangan : putus saja kabel massa bermasalah trus diiket ke bodi bohlam… sukur-sukur ada solder jadi lebih kuat dan rapi…

Pekerjaan kelistrikan sekilas nampak rumit… tapi kalau teliti dan telaten ngurut bisa kok dikerjakan sendiri.
Ingat : sebelum memasang kembali rem pada tempatnya, mending dipastikan nyalanya.. daripada miss judgement 🙂

0 thoughts on “Nyala lampu rem ga beres, coba cek kabel massa”

  1. Ciri pemilik kendaraan yg peduli sama kendaraannya, risih kalau lampunya mati atau gak beres, sementara di Jalan sering banget liat pengendara yg cuex bebek lampu rem cuma nyala sebelah, lampu belakang mati dst…..kok yg kayak gini jarang di tilang ya?

  2. sering banget hampir nyundul kendaraan yg lampu belakangnya mati, atau mau nyosor kendaraan yg lampu depannya mati.
    oalaaahhhh beli rokok 1 pak tiap hari aja kuat kok beli lampu 10 rb gak kuat.

  3. @stevant
    Biasanya itu lebih karena nggak ngeh / nggak tau mas.
    Saya pun belum lama baru nyadar kalau lampu blkg mobil mati sebelah. Nggak tau tuh matinya sejak kapan. Yang ngasih tau satpam parkiran kantor.
    Klo udah begitu langsung saya ganti semua bohlam kiri/kanan biar nyalanya nggak belang. Termasuk lampu sein dan atret/reserve/mundur. Sekalian aja karena kebetulan nyopot rumah lampu mobil saya rada ribed hehehe.

    1. @demungan, mungkin lebih banyak yang tidak peduli, karena kalau peduli pengemudi bisa mengetahui lampu remnya mati atau tidak, bisa dilihat dari pantulannya terhadap mobil di belakangnya.

  4. Mobilku kesruduk dari belakang di tol cukup parah (terutama penyeruduk). Tapi saya tetap repot dan keluar ongkos perbaikan.Mungkin ini salah satu penyebabnya karena ini, setelah perbaikan mobil ketahuan lampu rem tidak beres kalau lampu lain menyala. Trimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.