Moge pemula kudu punya differensiasi khusus agar bisa diterima


Banyak yang bilang ER6/Ninja 650 sebagai moge nanggung… sensasinya ga jauh dibanding adik kecilnya Ninja 250/ Z250 . Padahal tenaganya beda sangat jauh loh. Tapi kalau di jalanan kaya jakarta ini emang mau ngebut kemana 😆 Pasca kemunculan Z800 menurut om bro leopold efeknya cukup kerasa sampai-sampai Om Leo menarik kesimpulan :

PUTUSAN AKHIR

Z800. titik.

Selisih harga 60an juta sangat justified. Ada perbedaan riding feeling dan comfort yang tidak bisa dibantah dengan statistik ataupun price tag.

Jika anda sudah memiliki Er6 dan berencana upgrade ke Z800, lakukanlah.

Jika anda berencana naik dari 250 cc ke kelas atasnya. Upayakanlah Z800. Anda mungkin harus membayar lebih mahal atau (kalau menggunakan skema kredit) lama. But it is worth it. Bisa saja anda justru beli Er6, apalagi sedang ada discount besar, tapi jangan kaget kalau dalam waktu beberapa bulan anda akan mulai kehilangan excitement dan galau lagi.

Apakah penjualan moge nanggung ER6 bakal berimbas karena kemunculan Z800….? Sepertinya begitu. Sekarang saja sudah muncul fenomena banyak ER6/Ninja 650 dijual, harga pasaran bekasnyapun turun. Pihak kawasaki bahkan sampai memberi diskon penjualan ER6 baru…. Nah loh… dasyat Nian imbas munculnya Z800 ini. Z800 selain menggerus keberadaan moge nanggung 2 silinder juga membuat barrier to entry bagi pemain baru moge pemula. Pertama karena harganya mepet dengan moge 2 silinder…. Bahkan ada loh moge 2 silinder cc lebih kecil, power lebih kecil tapi harga jauh lebih mahal :mrgreen: , kedua Mesin 4 silinder ala moge sejati!, ketiga Kawasaki gitu lohhh… komitmennya jelas di kelas moge. Dealer juga sudah tersebar. FYI saya punya kenalan rekan pengguna Kawasaki Police (klo ga salah KZ900/KZ1000) sampai sekarang kalau nyari suku cadang masih bisa order melalui dealer kawasaki.
Jadi jika ada pemain baru ingin memasukkan moge pemula sebaiknya punya differensiasi khusus :
1. hindari mesin 2 silinder kecuali untuk model-model cruiser, itupun bukan 2 silinder segaris. namun V twin.
2. jika nekad bermain 2 silinder sport turing/ naked kasih range harga signifikan dibanding Z800. Jangan ngomong soal Ducati dengan monsternya loh…. beda kasta menurut golongan tertentu 🙂
3 apalagi jika mau main 2 silinder segaris macam ER6 dan ninja 250, kudu bener-bener menawarkan sesuatu yang beda. misalnya seperti honda N700 series (sudah SF bahas disini ) ada versi cruiser,adventure, turing, hingga skuter gambot… kelebihannya menawarkan bagasi terbesar dikelasnya serta dilengkapi opsi transmisi matic! tapi tentu harga nya juga kudu dibawah Z800.

4. opsi lain jika ingin masuk kelas moge pemula : keluarkan moge bertema retro klasik!
Untuk merk lain yang ingin masuk kelas moge pemula mending masuk dikelas 4 silinder . dengan kapasitas mesin dibawah Z800 tentunya diharapkan harganya juga dibawah Z800 yaaa… paling tidak harga diantara ER6 dan Z800 sekitar 120-140 jtlah… apa ada yang berani? hhmmm Sf menyangsikan… Kawasaki bener-bener bikin beton pembatas yang kuat dengan jual Z800 disini!
Sedangkan untuk kawasaki sendiri gimana? launch segera moge Cruiser V900 ke sini.

Begitu pula moge retro W800….
image

kalau sudah begini pabrikan Jepang lain silahkan minggir dan jadi penonton saja… :mrgreen: Daripada nasibnya seperti kawasaki dikelas bebek dan matik yang jadi penggembira dan penonton saja 😆

klo moge Eropa/ Amrik dah beda kasta loh ya… imbasnya ada tapi mungkin dikit… Lah wong buyernya beli motor bukan hanya motornya tapi prestige dan social community

Z800 emang ediannn … apalagi jika Kawasaki merevisi tinggi seat heightnya bakan makin meluas pasarnya… !

pic z800 & Ninja 650 : http://7leopold7.com

0 thoughts on “Moge pemula kudu punya differensiasi khusus agar bisa diterima”

  1. Soalnya di negara tertentu macam Australia buat SIM pemula / setingkat di atasnya cuma boleh bawa motor maks 650cc dengan PTWR sekian, jadi Supersport 600cc apalagi 800cc gak termasuk…

    Beda sama di Indonesia, 1 SIM bisa buat bawa motor dari 50cc s/d 1800cc 😀

    Pernah baca di artikelnya om Leopold juga atau mana gitu, lupa 😀

  2. Kalau begitu Kawasaki termakan kesuksesannya sendiri, 250cc 2 silinder masih value tapi kalau 650cc 2 silinder sudah enggak mending langsung ke 800cc 4 silinder….:-) Padahal dengan ER6 konsumen sudah bisa membeli previllege parkir di lobi mall lho, kan cuma butuh 400cc ke atas.

      1. sekarang sudah berubah mas, dibanyak tempat kebijakannya harus 400cc ke atas termasuk di kantor saya di CP ada 3 orang yg bawa PCX termasuk saya harus rela parkir di parkiran biasa yg kadang susah mau keluar masuk.

  3. Kawasaki memang jeli menghadirkan ER6 series & Z800 setelah sukses dg 250cc. Kedua motor ini memiliki karakter yang berbeda dan riding position yang berbeda juga. Z800 lebih pas untuk pengendara dg tinggi badan 170cm ke atas, kalau yg tinggi badan kurang dr itu ya bisa aja tp maksa kalau mau pake Z800. ER6 lbh pas utk yg mereka ini, pwer & torsi pun sangat cukup. Jd Kawasaki gak perlu kuatir krn masing2 produknya punya segmen market sendiri. Dari sisi harga pun berjenjang 52jt, 102jt, 170jt. Dari kwalitas produk, semua gak diragukan mantap semua.

  4. itu daihatsu Taruna kan juga 4 silinder,ada apa keracunan Z800,kalau ingin 4silinder tapi roda 2,cukup dongkrak ganjal kayu lepas 2rodanya,cuma becanda.

  5. opsi ke 4 yang menarik….
    moge tidak harus selalu kelas sport. Kelas sport cenderung lebih mahal utk cc yang sama dibandingkan dengan kelas tourer atau retro…

Leave a Reply

Your email address will not be published.