Sekarang ini modif ban lebar bukan hanya soal ukuran

Berselancar didunia maya memang bisa beresiko keracunan, salah satunya racun soal ban lebar ini. Jaman tiger dulu BT45 jadi favorit karena tidak ada ban lebar merk lokal. Lambat laun muncul mizzle,swallow,corsa… sekarang motor premium favorit telah bergeser ke Ninja 250. Bagi yang demen modif tentunya ukuran standar ban Ninja yang 130/70(yang dulunya jadi ukuran favorit modif tiger ban lebar) dirasa kurang. Alhasil banyak pemilik ninja upgrade ukuran bannya menjadi lebih lebar yakni 150 atau 160. Bagi yang dulunya memfavoritkan BT45 sekarang pun ogah meliriknya. Pasalnya permukaan ban serta dindingnya terlihat lebih menyiku alias mengotak. Apalagi profilnya lebih lebar (150/70) kurang sedap dipandang. Alur ban yang terlalu rapi alias “resmi” juga kurang menunjang tampilan motor berfairing.
Bahkan BT92 yang dulu lumayan dinikmati sekarang juga mulai kurang favorit. Meski profil sudah tipis (150/60) namun faktor lain kurang lebih sama seperti BT45

image

Ban ukuran lebih lebar, belum cukup! Bentuk permukaan ban yang membulat, alur yang asimetris serta profil tipis jadi pertimbangan memilih ban untuk mendongkrak tampilan

image

Tak hayal ban battlax bt90 (ban ini dah discontinyu ya? ),BT16,s20,hingga BT03 jadi favorit baru yang mengkedepankan fashion,performa namun punya budget lebih. Secara tampilan ban-ban ini mempunyai bentuk permukaan yang melengkung atau cenderung membulat, ban-ban ini juga menawarkan grip maksimal saat cornering.

image

Namun bukannya tanpa kelemahan, selain harganya lebih mahal komponnya juga lebih lunak (medium-soft) bikin cepet habis.
Untung saja sekarang ada alternatif lain bagi yang ingin meningkatkan daya cengkeram rodanya dan mempermanis tampilan motor… beberapa merk lokal menawarkan ban yang lebar, membulat serta pas dikantong…. ga mustahil ban-ban lokal nantinya menyingkirkan dominasi ban import di negeri sendiri

image

Ternyata asal lebar saja tak cukup….

0 thoughts on “Sekarang ini modif ban lebar bukan hanya soal ukuran”

    1. Biasanya gitu… tapi kompon juga pengaruh… makin lunak makin mahal padahal cepet habis. Karena penggunaannya juga beda.. turing-sport turing-pure sport-circuit use

  1. BT 90 msh diproduksi bro!Malah ad rumor BT 92 sdh discontinue tp ttp saja msh bnyk toko yg menjual (Msh produksi sbenarnya) mungkin masalah ke bentuk promo ban dng type2 lain yg notabene produk baru (Misal BT 92 discontinue dan dialihkan dng S 20).

    1. BT 90 bukannya udah discontinue yah? gantinya BT 003, BT 92 sama BT 45 juga sama udah discontinue kalopun masih ada di toko-toko itu stock lama makanya ati2 pas beli liat aja kode produksinya tahun kapan? kalo udah 2 tahun mening jangan takutnya karetnya udah mulai getas, makanya sekarang untuk cornering bakalan di tawarin S20 sedangkan untuk touring Battlax T30, tapi karena permintaan S20 lebih banyak nyari T30 susah banget, ane sendiri pake S20 bukan buat gaya2an tapi ane pake buat cornering soalnya bener2 enak,serasa lengket sama aspal he3

        1. iya ane juga nyangkanya masih ada soalnya dulu pas googling s20 msh dipajang tuh bt45 tp pas iseng nanya ke toko yang juga distributor utama battlax di bandung katanya bt45 udah cukup lama di discontinue padahal permintaan msh banyak terutama dari polisi yg pake motor xj9 soalnya ban ini paling awet he3

  2. ada satu lagi yg murah, ban merk primax, entah buatan mana itu. harganya miring tapi kompon ban antara dunlop dan IRC kualitas biasa.
    saya lihat ban itu sering dipake anak2 ABG buat modif ban cacing. dan untuk ban terlebar sampe 160.
    tapi memang ban lebar dan tipis harganya dimana2 pada mahal, kecuali ban ukuran 120/80 ke baawah yg lebih miring harganya.
    apa ada yg punya pengalaman ama ban ini? 😀

  3. Kalau saya cari yg sesuai ukuran dulu dan tidak licin, masalah profil nomer 2, mau bagus kaya apa bannya sebentar juga udah kena paku dan mau keren kaya apa motornya tukang tambel tip-top gak mau ngurusin motor…..:-(

  4. mas SF punya pengalaman ama ban benjol gak?
    soalnya saya termsuk sering jadi korban ban benjol dan retak.
    apesnya yg begitu itu ban IRC, heran deh ban ini dulu bagus banget kok sekarang kualitasnya menurun (untuk tipe tertentu, tapi tipe lain normal).
    ban IRC yg benjol saya jumpai pada ban berharga di bawah 180.000.
    kalo irc yg mahal 300ribuan sih enggak,
    dan denger-denger ban corsa juga sama kasusnya.
    adakah rekomendasi ban harga terjangkau tapi gak benjol? soal kompon hard/medium gak penting wong dipake riding pelan kok 😀

    trims.

    1. klo ban dengan ban dalem dulu pernah ngalami… terakhir ban bawaan spin juga benjol. semenjak ganti ban tubeless belum pernah ngalami tuh. swallow, corsa,IRC hingga Battlax tubeless alhamdulillah belum pernah kejadian mblendung/hamil

  5. GODJIE : BT45 belum discontinue deh bero, saya beberapa hari yg lalu ganti ban jadi BT45.
    Saya lohat tahun produksinya, tahun 2014 tuh, berarti kan belum discontinue hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.