Perasaan jarang liat moge jalan nyantai…

image

Sebagai penyemplak Ninja 250 yang notabene belum masuk kelas moge, sebenernya SF bisa memahami alasan kenapa pengguna moge cenderung ngebut. Sebenernya kalau dikatakan ngebut ga seratus persen bener. Lah penyemplaknya ga ngrasa kalau ngebut kok. πŸ™‚ SF ingat beberapa waktu lalu naik tiger berusaha mbuntuti ER6,

semata-mata penasaran ingin denger suara moge 2 silinder berknalpot racing… Ndilalah susah nempel..n begitu jalan lempeng dikit dianya menjauh didepan sedangkan tiger jebot SF kudu teriak-teriak untuk menempelnya… ga ngebut loh paling 70-80 KPj di jalan lowong. Padahal dari suaranya ER6 sama sekali ga terdengar berteriak saat berakselerasi. Disinyalir akselerasi secepat itu dianggap normal oleh empunya. Sama halnya ketika SF sekali waktu naik Ninja ke kantor. Waktu tempuh bisa terpangkas 5 hingga 10 menit lebih cepat dikantor… ngebut kah? Kalau dalam pandangan biker pada umumnya mungkin bisa dibilang begitu. Namun SF sendiri penunggang Ninja kadang ga merasa kalau terlalu kencang. Saat naik spin kecepatan 80kpj terasa sekali motor begitu tersiksa, naik tiger tua juga demikian getaran dan goncangan motor melahap jalan raya bergelombang sangat terasa, saat naik ninja kecepatan segitu bisa dikatakan menyenangkan. Mesin tak teriak , getaran ga terasa, goncangan dari jalanan tak rata mampu diredam dengan baik oleh shockbreaker Ninja . Apalagi jika naik moge.. bener-bener tak terasa riding tiba-tiba dah melewati 80 kpj. Bobot yang berat serta shock mumpungi bikin nyaman , mesin besarnya bikin begitu enteng meraih kecepatan lebih tinggi tanpa harus memaksa mesin. Tapi kadang akselerasi cepat kadang disengaja beberapa rider moge jadul biasanya selepas terjebak macet, hal ini bertujuan untuk mendinginkan mesin. Nariknyapun kenceng tapi halus… ga kaya motor harian disini yang sampai over redline kalau akselerasi. πŸ™‚ kalau ini mah ga dinginkan mesin πŸ™‚

image

Bawa moge terlalu pelan dijalan lowong bikin mesin panas (paha rider ikutan mateng πŸ™‚ ) , dan bikin capek karena bobot yang berat. Motor puresport lebih nyiksa lagi kalau buat pelan… bungkuk rek…!

image

Kalau dibandingkan dengan rata-rata kecepatan motor dijalan umum (kecuali dikemacetan loh) memang wajar pengendara motor ber CC besar lebih kencang.
Tapi ingat …kalau lupa daratan saking enaknya motornya biasanya ga sadar kalau terlalu ngebut tau-tau semua sudah terlambat…Β  Soo… more power = more responsibility and attitude
Alert motor harian jika terlalu kencang = getaran dan bunyi mesin, alert moge jika terlalu kenceng mau ga mau kudu monitor speedo… πŸ™‚Β 

Ini kebiasaan SF bikin artikel sering bikin paragraf yang bertolak belakang…. semata-mata agar pembaca tahu ada berbagai sudut pandang dalam melihat suatu masalah….

31 thoughts on “Perasaan jarang liat moge jalan nyantai…”

  1. ngebut gak masalah bro yg penting sesuaikan traffic lalin tidak arogan termasuk “bleyer2” gas mengintimidasi pengendara lain

  2. Pelannya moge sama pelannya motor biasa beda mas, kalau moge kelewat pelan bisa ndlosor pas belok. Makanya kalau bawa moge jangan pas jam sibuk atau macet berat. hehehehe

  3. Bener tuh bro… Kalo punya bbrp motor utk perbandingan baru bisa menarik kesimpulan yg bener. Moge mah emang gitu, ridernya merasa santai kok walau motor lain yg berkubikasi kecil merasa kenceng. Dulu jaman sekolah thn 89an pernah ngikutin Yamaha FZR 600, sy pake Yamaha RX-Z, dan seperti yg bro bilang, dgn santai itu FZR 600 tau2 udah hilang aja dr penglihatan, hahaha…

  4. hehehehe naik moge gigi satu aja buka gas langsung nyeruduk ke angka 70-80 km/jam bro…gigi 2 buka dikit gas udah tembus 110 km/jam jadi memang udah karakter mesin moge responsif bro…lha wong saya naik thunder 250 di spedo 90km/jam temen naik honda kharisma, katanya ngikutin saya dia musti nyentuh angka 100-110 km/jam bro….jadi kesimpulannya kharakteristik motor dengan mesin besar pasti lebih responsif bro

    1. Pernah juga si bolot turing bareng zip… berhubung voorijernya (Ninja 250) suka ngebut Zipnya bisa ketinggalan beberapa menit. Eh ternyata speedometer voorijernya tewas… SF yang dibelakangnya untuk nempel dia saja sempet 130 KPJ… lah zip yang dibelakang mo lari berapa ?akhirnya SF pepet deh voorijernya. Kata dia Sori ga ngrasa kalau ngebut… speedo mati Jeee…. 😯

      1. hahahaha…..saya pernah naik thunder 250 dispedo masih di angka antara 80 – 90, ehhh temen yg naik honda kharisma bilang jangan ngebut ngebut bro, ternyata di spedo meter dia udah nyentuh angka 100km/jam dan udah ngeden

    1. He3… kecemburuan sosial.. ntar banyak yang protes. Diluaran perasaan ga masalah ya motor > 250cc lewat freeway…. klo ga salah baca sih, soale belum pernah kesono… tapi di Indonesia gaswatt… lah bocah SMP saja dah pegang N250

  5. saya naik wr 250 r fi lari 150 atau lebi gak adak guncangan apa2 tapi ya asilnya nabrak uak2 yg lagi nyebrang karna tak bisa te rem lagi,heheheh hasilnya kaki yg retak

Leave a Reply

Your email address will not be published.