Las tangki bocor ga tuntas menyelesaikan masalah


Berdasarkan pengalaman SF yang pernah punya GLmax lawas. menyelesaikan permasalahan tangki bocor dengan cara dilas/ patri tangki ternyata hanya bersifat sementara. Beberapa bulan kemudian kebocoran kembali terjadi ditempat lain.
Penyebab penyakit GL series termasuk tiger yang SF tau terjadi karena dasar tangki karatan. Hal ini diakibatkan adanya air yang menggenang didasar tangki. Bisa jadi jika tangki ga pernah dikuras, karat terjadi disepanjang dasar tangki. Karena itu kebocoran gampang merambat dititik-titik lain.
Ada kemungkinan juga saat proses pengelasan, lapisan plat disekitar area yang dilas jadi ngelotok jadi makin gampang bocor. Solusi untuk masalah GL max diatas yakni dengan mengganti total plat dasar tangki dan melapisinya dengan lapisan anti karat. Waktu itu biaya terhitung murah lah tukangnya dibayar harian babe saya untuk ngelas dan ngecat mobil. Jadi plat yang dipakai antikarat dan tebel. Kalau kejadian ini menimpa motor mas bro sekalian ya itung saja sendiri berapa ongkos jasa tukang, plat galvanis tebel, lapisan anti karat, cat tangki dan stiker tangki :mrgreen:

Jika kebocoran menimpa motor-motor modern yang punya lapisan khusus anti karat… saat dilas ya resiko ngelupas lapisannya 🙂 .

Lah terus gimana loh solusi?
Kalau kebocoran ga parah bisa menggunakan lem plastic steel (campuran hitam-putih) ,

kalau sudah parah mending ganti tangki dah…
Kalau kaya gini ga recomended ya…. kecuali kepepet untuk sementara saja
wpid-capture_291.png
sampai tempat yang dituju, copot dulu botol infusnya. Menghindari hal-hal yang ga diinginkan

Eh ya ada yang tahu motor lawas ada lapisan anti karatnya ga sih ? Kok lebih awet dibanding motor-motor baru

29 thoughts on “Las tangki bocor ga tuntas menyelesaikan masalah”

  1. kayanya tip semacam ini cuma buat motor honda, wkwkwkwk..
    motor lain jarang banget ada yg bocor,
    motor lawas bukannya berlapisan anti karat, itu karena memang bahan campuran logamnya y bagus, kalo sekarang mah logam besi jelek makanya dikasih lapisan. ngirit broooo… keliatannya canggih, anti karat, aslinya ngirit

  2. lem Dextone (hitam-putih) juga gak kuat Mas, kena bensin beberapa hari langsung lembek lagi rember… Dipatri lumayan ampuh, tapi selang beberapa minggu malah merembet ke bagian lain…

    Yaudah lah beli baru, cuma Rp 575rb tahun 2011. Ketimbang rombak total terus cat ulang, dihitung2 bisa 400 lebih…

  3. pakek fiber aja…bisa di ratain juga luar dalem…dan awet tahan lama..
    kebetulan udah biasa nge fiber boxnya sound system..
    bahan2 cuma 50rb masih sisa banyak bisa dipakek buat box sound..hehehe…

  4. mas mau tanya, tangki saya bocor, deket keran. pas saya liat dari lubang tutup ada bercak karat. saya liat dari lobang pelampungnya pun karat didalem tangkinya parah.

    kalo saya las patri tangkinya kira-kira bakal tahan lama gak ya?

    apa lebih baik diganti aja tangkinya?

    1. Patri tangki bisa untuk sementara tapi juga melukai area sekitar jadi kemu gkinan besar area sekitarnya lama2 juga kena karat. Kalau mau sepanjang area tsb di kasih lapisan anti karat.

      1. kalo dari pengalaman mas, dengan lem besi tahan berapa lama ya? kayaknya cukup instan dan gak terlalu buang banyak waktu. karena kalau beli baru masih belum ada dananya. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published.