Meski biaya naik motor lebih mahal dibanding mobil, tetep milih motor!


iseng-iseng ngitung biaya harian jika PP ke tempat kerja riding si Bolot : PP Plumpang, Semper- Harapan Indah = 44 KM

kosumsi BB Ninja 250+ knalpot racing+ jetting = 1:22 km

2liter pertamax x 9900= Rp. 19.800 / hari

Semenjak si Tiger SF kurangi jatah dinaiki untuk harian, SF memutuskan lebih sering bawa sibolot untuk ngantor. Hal ini tak lepas dari pengamatan seorang rekan yang mengendarai panther setiap hari kekantor. Bro kok ga naik mobil saja sih tiap harinya… contohnya aku, mungkin ongkos bahan bakar lebih murah dibanding naik Ninja . Menurut dia… jika lancar konsumsi solar bisa 1L:15 , untuk normal harian sekitar 1L:13.

isuzu-pic-59187

Iseng-iseng bikin perbandingan biaya harian jika naik panther …

konsumsi panther

1L:13km

44km/13 X 5500= Rp. 18.615 / hari

Ternyata biaya operasional harian jika riding Ninja 250 bisa lebih mahal Rp1.184 dibanding naik panther… Lantas apa SF bakal pengen naik mobil buat ngantor…. No Wayyy….! beberapa hal yang bikin SF tetep naik motor dibanding mobil dalam cuaca apapun yakni :

-Naik motor bebas macet

-Memakai mobil sebesar 6X dimensi motor namun hanya diisi 1 penumpang saja rasanya gimana gitu? ga nyaman memakan ruang pengendara lain

-Bagi sebagian orang saat musim hujan lebih nyaman naik mobil… ya monggo silahken! 😛 dalam pandangan SF saat hujan/ abis hujan biasanya jalanan malah padet/macet. Jadi tetep cepetan naik motor 🙂

-Hobi dan minat SF cenderung ke motor. Saat kebutuhan harian cukup dipenuhi oleh motor belum kepikiran naik mobil buat ngantor. Jadi jangan heran kalau mobil Taruna milik SF hanya jalan Sabtu dan Minggu saja 🙂 itupun demi nyenengin keluarga 🙂

-Dari itungan diatas naik panther bisa lebih murah biaya hariannya dibanding naik Ninja. SF saja tetep milih naik Ninja. Apalagi jika disuruh naik Taruna buat harian… Malah Ogahhh….! jatuhnya malah boros…. 😛

ini itungan kasarnya

konsumsi taruna

1L:9km

44km/9X6500= Rp. 31.777 / hari

Kalau ngomongin soal perawatan mobil lebih mahal dibanding motor mungkin benar juga tapi kalau dibanding ninja SF rasa beda tipis… Oli ninja 1600mL tiap 2000km dengan spek maknyuss . Oli mobil 4000mL dengan spek biasa 🙂 , onderdil Ninja juga terhitung lumayan 🙂

63 thoughts on “Meski biaya naik motor lebih mahal dibanding mobil, tetep milih motor!”

  1. hmmm..kalo ane sih pilih naik mobil..begini hitungannya

    konsumsi BB Ninja 250+ knalpot racing+ jetting = 1:22 km
    2liter pertamax x 9900= Rp. 19.800 / hari

    konsumsi strada triton
    1L:12km
    44km/13 X 0= Rp. 0 / hari

    —> mobil gak beli + solar direimburse ke kantor…

    plus gak kena macet, lha wong enggak berkeliaran di jekarda..plooong

    :mrgreen:

  2. Itu kan mobil 1:13 kalo lancar, nah kalo macet? 😀

    Btw saya juga naik motor PP kuliah + anter jemput dll sehari bisa 60km, kalo dihitung konsumsi dalam kota main di angka 1:25 (luar kota bisa 1:30 atau lebih). Pas kemarin masih isi Shell Super seminggu bisa 100rb, sebulan ya 400rb bensin tok! -_-

    Cuma berhubung Pertamax cs nembus 100rb lebih ya iseng2 pindah Premium, seminggu kurang lebih cukup 60rban (konsumsi kira2 10 literan / minggu)…

    Untungnya setelah check-up + servis di dokternya kemarin alhamdulillah motor larinya udah enakan walau cuma Premium (biasanya di sembarang bengkel), lumayan bisa ngirit 😀

    1. Kata temenku lancar bisa 1:15 kondisi biasa setwngah macet dan lancar bisa 1:12-13 emang nyetirnya temenku penuh kesabaran… saya saja sering ga krasan disupiri beliau 🙂

  3. Kalau disuruh naik motor bebek bagaimana, lebih irit, lincah dan ringan, bagasi luas, tidak terlalu terjebak macet pula? loh oot.
    Live for ride or ride for live
    ngawur.com

      1. saya ada kerabat penggemar n250, soal perawatan mah jarang servis, paling tiap beberapa kali ganti oli baru servis, ada kalo 3-4kali baru servis, biar irit katanya, toh gak beda signifikan.
        tapi kadang malah gak tau kapan servis terahir, yg pasti ganti oli gak telat udah oke

  4. Bro, jangan dilihat biaya, gagah kalo naik mongtor ninja dan bebas macet di jakarta. pikirkan juga bro kesehatan ente, ente coba tiap detik dilampu merah tuh ngisepin asep knalpot motor lain yang jumlahnya bisa ratusan, apa ente tahan terus menerus. resiko kecelakaan naik motor juga lebih besar.

        1. ha3… ketahuan deh… wah kudu Jaga image nih klo ketemu… kwkqkwkqk… ketemu saya pas pegang ninja atau tiger masbro? lain kali disapa saja…. 🙂
          saya sering kopdar kok intern tapinya di pusat bermain anak lt dasar… 😛 anak mainan ortunya kuliner 🙂

  5. PP Koja – Cideng Timur = 32 KM an.. Pertamax/Shell Super 50 rb 3 hr msh sisa 2 Bar sblum E di speedo.
    Red Ninin Spek O.F, Jetting (Udh pasti!), VR-X Exhaust, dll (Full modif). Bnyk faktor yg menentukan COST Bbm nya :). Overall ane jg lbh prefer ke motorcycle!! 🙂

    1. tergantung rutenya mas bro… klo kemacetan sih ok matic. rute saya jalas tergolong joss sedikit macet. banyak lubang dan jalan ga rata , musuhnya truk kontainer…. tapi kalau udah biasa motor apapun nyaman sih… saya sendiri pengen matic karena alasan fungsionalitas

  6. daripada mumet bandingin. napa gak pake matic / bebek entry level aja kang?. dijamin gak jebol kantongnya.xixixixixi….
    saya sehari PP -/+ 45 km cuma habis 1 liter premium (kondisi jalan campur aduk) …. tetangga bilang irit.xixixixi..

    1. nah itu dia… matic dirumah ga pernah saya bawa ngantor semenjak beberapa bulan ini si Faiz dah masuk sekolah… masak mau nambah armada lagi… bingung parkirnya 🙂

    1. He3… udah baca artikelnya belum toh… dodol banget beli ninja buat diliatin orang lain. Eman bro…. enaknya bermotor tuh saat dikendarai bukan dibangga-banggain atau dipamerin

  7. kalau saya sih lebih pertimbangan waktu ya
    Pake Mobil rute BSD-Blok M sekitar 1,5 jam. Kalau sore bisa lebih apes. Dengan Motor 50 menit-an.
    Baru kemudian faktor biaya. Waktu pake mobil, masak setahun dah tembus 30rb km. Biaya susutnya parahhh…

  8. mas, FYI.. Inazuma saya dengan kondisi cuma ganti ban gede + isi V-power itu bisa nempuh jarak 300km lhoo (bisa nyentuh 1:28).. Isi bensin sebanyak 9,77 liter tanggal 21 September, pemakaian harian + macet2an dan terkadang main plintir gas juga.. si bolot harusnya bisa lebih irit lagi yah klo ga diganti knalpot + jetting…heheh…

  9. tak bermaksud sombong atau bergaya hidup wah saya memilih bepergian dg mobil karena berbagai pertimbangan om
    1.melihat jalanan seperti medan perang yg sering bgt kecelakaan terjadi.di jalanan sini banyak korban yg tewas entah itu sebagai korban aktif atau pasif.meski dah berhati2 masih belum cukup coz rider lain yg kacau banyak sekali.oleh karena itu saya memilih pake mobil yg insya Alloh bisa melindungi saya dari resiko ditabrak,pun pake mobil pelan2 sering & hampir mau ditabrak motor ckck.
    2.qadarulloh salah satu tubuh saya sedang cidera yakni pantat,pake motor rasanya sangat sakit bgt
    3.saya biasanya bawa mobil ke luar dg mengikutkan banyak orang jadinya rame2,kalo jarak dekat sendirian biasanya pake sepeda onthel om
    demikian harap maklum 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.