Athlete korban ranjau paku itupun bermasalah saat dipasang ban tubeless

Beberapa hari terakhir Bro Donny mengaku kembali didera masalah di sektor bannya. Hampir tiap hari nambah angin. Awalnya Bro Donny menyangkan ada masalah dibekas tambalan yang berderet di rodanya. Namun setelah dicek ditukang tambal ban, tidak ada kebocoran di permukaan ban, begitu pula ditutup pentil. Setelah dicek lebih teliti dengan buih sabun ketahuan juga akhirnya.

image

Sumber kebocoran ada di bibir velg. Menurut tukang tambal ban, velgnya sedikit cacat karena keseringan dicungkil saat proses tambal ban sebelumnya. Hhmmm… ini efek seringnya tambal ban di tukang yang profesional, asal congkel ngawur ga peduli kalau bekas congkelannya bakal meninggalkan luka di velg dan dihati ownernya :mrgreen:
Mungkin sedikit beda nasib jika dari awal bro Donny memakai tubeless untuk motornya. Ban tubeless ga perlu dibongkar pasang ketika tambal ban. Otomatis resiko velg cuil karena dicungkit saat proses melepas ban luar dari bibir velg dapat diminimalisir.
Saran SF coba bagian bibir velg yang cacat dihaluskan dengan amplas/kertas gosok. Kalau agak parah mungkin bisa ditambal dengan plastic steel dan diratakan kembali dengan amplas. Atau mungkin bisa pakai cairan anti bocor , tapi entahlah… ada yang bilang cairan anti bocor hanya efektif mengatasi bocor pada permukaan ban?
Kalau cuilnya parah ya mau ga ma kudu dilas almu. Atau ya terpaksa balik pake ban dalam 🙂

14 thoughts on “Athlete korban ranjau paku itupun bermasalah saat dipasang ban tubeless”

  1. kalo udah tubeless… Meding ganti atau nambel di tukang ban yang ada alatnya aja deh… Gak ngerusak ban cara dicoblos2 lagi, tambelnya tempel dari dalem…

  2. Kalau sekedar velg racing tapi bukan velg tubeless, lebih baik tetap pakai ban dalam. Dari pabrik memang dirancang begitu. Kalau tetap mau pakai tubeless, ganti dgn velg yg memang dibuat utk ban tubeless.

  3. Tanda kalau velg-nya bukan buat ban tubeless….kalau velg ban tubeless beneran gak mungkin keluar dari samping anginnya….

  4. Pakai cairan penambal ban. dulu waktu vixion pakai ban tubless juga gitu tiap hari tambah angin, trus pakai cairan penambal ban alhamdulillah sampai sekarang aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.