Tiger berkampas kopling GL maknyusss….

Setelah dipakai setelah 2 tahunan (1 tahun pakai kopling house 6 per dan 1 tahun balik ke ori ) akhirnya nyerah juga kampas kopling tiger imitasi (bawaan kopling house 6 per yang SF beli paketan) .

image

Sedikit flashback. Sekitar 2 tahun lalu SF beli kopling house 6 per. Tapi karena salah beli (SF beli untuk GL series) SF putuskan balik ke kopling house Ori namun dengan sedikit modifikasi untuk meningkatkan akselerasi si tiger ompong. Ini rahasianya :

Judger sping (per plat) yang berada di bagian dalam kampas kopling kecil dilepas diganti plat kopling besar, kampas kopling kecil juga dilepas diganti dengan kampas kopling besar. Jadi susunan semula dari judger sping, 1 kampas kecil,4 kampas besar,4 plat kopling besar menjadi 5 kampas kopling dan 5 plat kopling diselang-seling.

Susunan itu terbukti meningkatkan akselerasi tiger SF. Tapi karena termakan usia…. selip juga akhirnya. Itupun hanya terjadi di kecepatan 80kpj keatas di gigi 5-6. Masalahnya kalau diganti kampas kopling punya tiger jelas ga bisa karena terdiri dari 1 kampas kecil dan 4 besar. Pilihan lain bisa pakai punya grand/supra itupun cuma 4 kampas besar. Ternyata ada satu lagi pilihan kampas yang cocok, yakni punya GL series yang terdiri dari 5 kampas besar…

image

Setelah terpasang langsung dicobalah si tiger oleh mekaniknya…. “mantab mas!” Komennya setelah sesi tes ride.
1 lagi penyakit tiger berhasil disembuhkan… perlahan tapi pasti tinggal menyelesaikan penyakit lainnya 🙂

40 thoughts on “Tiger berkampas kopling GL maknyusss….”

  1. Dulu mgpro mesin tiger ane dah pnyakitan, tp bukan d mesin, tp dluar itu, knalpot bocor, listrik error terus, karbu banjir, sampai rangka patah, akhirnya ane ga kuat….. Talak 3 akhirnya…..

  2. trik lama tapi maknyos om. dulu tiger ane juga gitu untuk ngejar akselerasi. cuman yaaaaa, kalo pas lagi macet itu berasa banget hentakannya, karena gak ada judder spring yang nahan hentakan. maunya nyundul teruuussss hehehe..

  3. coba tanya ke mekanik, kalo beli kampas kopling tiger pasti dikasihnya ya kampas GL.
    da bukannya tiger itu juga GL series ya mas sf?
    atau beda?
    kok mas sf bilangnya ” Tapi karena salah beli (SF beli untuk GL series) ”
    kan memang gl series toh.

    1. Saya maksud gl max/pro lawas … sori kurang komplit penjelasannya. Rumah koplingnya sedikit beda pak… karena jeroan koplingnya juga beda… tiger ada judger spring dan kampas kecil. Waktu beli kopling house 6 per sudah dibilangin sama penjualnya kalau ga bisa plug and plung . Tapi saya nekat beli asumsi saya awalnya juga sama persis. Eh ternyata beda…

      1. Endak.. malah empuk. Karena 6 pernya lebih lunak. Namun merata. Saran saya beli kopling house 6per yang khusus diperuntukkan buat tiger. Desain rumah kopling GL beda dengan tiger. Kalau dipaksa kudu ganjel dan bubut rumah kopling sisi luar. Karena gesek pompa oli. Itupun plus ganjel pompa oli beberapa mili. Kalau ganjelnya terlalu tebal pompa oli bisa remuk (kejadian ditigerku) tercepit blok kanan. Agar ganjelnya ga terlalu tebel kampasnya dikurangi… jadinya bermasalah deh kurang gigit dan selip ga seberapa lama… akhirnya kapok balik orinya…enakan cara sekarang…hemat dan praktis

      2. kalo tiger pake kampas series gmn tata cara masang mas . urutan kampas sama plat nya . trs klo pake per ninja gmn ? apa gak berat mas ?

  4. mencopot judder spring bisa bahaya buat rumah kopling pantekan (sudah dipantek)
    nyendal-nyendal seakan gak ada yg meredam, tapi kalo tau konsekuensinya ya oke sih

  5. Pakai standarnya aja heskoplingnya
    Tapi plat kopling ganti yang bermotif totol totol biar gigit si kampas
    Itu sih kalo mau murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.