Modif kopling tarikan maut untuk tiger tak lepas dari resiko

Sebelumnya mohon maaf pada pengunjung karena beberapa hari terakhir SF ga bisa rutin balas komentar masuk. Kondisi mendekati akhir tahun dan target kerjaan ga kunjung tercapai gara2 kejadian unpredictable bikin SF lebih konsen ke kerjaan. Okelah mumpung belum ngantor disempetin dulu bikin artikel 🙂

Beberapa hari lalu SF share soal penggantian kampas kopling tiger pakai GLmax/pro lawas. SF reminder lagi dah :

image

Susunan jeroan kampas tiger dimodif jadi 5 plat kopling dan 5 kampas kopling di selang-seling.


Efeknya luar biasa…. motor SF yang tergolong tua dan sedikit ngebul putaran atas dengan mudah meraih 120kpj 🙂 tiap pindah gigi tak terasa adanya penurunan power… tenaga sambung menyambung. Tapiiiii …. modif seperti ini bukan tanpa resiko loh ya…..
Ada satu pengunjung yang mengingatkan melalui pertanyaannya (lagi-lagi Pak Tarno yang ngasih pencerahan 🙂 , thx pak…) mengenai resiko kopling house bakal cepet oblagh. Hal ini bisa saja  dan sangat mungkin terjadi jika pengendara adalah speed freek… lupa diri karena tunggangannya makin enak 🙂 Bisa jadi pengendaranya bakal sering manfaatkan keunggulan motornya dengan akselerasi-akselerasi yang sebelumnya ga pernah dirasakan saat konfigurasi kopling masih standard… efek yang langsung terasa yakni goyangnya pantekan rumah kopling. Kalau sudah gini motor bakal tersendat-sendat saat lepas kopling…. efek lainnya gir set bakal cepet “kena” berikut karet boss tempat dudukan gir set.
Kalau ga ingin kejadian seperti ini ya riding style kudu dibenahi… lepas kopling kudu alus…. ga bisa grusa-grusu mentang -mentang motornya enak… 🙂

image

lah jadi percuma donk modif kampas kopling seperti ini…. !?
Eh ndak juga donk… kampas yang jelas terbukti awet ga rentan selip seperti bawaannya tiger. Saat sewaktu-waktu dibutuhkan… misal nyalip kontainer yang brenti ngawur (musuh SF bukannya angkot lagi 🙂 ) tiger juga sekejap nyalipnya, ga takut loss power saat pindah gigi… kalau jalan normal ya woles (selow) saja proses lepas kopling dan urut gasnya… kalau gini jeroan mesin, gir set dan kaki-kaki tetep awet kok :-).

21 thoughts on “Modif kopling tarikan maut untuk tiger tak lepas dari resiko”

  1. Kalau banyak.manfaatnya kenapa tidak hehehe…
    Tapi kalau konsekuensinya spt itu buat ay pribadi ya percuma…dapat A tapi sekaligus dapat B hehhee…buat saya pribadi loh.
    Tapi no pain, no gain…

  2. termasuk olinya juga harus bagus, klw ane setelah gonta-ganti dn coba2 oli, ternyata bebek grand ane paling cocok pake castrol activ (murah dn bagus) sae 20-50, klw sport mungkin pke power 1 yg lebih encer

  3. Klo modifnya plug n play kayaknya ga banyak pengaruhnya, semisal fxr ane pake kampas kopling rgr, bs pnp tanpa rubahan berarti, tp efeknya maknyoss krn material bahan lbh bagus…cmiiw.

  4. wah koyok ee tiger q house kopling e kenek tenan iki…

    mas tiger ane standart cuma ganti templar roller + dah ov 25
    klo cuma 130 gampang banget dapetnyaa apalagi klo cuma ngasepin pigson ato satria fu yaa gampang… tapiii akhir akhir ini setelah ganti kampas kopling koq waktu kopling dilepas ndut ndut an gitu….

    padahal sebelum ganti kampas kopling enggak…
    beneran oblag kah house kopling ane?
    kata bengkel q kampasnya masih tebal… klo ntar dah agak lama enak lagi katanyaaa…

    ane juga pake kopling hidrolis buat motor ane.. itu pengaruh gak yaa ama stut an koplingnya… secara kan kalo pake kopling hidrolis nekan dikit maennya dah banyak…

  5. saya pake tirev mei 2012 beli dari baru, km sdh 35rb dipake buat turing, waktunya ganti kampas kopling, setelah dibuka, ternyata di motor tiger saya sudah tidak memakai 4plat dan 1 plat untuk tiger revo, tetapi sudah memakai 5 plat untuk GL.. saya bingung ktnya tirev memkai 4 plat dan 1 plat kecil, tp saat dibongkar tidak seperti itu.. apakah ini perbaikan dari generasi tirev yang tidak lagi memakai sistem 4 kopling plat dan 1 plat kecil? bengkel tempat saya pun bingung biasanya tidak seperti ini, tetapi dia juga tetap menganjurkan untuk memakai kampas kopling GL..selama ini alhamdulilah masih fine2 aja.

  6. Minta saran master kampas kopling dan spring nya biar lebih handal dipake tureng pake apa ya merknya mkseh

Leave a Reply

Your email address will not be published.