Tiger goyang dombret dan kasar- Pertanyaan dari pengunjung bisa dijadikan bahan diskusi dan sumber info

Email ini sudah lama masuk redaksi SF , ga salah kalau SF jadikan bahan artikel saat ini berhubung kehabisan inspirasi ย :mrgreen:
pertanyaan tiger
Copas dulu pertanyaan bro fahmi ๐Ÿ™‚ โ€ฆ

Selamat Malam.
Salam kenal Mas Yanuar.
Saya Fahmi ย dari Rembang. mohon perkennakna saya untuk bertanya soal
motor tiger.
2 bulan lalu saya dapat lungsuran motor tiger revo tahun 2008 dari
saudara. keadaanya fisik luarnya bagus terawat, akan tetapi feel saya
saat berkendara dak sepuas melihat tampilannya. sebagai contoh:
1. waktu riding diatas jalan habis kerukan (beralur, atau ย jalan yang
banyak jendolannya, motor suka belok ke kanan atau ke kiri. terkesan
oleng.
2. pada saat saya gas di atas rpm 6000, terderang suara aneh dari
mesin. dan terraasa getaran yang cukup menggangu.
kecepatan yang saya berani ย mengendarai motor ini hanya 100km/jam.sisa
gas kemungkinan masih banyak.
apakah mas yanuar punya saran untuk permasalahan saya diatas?
mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang tepat.
hormat saya,
fahmi

OK dah SF coba Jawab berdasarkan pengalaman…

1. Bisa jadi kondisi kaki-kaki bermasalah . Diantaranya boss arm, laher roda. cara ngeceknya motor di standar tengah trus roda belakang di goyang-goyang kanan kiri. kalau roda goyang yang ditandai dengan perubahan jarak bibir ban dengan rantai/ arm kemungkinan besar laher roda minta ganti.ย  Coba goyang juga ARM kalau goyang kanan kiri berarti boss armnya kena. Sekalian cek kondisi shock apakah ada kebocoran atau kerusakan karet boss. Eh ya cek juga kondisi laher ban depan. Eh ya komstir oblag bisa juga bikin ga stabil (klo ini terdeteksi saat direm depan krasa jeglegh dari sektor komstir, kalau parah saat distandard tengah kondisi ban depan terangkat setang ditolehkan kanan-kiri ga mulus gerakannya)ย 
Selain kondisi kaki-kaki, kondisi bodi miring juga bikin motor ga stabil
Maklum motor bekas… kudu dicek seksama

2. Kalau suara kasar dari mesin RPM tertentu kemungkinan besar ada pada kamrat dan kawan-kawan (LAT, Lidah Tensioner), laher noken oblagh/ goyang juga bisa jadi.Ini penyakit tiger yang melegenda ๐Ÿ™‚ Tapi untuk lebih spesific lagi perlu dipastikan sumber bunyinya karena ga mustahil komponen lain berpotensi menimbulkan bunyi seperti celah klep terlalu longgar, stang seher goyang, kopling house goyang, dll

Monggo kalau ada yang mau nambahkan….

43 thoughts on “Tiger goyang dombret dan kasar- Pertanyaan dari pengunjung bisa dijadikan bahan diskusi dan sumber info”

  1. di bagian leher kayaknya .
    Padahal kekencangannya udah pas kok, nanya yang lebih ngerti juga katanya bagus . .
    Kalo di piston rem kayaknya ga mungkin kedengaran om, soalnya dalam posisi riding . .
    Memang sih ga ngefek ke kemudi, tapi suaranya ganggu .

    1. cmiiw, kalau bunyi tok di depan, bisa jadi dari jarak main shock dipendekin sehingga terbentur segitiga. kalau di scorpio ane pernah begitu karena per shock depan ori diganti dg punya ninja r, jadi jarak main shocknya pendek atau terlalu lembut reboundnya.

    2. bunyi tok yang getarannya sampai dirasakan telapak tangan berarti ada yang oblagh/ goyang. terutama saat di rem. meski kekencangan bagus tapi kalau laher komstir dah kena ya bakal bunyi meski dirapatkan. dipaksa lebih rapat lagi setelan komstir bakal bikin setir ga bisa bergerak mulus.
      tapi kalau bunyi tok tanpa kerasa di tangan kemungkinan sesuatu (segitiga bawah, kabel speedo/rem) kena spakbor, seperti pendapat bro Duinn diatas

  2. Kalau jalan beralur seperti saat aspal akan dioverlay motor saya juga goyang, jadi imho wajar. Kalau menguji balancenya harus di jalan rata, apakah oleng juga atau tidak.

    1. iya sih… tapi kalau ada laher/beareng yang ga beres rasanya semakin kebanting/ melawan. setelah nikung/ zig zag susah untuk langsung bikin motor lurus stabil/ ada perlawanan. kalau parah saat direm motor berontak kemana-mana

  3. Oia mas yanuar, motor ku terkadang keluar bunyi tek ketika motor dipindahkan sebelumnya distandar sampling , daring manakah asal bunyi itu

  4. ane bantu berdasarkan pengalaman ane nunggang motor berbagai merk dan tipe. maklum ane BUKAN gila MERK.
    1.
    di usia tiger yg 5 taun ane berani bilang itu komstir dikencengin dong, cek bearing depan. terlebih jika sering lewat jalan berlubang.
    soal arm belakang ane SELALU jumpai GL series yg armnya miring ke kanan. terlebih tiger. mau tau yg rusak/aus? yak… yg aus bossnya, tapi bisa juga pada lubang as arm yg ada di rangka (kalo ini gak bisa dibenerin selain dilas dan dilubang ulang/modif). solusinya ya ganjal lubang as arm yg ada di rangka pake seng tipis. ganjel depannya saja.
    2.
    tiger ya gitu mas, gak ada balancernya, getarannya memang kaya vibrator kali yak. BTW apakah ini kali pertama pake tiger? mending tuh, paling parah kalo pake CB bermesin tiger, brrrrrrrrrrrrr geternya amit2.
    suara aneh di tiger gak jauh dari KAMRAT dan TENSIONER.
    3.
    tiger cukup anda gas 1/3 putaran udah bisa lari 100 kpj.
    tapi jangan salah sisa 2/3 putaran bukan berarti nambah kenceng yg signifikan. walau sisa gas banyak tapi mentoknya tirev gak jauh dari 125 kpj. taun 2008 mungkin cuma bisa 120kpj aja.
    kebanyakan motor juga gitu. jupiter MX juga sama.

  5. infonya kurang komplit, apakah gejala goyang dombretnya saat di aspal kerukan (kaya abis dicakar cakar) aja, atau juga diaspal licin ?..kalo cuma di aspal kerukan, motor sy juga ngalamin seperti itu saat melalui aspal kerukan karena traksi ban tidak konstan mencengkeram aspal. untuk analisa yang lain, jawaban komentator diatas sudah memberikan solusi.

  6. kalau saya juga seperti itu dulu om Yan..malah dari baru(tiger 2009)..kalau lewat jalan tidak datar,serasa motor oleng..tapi setelah saya ganti ban(depan 90/90 dari aslinya 2.75 -18 —-belakang 110/80 aslinya 100/90)..masalah tersebut hilang,motor stabil..simpulan saya,hal tersebut terjadi karena gara2 profil ban standar yg cenderung lebih mengotak

  7. saya cuman 2 taun pake Tiger 1997
    Beli 1999 jual di th 2001. Problem yang sempat di alami untung belum sampai ke mesin. Baru kaki2 belakang dan set rantai-sprocket yang berisik. Pokoknya motor2 pada tau deh waktu itu kalau ada Tiger mau nyalip..

    1. yg teknologi motogp,sasis colongan juga sama kok. gak percaya? dengerin aja klo si vixy lewat, sekarang juga pada bunyi kemrosok. tapi dengernya pake hati yang bersih, jangan hati yang penuh dengki. dijamn bakal kedengeran suara rante dari surga

  8. Kalo no 1 kayanya semua motor bakal ngalamin deh, jalan kerukan lurus yang mau diaspal ulang biasanya. Motor saya juga gitu kok, cuma aja gak begitu parah karena velg + ban depan udah dibesarin 1 step dari ukuran standar…

    Kalo dari laher gejalanya muncul pas kita cornering speed rendah roda depan rada geal-geol ๐Ÿ˜€

  9. mass. kalo bosh swing arm distandar tengah ban diputar goyang gak???

    motor saya bukan tiger, tapi tipe bebek.
    yg belum dicek swing arm, & kekencangan baut mesin. tapi masih kurang yakin, cz goyangan ban belakang muncul di kec 40kpj ketika distandar tengah.

  10. Maaf ikut nanya meski telat,,
    macan ane juga oleng saat dikendarai mas,,
    sudah ketahuan velg roda depan agak bengkung dikit,, tapi goyangnya terasa banget agak gede,,
    dan saya cek juga di gear belakang juga oblak,,
    nah pertanyaan saya,, apa gear belakang yang oblak juga ikut berpartisipasi dalam hal oleng itu,, dan diapain biar gak oblak gearnya ya,, (soalnya kondisi rantai dan gearnya masih lumayan bagus ๐Ÿ™ belum begitu terkikis,,)

  11. Assalamualaikum Dulur2 smua..
    Saya mau tanya ni…
    Kmren tiger ku kan olinya gk mau naik..akhirnya mesinnya jadi kasar…setelah di bawa ke bengkel katanya noken as nya yg aus…dan akhirnya di ganti dg merk federal..
    Selesai di pasang dh dingin suaranya…tp setelah di pakai -+ 20 km kok bunyi kasar lagi knp ya?memang gk sekasar yg tdnya sih..
    Mohon pencerahanya dulur2 smua…
    Suwun…
    Wassalam

    1. jangan2 oli telat lagi bro… kasus saya dulu oli telat naik karena saat paang blok sealant kebanyakan jadinya masuk jalur oli. tapi bisa jadi juga penyaakit bawaan tiger… kampret kendor (rantai keteng ๐Ÿ˜† )

Leave a Reply

Your email address will not be published.