Abis ganti kampas rem sebaiknya lebih hati-hati

wpid-DSC_0530.JPG

Beberapa waktu lalu saat ganti ban Zeneos sekalian SF ganti kampas rem belakang ninja 250. Karena bengkel dekat tukang banΒ  adanya cuma kampas imitasi supra yaw dah dibeli sajah.. murah cuma 25rb. πŸ™‚ soale males keluar komplek perumahan… jalannya ancur dan becek πŸ™‚ . padahal biasanya SF pakai kampas rem ori supra buat tiger /ninja hafganya klo ga salah 35rban.

Abis ganti ban dan kampas belakang segeralah SF jajal motor ini di sekitaran harapan indah… eh lah dallah saat akan mengurangi kecepatan si bolot lah kok rem belakang keras dan ga pakem… terpaksa sedikit menarik rem depan lebih kuat.
Apa kampas rem abal-abal penyebabnya? Bukan bro… karena kontur kampas rem belum menyesuaikan dengan permukaan cakram.
image

Dibawa riding beberapa km plus menembus hujan ternyata yg bikin surprise kampas rem nissin-nissinan ini sangat pakem πŸ™‚ bahkan sewaktu bonceng Bunda roda belakang gampang dibuat ngunci… Banyak komentator yg masuk ke redaksi SF beberapa waktu lalu meragukan kampas non ori KMI untuk dipasang di Ninja . Nyatanya pakem bro… klo ga percaya monggo jajal ninja SF πŸ™‚

Kampas rem depan si bolot ternyata dah tipis… ntar beli kampas bebek dahhh…. akan saya laporkan gimana kesannya πŸ™‚
mo beranggapan ga safety? Dah jajalΒ  belum?
Tiger SF dah biasa pake kampas bebek baik ori atau imitasi, nyatanya ngerem depan cukup pakai 2 jari.. lah wong piringan depan dan pakai piringan lebar πŸ™‚ jauh lebih pakem dibanding pakai orinya πŸ™‚
Tapi ingat, apapun kampasnya tetep butuh beberapa saat untuk penyesuaian dengan kontur piringan cakram.

Posted from WordPress for Android

44 thoughts on “Abis ganti kampas rem sebaiknya lebih hati-hati”

  1. Kalau yamaha, jika rem cakram dengan 2 piston, sepertinya sama saja kampas remnya, untuk bebek maupun sport. Pernah pake punya f1zr di scorpio z, tetapi feelnya agak berbeda, seperti kurang menggigit, jadi balik standar scorpio saja.

      1. Guyon pak tarno ini, haha, ane dikasih tau sama temen mekanik yang sudah lebih lama memelihara scorpio, tapi karena merasa nggak nyaman jadi balik standar. masalahnya brake pad yang dibeli harganya Rp 10rban mungkin kw berapa, bandingkan dengan ori Rp 70 – 80 rban.
        kalau kode brake pad memang sama yang dua piston
        F1ZR 4US-W0045-00
        Jupiter Z 4US-W0045-00
        Scorpio 5BP-W0045-00

    1. untung-untungan, karena beruntung kampas merk nissin (ga ori) yg saya beli di bengkel nyempil ini malah empuk πŸ™‚ paling ga next time saya tau bengkel yg jual kampas imitasi empuk :mrgreen: . cepet habis ? iya emang… lah kampas orinya saya juga gitu . FYI athlete temen saya yang berumur 3 tahunan selalu pakai kampas oti kawasaki . hasilnya? cakram tipis… nah loh?

      1. tergantung merknya juga tapi secara umum yang ORI biasanya lebih keras jadi awet tapi makan piringan, yang murah lebih empuk tapi cepet habis, saya pake di Revo yang ORI bisa sampai 15rb km, yang biasa cuma 6rb km, karena saya lebih banyak pake rem depan, yang belakang udah 34rb km masih tebel :mrgreen:

      2. sdikit trauma gara2 dulu scorpio pake indopart, malah kmakan piringannya -_-
        tapi iya sih, ini skarang baru nyobain kampas rem depan pulsar yg alternatif, lumayan empuk, πŸ™‚

  2. Kalo di ganti subjeknya jadi gini nih :

    Ban cacing ngga safety ? dah jajal belum? :mrgreen:
    ________________________________________________________
    tp klo ban yg terlalu cacing bukannya bahannya kecil banget n bisa makan bikin jatuh ya om? CMIIW

    smartfaiz
    Desember 13th, 2013
    REPLY KUTIP
    untung-untungan, karena beruntung ban merk sendal (ga ori) yg saya beli di bengkel nyempil ini malah ngegrip πŸ™‚ paling ga next time saya tau bengkel yg jual kampas ban cacing ngegrip :mrgreen: . bahaya ? iya emang… lah ban orinya saya juga gitu . FYI supra temen saya yang berumur 3 tahunan selalu pakai ban ori hando . hasilnya? jatuh jatuh mulu… nah loh?

    Ngoahahahaha, jangan ditiru gan :mrgreen:

  3. Bnyk perbincangan dan info dari mekanik untuk kampas ORI/KW supra memakan cpt piringan cakram!Mungkin krn usia atau memang piringannya yang mudah habis?!?Secara umum ane liat piringan produk H*nda!??

  4. Bener bro musti hati-hati karena maalah rem adalah masalah keselamatan, jadi jangan coba2. baiknya saat diganti pastiin juga sama pemilik apakah pemasangannya sudah benar/belum agar hal2 yang tidak diinginkan tidak terjadi

  5. ane dulu pake federal di tigi picek ane, cuman 35rb. tapi lebih pakem dari orinya, sekitar 10% lebih pakem, soalnya pas narik tuas dengan power yang sama, eh malah lebih ciet.

    so far, ane vote federal ama indoparts untuk 3rd partynya hehehe…

  6. berarti harus “adaptasi” dulu dengan lingkungan sekitar.. hehe…
    tapi bagi ane yang masih awam di dunia otomotif, ane ga berani yg macem2, cukup pake yg ori dan sejenis saja…

  7. Waaah….kalu untuk urusan kanvas rem si kalu gw prefer pake yang ori broo… agak riskan si…masalahnya bukan hanya quality tapi juga cara pemasangan dan tetek bengeknya…apalagi untuk motor premiun…hmmm..mikir beberapa kali dulu deh sblm ganti kanvas dg yg abal2

Leave a Reply

Your email address will not be published.