Sedikit tips mengurangi stress berkendara harian

Hampir tiap hari SF mendengar dari rekan kanan kiri tentang kekesalan mereka karena datang terlambat. Hampir tiap minggu ada saja kejadian tak terduga yang tiba- tiba bikin macet sekitar kantor SF di kawasan Jakarta Utara. Nah ajibnya sejak kerja disini SF ga pernah sekalipun Telat…
image

Kebiasaan sejak sekolah SF hampir tidak pernah telat masuk sekolah/kerja karena alasan sepele. Kecuali motor mogok/ pecah ban atau hal lain yang sifatnya ga bisa dihindari.

kondisi macet di Jakarta efeknya sangat besar…ย  kejar-kejaran dengan waktuย  saat berangkat kantor bikin stress berlebih. Akibatnya mood bekerja saat sampai dikantorย  sudah rusak. Kerja juga jadi ga efektif. belum lagi kalau kantornya menerapkan sangsi bagi pegawai yang terlambat. Sudah stress dijalan, eh nyampai kantor juga telat pake dipotong gaji lagi… ya makin ga efektif kerjanya ๐Ÿ™‚

tips SF cukup simple : berangkat kerja lebih pagi dari yang biasanya! mundurin alarmnya! banyak keuntungan berangkar kerja lebih pagi. Jalanan ga begitu ramai, antrian di pom bensin ga seberapa panjang, masih sempat sarapan sebelum absen masuk kantor, dan terlebuh punya waktu cadangan jika terjadi hal yang ga diinginkan dijalan. Jam masuk kantor SF 7.30. SF berangkat dari rumah antara jam 06.00- 6.15 nyampai lingkungan sekitar kantor jam 6.30-7.00 . masih sempet sarapan diluar. Paling lambat absen jam 7.15. Kalau pas apes jalanan macet total karena ada trailer mogok/ nglindes orang (di jalur tengkorak sini sangat sering terjadi) SF punya waktu 45 menit untuk menembus kemacetan.ย  Tentunya melewatkan sarapan diluar.

Intinya dengan berangkat lebih pagi pikiran lebih fresh bebas stress dan energi sudah terisi karena sudah sarapan. Nyampai kantor masih sempat bikin 1-2 artikel dan selanjutnyaย  siap kerja deh.

Bagaimana saat pulang kerja…? karena ga dikejar waktu ya santai saja, senyampainya dirumah. kadang kemacetan memang ga bisa dihindari. dengarkan musik bisa sedikit membantu (klo pakai earphone sebelah saja ya, biar masih bisa dengar klakson, deru kendaraan lain) . Miliki hobi pengobat stress seperti Aquascape misalnya.
image

Pulang kerja disambut 2 jagoan trus bareng-bareng melongo didepan aquascape ngliatin tanaman dan udang-udang yang berkeliaran dalam aquascape. (tebaracun.com ๐Ÿ™‚ )
image

tapi kalau dibilang bebas stress ya ga sepenuhnya bisa…. terutama tanggal tua :mrgreen: .

19 thoughts on “Sedikit tips mengurangi stress berkendara harian”

  1. Agree, lebih baik berangkat lebih pagi, kalau isi bensin, cuci motor, dll biasanya saat pulang, kalau berangkat sudah tidak perlu mampir ke pom atau melakukan aktivitas lain, kecuali kejadian tak terduga.

  2. Macet mah gak usah dipikirin, karena Jakarta mana sih yang gak macet. Mending nikmati aja, anggap sebagai rutinitas tak udahnya makan – mandi dan tidur ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published.