Keuntungan produk yang muncul belakangan. R25 punya kans lebih baik dibanding N250fi

Produk yang muncul diawal punya kemungkinan sangat sukses dan tapi juga gagal dipasaran. Bahkan pabrikan besar pun ga menjamin produknya bakal diterima pasar. Contoh kesuksesan monggo cek kedigdayaan Vixion yang tetap merajai sport 150 hingga sekarang. Yamaha sukses mendobrak sport 150cc pertama yang menggunakan tehnologi injeksi. Untuk contoh yang kurang sukses monggo cek keputusan honda membuat bebek sport nanggung macam domba garut aka CS1… penjualannya mengenaskan.

Sedikit berbeda dengan produk yang muncul belakangan, dimana kelas yang sama sebelumnya didominasi produk kompetitor… Apalagi produk follower ini diproduksi pabrikan ternama… jelasnya kompetitor yang sebelumnya bertengger dipuncak tahta wajib waspada. mau contoh?

Mio series yang sempet beberapa tahun mendominasi penjualan motor matic di Indonesia terpaksa terjungkal setelah AHM memutuskan memproduksi beat series. Strateginya cukup bisa dipahami… Honda mempelajari produk kompetitor apa saja kelebihan/kekurangannya, bagaimana selera pasar dan kondisi ekonomi.Β  Setelah siap BOOOM! dikeluarkanlah beat series dengan desain fresh, fitur lebih dan harga lebih murah…. Dlosor dah mio seriesnya.
image

Contoh seperti diatas juga bisa terjadi pada segmen premium Indonesia. Dikelas 250cc Ninja 250 terkenal dengan model kerennya, mesin 2 silinder, dan kencang! Yamaha bisa menggunakan strategi seperti yang dipakai honda menjungkalkan mio series. Yakni dengan berusaha menyaingi kelebihan produk kompetitor dan memperbaiki kelemahan produk kompetitor, kasih fitur berlebih dan harga murah!
image

Coba yuk kira kira apa yang bisa dipakai Yamaha R25 yang didapat dari hasil mempelajari produk kompetitor.

Kelebihan kompetitor (N250)yang bisa ditiru/ dilewati Yamaha

Mesin N250 2 silinder : jelas donk wajib diikuti.. nekad main 1 silinder ya jangan ngincer Ninja… Ngincer produk sebelah saja
Power N250 cukup besar : PowerΒ  R25 minimal harus sama
Model N250 keren : yamaha punya deretanΒ  moge mulai R6-R1 yang juga keren
Fitur N250 termasuk lumayan: yamaha tinggal copas fitur N250 dan menambahi fitur lain seperti light beam switch (di N250 fitur ini ga ada, di N250fi ada ga ya? ), tambahi SSS (di N250 ada di N250fi malah ilang), Led lamp, dll.

Kelemahan pada N250 yang harusnya bisa diperbaiki Yamaha

Bobot berat : Dengan memberikan bobot R25 lebih ringan dibanding Ninja, banyak keuntungan yang didapat. Handling mudah, performa naik begitu juga BBM bisa lebih hemat.
Harga mahal : peluang untuk menjadikan R25 lebih murah tentunya terbuka lebar, lah diproduksi di Indonesia
Aftersales terbatas : kawasaki mempunyai dealer yang terbatas jumlahnya, begitupula sldengan parts N250 yang banyak import dari thailand. Gampang bagi Yamaha untuk menyerang kawasaki di sisi ini. Jumlah dealer berkali lipat, apalagi kalau R25 diproduksi di Indonesia. Sukucadang seharusnya lebih mudah didapat.

Kalau KMI duduk manis ga memperkuat pertahanan ya resiko N250fi bakal terjungkal dari tahta yang telah digenggam sejak 2008.
Salah satunya caranya bisa dengan program tukar N250 lama dengan N250fi secara cuma-cuma… (ngarep tapi ngawur) πŸ˜† -ojo direken iki- :mrgreen:

24 thoughts on “Keuntungan produk yang muncul belakangan. R25 punya kans lebih baik dibanding N250fi”

      1. jadi keinget waktu tahun 2007 atau 2008an ada desas desus AHM mau masukin CBR diejek bakal dari model FIT sampe CBR asli πŸ˜†
        CBR fit S pake tromol jari jari sampe CBR RR yang full option πŸ˜†

  1. Ane stubuh mzbro dng aftersales kawasaki lbh difokusin lah…Aplg yg udh pd turun mesin kasian sparepart g ad (Ring piston/piston, Setang seher, Rantai Keteng)!!Nyari di ramayana bonjer aj susah!!Katany ad isu ad ‘orang dalam’ yg nylundupin parts ke negara2 luar indo krn spareparts di qt yg relatif murah harganya πŸ™ Sobekkk tenann dah.. πŸ™ πŸ™

  2. Pada akhirnya mindset……apa yang dicari, speed, model, kenyamanan kah ?……makin banyak pilihan dan pabrikan yang diuntungkan secara materi, N250 masih menjadi idola, karena mindset motor 250cc sport masih milik kawasaki

  3. Assalamualaikum abine faiz….
    Urun rembug…fitur yg sangat gampang diterapkan di injeksi…drive mode…tinggal nambah switch buat digital input ecu ngeluarin mapping drive mode…eco, normal, atau race…
    Kompetisi produsen nguntungin konsumen….

    1. Waalaikumsalam
      Boleh sih berharap… tapi untuk cc kecil sepertinya malah bikin harga bengkak. Makanya seolah matic disini dah disetel race mode semua… πŸ™‚
      Maklum cc kecil tenaganya pas-pasan, klo pake ecomode pengiritan kurang tercapai, malah penurunan performa yang didapat. PCX seharga +- 2 X lipat matic normal saja belum menerapkan ini.

  4. kmi harus bisa mengatasi kedatangan r25,mungkin dengan memproduksi ninja di indo juga.hingga hrga bisa nyaris sama nantinya dgn r25,jika tidak bakalan terseok2 penjualannya seperti era kaze,blitz.produk pelopor bukan jaminan untuk menjadi no 1 seterusnya,pasti nantinya akan ada selalu produk yg lebih value yg akan mengalahkan.

  5. Kelemahan N250FI:
    1. Cornering. Handlingnya saat cornering cukup berat bro.
    Semoga r25 yg digambar lebih mungil bisa lebih agile.
    2. Finishing dan quality control vendor yg kalah bahkan dgn n250 karbu

    Saat ini sdg ada rangkaian survey pasar utk r25 thd ninja rider

Leave a Reply

Your email address will not be published.