Perhatian khusus saat buka tutup penutup rotor filter oli

image

Sebelum ngoprek kopling GL series salah satu langkah yang dilalui yakni kudu melepas rotor filter oli. Gampang-gampang susah melepas penutup filter oli ini karena butuh kehati-hatian ekstra. Baut pengikat tutup rotor didesain lengket/nempel saat baut dikencangkan tujuannya jelas agar saat rorot berputar nonstop dengan rpm tinggi baut tidak mudah kendor/lepas. Karena itu untuk melepasnya sedikit gampang-gampang susah.

Jelasnya obeng biasa saja kurang cukup. Biasanya mekanik menggunakan obeng ketok. Untuk mengetoknya sendiri wajib dengan perasaan karena jika terlalu kuat nggetoknya rotor filter oli bakal buyar . Ini yang diceritakan sang mekanik kepada SF. Dulunya dia pernah dipotong gajinya gara-gara kurang hati-hati nyopot rotor filter sehingga pecah.
Yang repot kalau kepala baut slek, otomatis buka pake obeng ketok juga ga bisa. Ya terpaksa diketrik arahย  berlawanan jarum jam pake obeng minus kecil/obeng ujungnya lancip.. tetap kudu hati -hati tentunya. Setelah itu baut yang kepalanya slek tentunya jangan dipaksa dipasang lagi. Kudu diganti. Gantinya pun bukan baut model sembarang, tapi baut yang kepalanya didesain khusus agar rapat dengan rotor oli… belinya ya di bengkel resmi . Baut ini saat dirapatkan akan lengket dengan pangkal lubang drat. Fungsinya agar ga kendor atau lepas bergasing terus-terusan dalam kecepatan tinggi.
image

Untuk nemasangnya kembali juga demikian ga perlu terlalu ekstreem merapatkannya, selain karena drat rotor yang terbuat dari aluminium/diral yang riskan slek, untuk mencopotnya lagi di kemudian hari juga bakal susah.
Urusan bongkar-membongkar kopling set sih sih SF sarankan ke beres atau ke bengkel umum ternama. Karena biasanya mekanik berpengalaman serta alat kerja lengkap.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.