Bushing dumper tiger model drat , layak dijajal

Bushing dumper tiger

image

image

PR betulin tiger tua memang banyak . Salah satu penyakit yang didera tiger dan GL series adalah gir gampang goyang. Lama-kelamaan gir goyang ini menyebabkan bosh gir rusak. Tepatnya di bagian dudukan kancingan gir alias daging bosh gir rumah kancingan gir belakang. Baca dibeberapa forum untuk mencegah kancingan gir merusak rumahnya lebih baik gir dibaut pada bushing dumper yang sebelumnya telah didrat di tukang bubut.

image

Kalau ingin praktis bisa menyambangi bengkel arfa otosport. Jl nusantara raya no. 278 depok +62 856-9187-3736. Bengkel ini menyediakan bushing dumper original untuk GL/tiger yang telah ada dratnya plus 4 baut baja.
image

Bushing dumper ditanam ke bosh gir/velg . Meski cuma dipukul palu rasanya bushing dumper ini sudah sangat kuat melekat pada rumah bushing (nyopot yang lama saja susah banget kok). setelah itu gir dibautkan pada bushing damper tersebut, plus kancingan dipasang kembali. Berhubung punya SF daging bossnya (tempat kancingan gir) dah terkikis tepaksa deh diperkuat lagi dengan tambahan 1 kancingan lagi 🙂 .

Logikanya sistem drat pada bushing dumper ini akan lebih kuat ga bikin bosh gampang rusak karena penahan gir belakang kekuatannya jadi double. Dulunya hanya ditahan 1 kancingan gir sekarang ditambah lagi didrat pada bushing dumper.
Saya heran kenapa sih pihak AHM mendesain kancingan gir seperti ini… gir hanya ditahan sebuah pengancing yang nyantol pada rumah bosh aluminium.. ya jelas kalah lah aluminiumnya….
Penyakit ini juga SF alami pada GL max SF terdahulu….  jelas mekanisme yang gagal kok dilestarikan turun menurun …

image

Posted from WordPress for Android

35 thoughts on “Bushing dumper tiger model drat , layak dijajal”

    1. awet? gak juga, kalo yg pernah punya pengalaman sendiri tentu bisa menilai awet.gaknya. tentunya juga dibandingkan merk lain 😀

    1. pake karet ban luar mobil/truk malah lebih awet.
      ane pernah punya pengalaman itu di GL ane duluuuuuuu, diajarin anak sebe, kwkwkwk

    1. Pabrikan lain ga mengalami hal ini. Sempet ditawari toko pake velg motor lain juga. Tapi belanjanya jadi nambah dunk. Kudu ganti velg,dudukan gir dan gir set. Kapan2 mau saya tambah daging

  1. kmaren kancingan gir tiger ane jga gtu om… kalah ama gir nya..
    trus ane pupuk ulang d.Bngkel Pak To Pare Kediri… hasilnya memuaskan om… dah hampir 6 bulan gak berkurang tu rumah kancingannya masih tetep awett.. rahasianya cuma tmpat kancingannya di buat mepet ama lubang gir sehingga kancingannya pun nyantolnya lebih lebar..

  2. wah iya salah satu kelemahan tiger series ni om,,,,kalo ane ganti pake velg racing non tiger jadi pake nap gear n karet damper kayak motor “normal” jadi g pernah ngalamin lagi yang namanya ganti bushing velg apalagi ampe kancingan lepas gara2 rumah spi gear oblak… :mrgreen:

  3. AHM memang kaya, tapi gak cukup otak untuk bayar insinyur yg pinter ngeracik bushing tromol belakang.
    coba deh lihat yamaha, biarpun lebih miskin tapi dia jago ngeracik bagian itu.
    antara velg dan tempat gir dibikin terpisah dengan peredam karet sebagai penghubungnya.
    banyak kok anak CB jadi-jadian yg memilih pake tromol scorpio, dan meninggalkan part asli tiger sekalipun.
    ane pernah nemuin tiger yg bahkan punya 3 kancingan tromol sekaligus saking jeleknya desain tromol itu.
    bayangin betapa tipisnya daging tromol asli yg tersisa

  4. dulu tiger ane juga digituin, gara2 mekanik ane bosen bongkarin bos gir. akhirnya dia nyaranin di baut, dan sampe setaun itu bos gir gak goyang2 lagi. tapi tetep suara gemericik aduhainya gak ilang xixixixi…

    oiya, temen yang pake limbahan gsx-400, malah rantenya gak gemericik. padahal rantenya sama. setelah ane perhatiin, ternyata ukuran girnya ngepas sama rantenya, kalo yang asli girnya lebih kecil, digerak-gerakin aja goyang.

    coba kalo ada yang jual gir mata standar dengan tebel segede gir gsx-400, ane jamin bunyinya ilang.

    😀 😀 😀

  5. Bokap pernah punya glmax 80an, dijual taun 2005, dengan sistem bawaan pabrik nggak pernah sekalipun kancing atau gir lepas dr tromol, (gir, ban dan velg standar pabrik)

  6. om ..

    itu gimana hasilnya ??

    apakah emang benar tahan lama ??

    tiger q masalahnya disitu ..
    sekitar 6 bulan skali ganti bosh.

    soal’a hambir stiap hari buat angkut barang berat + boncengan.

    masih ragu ini bwt gantinya.

    thanks om

  7. tapi di nsr dengan mekanisme yang sama (bushingnya 5) awet bertahun-tahun, namun kenapa hal ini malah gak dipertahankan AHM, malah generasi baru sekarang pakai 4 ya? pasti mereka ada pertimbangannya.. ??????

  8. alhmdllah…mggu.,,15.05.2016.. ane ganti karet bos. gir blakang…duuuuuhh…susa ny minta ampun…hbis obeng min 1……same tromol ane smplak / gumpil..reta…ane ktok trs…tp alhamdllah klar..nyblin…ane jga tau dri googgl….ane bca” oh gth cara buka nya….. dh gth salah lg bli karet bos ny….ane mlah bli yg tiggr…trpaksa ane blik lg k toko….hbis….50….. tp ane pus hsil ny….bnr dah d ganti bos nya….enak d pke nya….g was.was lg….trma ksh .yg udh ksh solusi…..m”f g bsa aplot poto yg kmarin ganti karet nos ny

  9. ane jg lg ngalamin hal yg sama kancingan nyisa 0.5 mm hampir ambrol. bos dah di coba di tap ulir tp karet nya yg kalah ikut melintir. akhirnya kancingan di las tambah daging yg tebel. trus tromol nya di bor sekalian. tembus ke rumh kampas. trus ganti baut yg panjang. tp resiko nya klo baut kendor bisa kena kampas rem. hrus sring di cek.

  10. Iseng lewat thread lawas…

    Model nap gir gini bukan AHM deh, karena dah dari jaman CB jadul. Bahkan NSR yang tenaga jauh di atas Tiger juga pakai gini.

    Sepertinya kualitas juga menentukan (buatan Jepang)

    Lagipula bushingnya juga lebih kuat kalau dibandingkan karet tromol jaman sekarang.

    Simpelnya lebih simpel yang model gini, karena gk butuh nap gir terpisah. Tapi entah berat totalnya, lebih ringan yang mana, antara 4 bushing + 4 baut doang dibanding yang model nap gir modern

Leave a Reply

Your email address will not be published.