Pengen Tau Biaya Restorasi Tiger Lawas? Monggo disimak

Biaya servis besar honda tiger

image

Cukup lumayan kalau melihat rincian biayanya … tapi karena ini motor kesayangan jadi ya mau ga mau di bikin sehat lagi. Pilihannya tiger dijual dan nambah sekitar 15 jtan atau bikin sehat tiger kembali?
Bagi yang ingin praktis dan pas ada duit tentunya mending ganti motor. Tidak halnya dengan SF…. historical value tiger ini sangat besar.
Tiger CW keluaran tahun 2004 (duo tone) , SF beli di 2005. Berikut perkiraan biaya untuk servis besarnya…
– Ring seher OS 50 305.000
– piston OS 50 158.000
– packing top set 75.000
– lem packing 10.000
– corter booring oversize 50 35.000
– skir klep 55.000
– seal klep 45.000
– Oli enduro racing 43.000
– Ongkos 100.000
– Rantai keteng impor jepang 280.000
– master rem blakang kw + ongkos 150.000
– karet tensioner keteng 150.000
– kabel rem cakram 80.000
image

image

Total biaya : 1.486.000
Trus ada biaya lain yang belum tercover seperti
Ganti bosh dumper gir belakang model drat +jasa 150.000
Batang Shock breaker depan + seal+ ongkos 400.000 an
ganti aki 250.000

Hasilnya tiger sudah bisa berlari ringan… iseng jajal eh masih bisa 125 kpj dengan kondisi jalanan bumpy (jajal di BKT marunda pagi banget) kalau nyali lebih mungkin bisalah 130 lebih… padahal dirute ini ninja bisa 140kpj lebih dan ga terbang-terbang seperti tiger 🙂
Critanya pas mau nyalip NVL doinya ga trima dan malah downshift tinggiin rpm… perlahan SF yg dibelakangya menguntit hingga 110 kpj si tiger tua  ternyata bisa melewati NVL ini dan meninggalkannya…. terusin deh sampai 125 kpj….jaraknya sepertinya makin jauh karena suara NVL dah ga kedengeran. Ada kemungkinan pengemudi vixion ini jiper dengan kondisi jalanan yang bumpy. Maklum bobot NVL lebih ringan jadi makin terasa lompat lompat 🙂
Tapi ini dah lewat masa inreyen, busa filter aftermarket, kondisi oversize 50 dan kata mekaniknya spuyer dah disesuaikan. Eh ya… satu lagi… judger spring dah dilepas jadi tarikannya ganas :-). Soal borosnya jangan ditanya lagi 1:25 lah… ! bahkan sering ga dapet segitu 🙂 .
Ga jadi dipensiunkan dah…. lah wong bisa kembali sehat
PR selanjutnya :
– Ganti rantai karena dah molor hampir mentok setelannya (perkiraan 200rban). Gir sinnob dipertahankan karena ga melengkung/lancip.
– Ganti tangki kalau bocor parah (perkiraan harga 600rban)
– Benerin velg belakang yang kancingan girnya hampir habis (perkiraan biaya plus bushing dumper 200rban)
– Ganti ban belakang 120 karena yang dipakai sekarang (130/70) sedikit nempel rantai kalau setelan ban di luruskan (perkiran biaya 300rban)

Perkiraan biaya diatas bisa dijadikan perkiraan jika ingin mengembalikan performa tiger lawas anda. Ya lumayan lah daripada beli motor baru yang kudu nambah 15 jtan 🙂

Posted from WordPress for Android

61 thoughts on “Pengen Tau Biaya Restorasi Tiger Lawas? Monggo disimak”

  1. hahah bukan rahasia umum lagi rider yamaha terutama vixion klo lagi disalip banyak ga terimanya apalagi yang nyalip simotor tua tiger. heheh ini fakta lo saya sering tuh lihatnya dan belakangan si bison pun ikut ikutan .mungkin karena sebagaian besar rider nvl dan vixion anak muda.

    1. tapi bener kata bung SF, bawa vixi di jalan bergelombang rasanya lompat-lompat mau terbang, hihiihi…cuman ya menang entengnya itu, buat dalkot kaya bawa bebek bisa menyelinap

  2. banyak part yg harganya gak wajar alias kemahalan.
    saya contohkan.
    – packing top set itu sudah termasuk seal klep lho..
    harganya 50 ribuan, orisinil kumplit.
    – skir klep biasanya 20rb (2 buah klep), kalo di beres diatas 50 rb.
    – karet tensioner KW 25 rb, ori 150.

  3. untuk yg PR.
    – sebaiknya beli tangki KW, 300-350rb
    – rantai indopart kayanya gak sampe 150
    – soal bensin… buset boros amat tigernya 1:25 (mungkin juga 1:20), masih iritan ninja 150cc 2 tak 😀

  4. wew mahalnya…., kemahalan….
    ane jg sering tuh ketemu rider vixi panasan, tp walau motor ane 150cc 2 klep, soal aksel bs makin rider vixi naik darah, apalagi kl dah ketemu trek panjang, vixi semakin kebelakang, wkkk…

    1. tapi lebih aman dibikin cerukan di piston buat ruang gerak klep.
      tapi kalo asal pasang plek malah banyak yg justru gak merasakan faedahnya.

  5. owww…….lumayan gan..maklum udah uzur jadi ada2 aja penyakitnya..sama2 naik macan juga :p
    pengen jajan sok belakang tapi nggak ada yang pas ne selera..heheheh niat boyong punya tirev tapi kemahalen.dan tanggung tabunya masih oli,.eh kalo pake tvs anting shocknya bisa di ganti nggak yah..pngen pake punya TVS namun ntar ke tinggian macan ane 😀

  6. kirain cuman ane yg ngrasa tiger lawas piaraan yg sering bisa ngadalin vixie ternyata dalam kondisi mesin ok 200 cc yg diatas kertas emang harusnya bisa di depan emang beneran bisa.
    ane baru 3 kali kayanya ketemu vixion pcicilan. sisanya ane semangat dya kendor atau dy semangat ane kendor 😀
    ane anggep bisa ngimbangin karena dya itu mski 1506 cc kan turunan minarelli dan lahiran 2000 an lha tiger ane di stnk th pmbuatan nya th 95.
    malah pernah dipermalukan sesama tigernya,
    ane ga peccilan kok gan , merhatiin kondisi skitar juga.

  7. mas mau tanya kalau rantai kamrat bunyi tek tek tek pada saat mesin panas dari posisi gak di gas sampai rpm 3000 itu apa nya ya mas yg rusak? padahal tensioner sma kamrat dh ganti, dan tensioner udh dikencengin trus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.