Alasan Kenapa Macan Jadi Legenda , dan Akhirnya Terlupakan

image

Yup honda tiger ini yang mendobrak sport Indonesia saat itu. Disaat pabrikan lain masih main di motor treng..treng… alias motor 2 tak. Honda mengeluarkan Honda Tiger di Indonesia yang notabene merupakan replika moge. Siapa sih pecinta motor yang ga suka image moge?
Jitu banget strategi honda memasukkan honda tiger di 1993. Harga mahal yang bagi sebagian orang adalah prestige, deru mesin dan suara motor 4 tak CC besar terasa mewah , model neo klasik yang lain dibanding sport saat itu 🙂 . Pantas saja banyak yang kesemsem sama motor ini. Termasuk SF 🙂
Dimensi tiger tergolong besar… monggo bandingkan dengan motor naked saat itu rx king, gl max/pro, honda win, ninja 150 dll. Banyak pecinta modif tergiur dengan dimensi tiger ini… Basis honda tiger ternyata tidak susah untuk disulap ala moge… bermacam jenis moge baik sport fairing, turing bahkan chopper bisa diaplikasikan untuk tiger. Setelah melar bodinya… torsi tiger yang sudah 200cc sudah cukup mumpungi dan ga membuat performanya kedodoran. Jangan samakan dengan tiger sekarang yang partsnya sudah dilokalkan semua.

image
Screenshot pencarian modifikasi tiger di google

Karena kehadiran tiger dunia modif mengalami perkembangan pesat. Importir mulai mendatangkan limbah moge dari Singapura, toko asesori dihiasi oleh pernak pernik asesori tiger, bermacam-macam fairing nampak dipajang, begitu pula bermacam-macam box. Hal tersebut tak lepas dari tabloid motor yang mayoritas membahas soal modif tiger menyerupai moge . Standard saja sudah keren apalagi jika dimodif.
Tak salah jika akhirnya tiger melegenda, menjadi flagship honda, menjadi idaman dan kebanggaan banyak orang dan memunculkan banyak komunitas tiger berdiri.

Namun itu dulu….. sekarang nasib tiger sungguh merana.. Honda nampaknya mengabaikan nasib tiger ini… bertahun-tahun membiarkan tiger dibully produk lain yang lebih keren dan powerfull. Menungu..dan menunggu…. akhirnya barisan sakit hatipun bermunculan karena kesabaran sudah habis… tak terhitung berapa banyak kenalan SF yang dulunya loyalis tiger sekarang pindah kelain hati….
meski akhirnya honda memutuskan untuk mengupgrade tiger, SF tak yakin loyalis yang terlanjur sakit hati bakal balik meminang tiger.  Apalagi digosipkan oleh beberapa blogger tiger baru nanti akan pakai mesin tiger versi boreup 223cc …
kecuali tiger baru nantinya benar-benar fenomenal.

Dulu memiliki tiger adalah kebanggan.. sekarang? Orang yang beli tiger malah dianggap tersesat.. 🙂 boros,lemot,fitur jadul dan kualitas turun. Anggapan itu cukup wajar dan beralasan….secara tehnologi tiger sudah tertinggal dibanding motor lain tapi honda tetap PD membanderol tiger dengan harga mahal….

AHM tentu ga bisa disalahkan juga… namanya corporate tujuan utama ya jelas laba…. karena penjualannya ga selaris matic, bebek, dan lightsport ga salah juga dapat nomor urut terakhir untuk diremajakan.

Posted from WordPress for Android

27 thoughts on “Alasan Kenapa Macan Jadi Legenda , dan Akhirnya Terlupakan”

  1. Ahm gak salah, dia mau untung.
    Yg salah ya konsumen yg brandminded dan kurang info.
    Kalo ane sih bebas merk apa asal servis dan sperpart didukung.

  2. HTiger harus ganti mesin dari sohc menjadi dohc, mirip toyota kijang dengan mesin sohc 5k dan 7k kemudian diganti dengan mesin dohc.

  3. Sayangnya Shadow 200 varian Tiger bergaya touring masuk kesini cuma dalam bentuk CBU dengan harga selangit, padahal kalau 2-2nya CKD maka dominasinya akan lebih terjaga.

  4. yo wis di rawat saja bagi yang udah punya..kek ane 😀 ngidam VTR untuk gantiin tiger..tapi sayang udh termentahkan dengan bocoran2 bloger dengan kode CB230 nya..opo jadi cb223 yah..model cb japs bnget :D..menanti saja deh ne gimana pihak Aheemm buat gantiin tiger..

  5. Nggak lah soulnya tiger blm ada ngalihin , getaran dan raungan mesin masih galak di banding motor yang lain .

  6. Yang nulis ngak tahu mesin ya..he..he..he.., tiger itu ada kehebatan sendiri dibanding motor semprot yang lain, cuma aku ndak mau kasih tahu percuma and pasti ngeyel, ..he..he..he..

  7. ndak bisa ke lain ati… tinggal otak atik kiri kanan bagian pengapian, tenaga gk kalah ama motor2 sekarang. Dah sy buktikan sendiri, mesin msh standar tp bisa diadu ma “kalajengking” yg dah 235cc.
    TIGER emang jossss….

Leave a Reply

Your email address will not be published.