Modif tiger turing versi Smartfaiz

image

Bongkar-bongkar file lawas nemu foto utuh modif tiger milik SF saat lagi doyan-diloyannya turing. Ga pake bertele-tele SF jabarkan modif motor turing menurut SF.

1. Meningkatkan kenyamanan
Sektor kenyamanan adalah sektor yang paling wajib ditingkatkan… disini ada beberapa bagian yang diubah.
-Sektor kemudi dibikin senyaman mungkin. Karena SF ga suka nunduk SF tetap pertahankan handle bar ori namun ditambah raiser agar setang tambah menjulang keatas.
-Jok juga sangat vital untuk menentukan kenyamanan. Jok original afdolnya di tambah busa dan dibentuk ulang menyesuaikan kontur pantat pengendara. Jangan memakai model yang terlalu banyak jahitan karena akan menyerap air saat hujan deras.
-Sektor shockbreaker. Kalau memungkinkan ganti shock yang lebih empuk dan jarak main yang agak panjang. Kali ini SF cukup merekomendasikan Shock TVS apache tapi di pendekkan antingnya.
-Sektor depan. Untuk menghalau angin agar ga langsung menerpa tubuh pengendara yang dalam jangka waktu lama (bikin nambah capek). SF memasang windshield raksasa punya skutik. Agar manis dilihat penempatan sedemikian mungkin , SF sendiri menempatkannya rendah tepat diatas lampu utama dan posisi semiring mungkin. Ternyata windshield ini kumayan efektif menghalau angin nakal 🙂
image

2. Meningkatkan daya angkut barang bawaan
Untuk ini SF memasang rear box yang cukup luas Kappa 45. Selain untuk menyimpan barang bawaan , box ini sangat berguna untuk menambah kenyamanan pembonceng. SF sendiri memasang braket geser untuk boxnya, lumayan bisa buat sandaran pengemudi jika turing sendiri.
Jika box belakang masih kurang mumpungi. Dalam kasus SF saat itu turing honeymoon seminggu di Jogja bersama bundafaiz. SF menambahkan dengan sidebag… lumayan praktis ga perlu braket segala macem. Eh ya cari side bag yang tahan air ya.
Kalau umpama masih kurang bisa dipertimbangkan menambah tank bag yang juga berfungsi sebagai dudukan GPS anti air 🙂
3. Sektor mesin
SF sarankan hindari modif aneh-aneh yang bikin menurunnya ketahanan mesin. SF sendiri pasang  knalpot racing Silent Sport ditambah dengan penyesuaian spuyer. Cukup lumayan bikin panjang nafasnya. Saat akan berangkat turing pastikan motor dalam kondisi sehat, beri pelumasan bagi parts yang memerlukan, cek baut-baut siapa tahh ada yang kendor. Ga ada salahnya oli ganti baru.
4. Sektor safety
-sektor kaki-kaki SF memasang ban lebih lebar untuk meningkatkan daya cengkeram
-sektor pengereman SF memasang cakram lebar didepan dan mengganti rem tromol belakang menjadi cakram
-klakson diganti yang keras agar diperhatikan kendaraan yang akan disalip. SF sendiri memasang klakson stebel imitasi 🙂
-tingkatkan penerangan. SF sendiri ganti lampu depan dengan lampu H4 55/60watt
-untuk melindungi tangan SF tambahkan juga hand guard (meski fungsinya belum tentu kepakai) 🙂
image

5. Lain-lain
-SF memasang braket tempat minum didepan, sangat berguna saat haus sewaktu berkendara
-SF memasang jam tangan mini yang direkatkan di belakang windshield biar ga lupa waktu sholat
-dll

Bukan berarti motor standar bawaan pabrik ga cocok buat turing loh ya… berhubung SF orang seneng modif ga ada salahnya bikin motor bikin lebih nyaman buat turing.
Hal-hal tersebut diatas diperlukan untuk membangun sebuah motor yang nyaman buat turing menurut pengalaman SF. Tapi kalau mungkin pendapat sedukur berbeda monggo disampaikan saja.

NB:modif diatas sebagian sudah SF lengserkan karena kurang tepat diaplikasikan untuk motor harian

Posted from WordPress for Android

31 thoughts on “Modif tiger turing versi Smartfaiz”

    1. Gerahnya ngga ngefek cuma menghindari hantaman angin berlebih . Handling juga ga seberapa pengaruh. Begitupula speed. Kondisi gitu masih bisa lari 130kpj lebih boncengan 125kpj dengan beban bawaan full loaded…saat itu mesin masih seger

  1. bro,
    ati2 sama breket geser, dulu ane sama bini boncengan pernah patah dan box jadi bergelayutan. untung gak sampe putus dan bisa terselamatkan.
    akhirnya breket geser diperkuat dan ditambahkan besi lagi supaya tokcer

  2. Kalo ane udah lewat masa2nya turing pk motor….. Udah cukup puas, Udah tua, badan udah mulai gampang masuk angin…. Enakan pk mobil…. :D, mungkin kalo punya moge bakalan lain ceritanya,
    kalo cape tinggal minggir dimana aja, trus rebahin joknya….

  3. Kalau hid projie 3000k termasuk safty ridding gk om?
    Apa modif alay itu?

    Salam sesama macan ompong
    😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.