Tips beli ninja 250 bekas

image

Beberapa hari lalu ada permintaan pengunjung warung berbagi tips berburu ninja 250 bekas… OK lah SF coba bikinin… Karena SF cuma berpengalaman beli ninja 250 karbu bekas, ya SF share yang satu ini.
1. Hindari pembelian ninja yang telah menggunakan parts racing terutama tci racing. Tci racing benar2 menabrak batas maksimal kemampuan motor. Bayangkan saja 13 rb RPM sudah sangat luar biasa untuk motor standar. Dengan TCI racing RPM bisa nembus 15rb RPM… material standar ninja terutama klep riskan tipis. Secara logika .. kalau sudah main parts racing semisal tci raxing/open filter dll berarti ridernya suka memaksa motor dalam batas maksimal. Sedikit beda dengan knalpot aftermarket.. banyak yang memakainya karena sensasi suara moge.
2. Beberapa rider mengeluhkan kampas kopling ninja yang gampang selip… untuk motor bertenaga sebesar ninja cukup mudah untuk cek kopling selip coba jalan pelan trus masukkan gigi 2 -3 dan gas mendadak hingga redline kalau deru mesin menjerit tapi laju ngempos ya kampas dah kena tuh.
3. Sedapat mungkin mendapatkan motor dengan odometer rendah. Tapi awas tertipu. Banyak rider ninja ganti spedometer variasi dan spedo asli disimpan sehingga KM tetap rendah. Pas mau dijual spedo dibalikkan standar. Misalkan saja motor diakui masih jalan 7000km, segera intip bannya kudunya alur masih tebal. Trus setelan rantai juga harusnya masih sisa banyak. Punya SF semenjak beli hingga 8000km belum stel rantai blas πŸ™‚ padahal ban ukuran gambot.
4. Sektor mesin … jangan sampai asap putih terlihat dari moncong knalpot. Suara juga harusnya untuk motor usia muda masih halus. Eh ya cek juga kekentalan olinya… beberapa penjual nakal sengaja memasukkan oli sangat kental agar suara mesin motor terdengar halus. Towel saja dikit kalau kurang yakin.
5. Teliti bener bodi motor yang menggunakan cutting stiker.Β  Apalagi yang pasang cutting stiker di pinggir jalan , resiko bodi baret. Cek juga kerenggangan antar sambungan bodi.. harusnya kalau motor belum pernah kecelakaan sambungan antar bodi masih rapet. Cek hal sepele lainnya .. shock bocor/tidak, ujung footstep/knalpot,handel bar ada bekas jatuh ga..
6. Bonus variasi motor tentunya OK tapi minta juga parts originalnya. Mengingat Ninja karbu dah ga diproduksi lagi. Lambat laun sparepart akan semakin susah dicari apalagi variasinya.
7. Cek kelengkapan toolsboxnya.
8. Yang ga kalah penting cek keabsahan dokumen motor, cocokkan nomor mesin/rangkaΒ  dengan bpkb/stnk. Usahakan beli langaung ke penjualnya sendiri. Selain bisa dapat lebih murah barang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
9. Kalau kurang PD meminang ninja sendirian.. mending ajak montir cek kondisi barangnya…
10. Semakin kondisi afdol diatas ga terpenuhi, ya makin diturunin saja harganya nawarnya

Sementara itu saja yang bisa SF share… monggo jika ada yang mau nambahkan. Maklum bikin artikel twngah malam… sambil setengah ngantuk pastinya πŸ™‚
BTW SF cukup beruntung bisa membeli Ninja bekas yang KMnya baru 600km dengan harga selisih 7-8jt rupiah dibanding baru… πŸ™‚ yah namanya jodoh…

Posted from WordPress for Android

39 thoughts on “Tips beli ninja 250 bekas”

    1. Alhamdulillah motor saya bukan tipuan.. bekas2 baut ga ada lecetnya, toolkits masih gress dalam plastik yg belum dibuka. Sayang helm jaket dan helm ga dikasih… kalaupundikasih paling ga saya pake…. jaket kekecilan, helm ga flipup ngrepotin buat biker berkacamata :-).. dan enaknya ga pake inden… jaman segitu beli ninja masih inden lama πŸ™‚

  1. gan, kira” setelah R25 keluar harga ninja seken turun gk..? di malaang sekennya masih mahal, kemarin ada th 2010 minta 41 jt…….

    1. Beberapa tahun lalu saya beli si bolot 38 jt masih kinyis seperti baru … eh sekarang maoah naik… edunnnn πŸ™‚ eh ya di surabaya juga masih mahal… saat di jakarta saya dapet 38jt di surabaya masih nangkring di 42.5 jt… untuk biaya balik nama masih sisa tuh selisihnya πŸ™‚

  2. poin no.4
    oli kental.
    biasanya yg kental itu oli gardan truk.
    kalo ditaruh ke mesin dijamin suara halus bak syahrini, tapi power juga sehalus syahrini, haha

  3. Ninja emang bgus,tp suku cadangnya jg bgus harganya….mlik ane ta jual,gnti mobil.lha wong harga suku cadangnya selisih ga bnyk,bhan bakar jg hmpir sama honda city.hehehehe.Tp thanx kawasaki…yg udah ksh sensasi balap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.