Perasaan suara ER6 kok ga merdu ya…. ?

Minggu lalu SF boncengan dengan bundafaiz berburu keperluan aquarium di kawasan harapan indah bekasi. Karena sekalian cari sarapan pagi SF sengaja memacu spin dalam kecepatan rendah. Tiba2 di arah belakang SF mendengar motor yang bersuara gahar dan berisik… sekilas SF pikir itu suara knalpot satria FU berknalpot racing tapi sedikit curiga kok lebih berat ya dentumannya… suara tambah deket kok rasanya seperti ninja 250 tapi suara tidak se stereo ninja 250. Begitu nyalip eh ternyata ER6… abis gitu ER6 hitam ini putar balik sambil bleyer-bleyer… (bawa moge ga bleyer rasanya gimana gitu…*kali ya 🙂 )

image
Ilustrasi dari google

Nah kesempatan… SF racuni bundafaiz…” Bund gagah ya ER 6 itu…” “ngga ah masih gagah ninjanya papa, yang itu ga ada fairingnya jadi kaya motor biasa… lagian suaranya ga enak blas berisik malah ga kaya moge”
Setelah SF tela’ah omongannya bunda.. eh bener juga ya… suaranya kok malah merdu ninja 250… suara ER 6 memang gahar.. tapi saking gaharnya malah mengaburkan suara mesin big twinnya…
Sampai dirumah SF googling suara ER6 dan membandingkan dengan suara ninja 250 berknalpot bermerk sama… perasaan memang lebih enak Ninja 250 sih….

Er6 knalpot akrapovic (dengan&tanpa db killer)

ninja 250 dengan akrapovic (dengan&tanpa db killer)

Dalam pendengaran SF suara ER6 memang gahar dan suara ninja 250 lebih jinak. Nah suara gahar di ER6 itu yang sedikit mengaburkan suara mesin 2 silinder… bundaSF yang awam soal motor juga mengamini hal tersebut….
lebih enak suara ninja SF yang kalem ga urakan… malah kaya moge katanya 🙂

Meski konstruksi mesin sama , namun kapasitas mesin dan knalpot beda..
Tendangan dari ruang bakar yang lebih besar plus knalpot lebih pendek ternyata bikin suara kurang merdu…. IMHO
Monggo bandingkan suara ER6 dan N250 denvan macam2 knalpot di youtube

 

Posted from WordPress for Android

40 thoughts on “Perasaan suara ER6 kok ga merdu ya…. ?”

    1. Iya itu yg saya sering denger ganti suara knalpot memang gahar tapi stereonya kok ketutup saking gaharnya. Saya juga kepincut sama er6 ini… klo saya bukan pendatang mungkin lain cerita… repot kalau dinesnya masih pindah pindah… kalaupun minang er6 paling bikin knalpot custom model sekat… biar mogenya masih kerasa

      1. Sbnrnya kalau tampang (muka) cenderung aneh penampakannua, tapi dr tangki ke belakang futuristis banget. Otot2 nya keliatan kekar.
        Kalau ay lbh suka yg fairingnya dr sisi penampakan, lebih proporsional gantengnya

      1. Inline sama vtwin/Ltwin beda loh… inline lebih teratur rapet, v twin sedikit ga beraturan. Timing dan gerak naik turun pistonnya beda. Apalagi ngomongin masalah beda jumlah silinder makin jauh bedanya

      2. iya om emg ada inline yg gk merdu gtw tuh faktornya apa mgkin faktor jeroan mesin. coba deh ente bandingin r1 sama zx10 sama fireblade 😀
        jauh om 😀 r1 kasar. katanya sih faktor make fitur motojipi punya m1 crossplane crancshaft.
        kalo vtwin sama Ltwin kasar kaya tiger make knalpot racing wkwkwkwk piss ah

    1. Dibikin kalem sih bisa tapi tetap lebih gahar er6 dibanding ninja 250 … itu dari pengalaman beberapa kali nguntit ER6 sih. Perasaan stereonya lebih jelas di ninja. Beberapa kali surf di youtube juga gitu. Lebih manteb knalpot berdb killer untuk ER6 sepertinya… jadi elegan

      1. Bener suara stereonya lbh ada d n250, klo 650 itu stereonya dikit, lebih kedengeran gelegarnya.. Suara gelegarnya itu berlaku utk rpm 1000-4000 di atas itu suaranya somehow mulai menjinak entah hanya d kuping rider atau gmn saya gk tau di ikuti jambakannya yg berasa 3x lipetnya n250..

  1. Mungkin gak terawat mas, tapi IMHO kalau mau suara motor merdu jangan di tancepin knalpot tapi pake seruling bambu suaranya lebih merdu dan mendayu kwkwkwkwkwkwkwk

  2. Seandainya yg melintas R6 bukan ER6 mungkin akan lebih mudah mempengaruhi bunda faiz, karena suaranya lebih merdu dan gagah karena berfairing.

  3. 125cc vs 300cc om. mungkin pengaruh suara yang lebih besar jadi agak menutupi suara “2 silinder segaris”
    trus dilapangan juga kebanyakan ninja250 lebih sering menggunakan RPM lebih tinggi daripada er6. liat er6 pun lebih sering menggunakan rpm rendah buat jalan.

    1. betoel ini. Kalo Er6 tarik gas dikit jossssssss.. kalo ninja 250 musti diurut baru dibetot sampai rpm tinggi biar josss, itupun pada akhirnya tetep lebih joss er6n secara moge gitu loh xDDDD
      diferensiasi karakter antara streetbike sama sportbike.. makanya gue agak bingung, kenapa karakter tenaganya Z250 sama persis kayak N250FI (musti ngurut), padahal harusnya dibikin kayak ER6n, buka sitik jossss

  4. 2 cyl dng piston segede gaban …… suara lbh menggelegar …….seakan mengurangi irama suara stereo twin cyl nya …….
    …….650cc masbro konvigurasi inline twin cyl ……. coba kalau konvigurasi V atau L twin bisa jadi akan berbeda …….

  5. Numpang komen lagi bro..
    Ninja 250 karbu sama FI pun terasa bedanya..
    Ane ngerasa kalau ninja karbu lebih merdu daripada FI, terutama soal siulannya hehehe
    Puteran atas si karbu multisilindernya bener2 nyaring, klo yg FI agak ngebas

  6. memang gtu om,,soalnya ane dah dnger sndiri..aye kira malah kaya grand pake knalpot ecek ecek 50rban eh trnyata.. Er6n,trus yg bawa kaya masih smp gitu,ceweknya cakep lgi . Gila!

  7. imho, suara er6n & ninja 250 mirip, hanya er6n lebih padat, er6n soal suara mungkin tergantung knalpot kali ya, soalnya pake akrapovic masih terdengar stereo nya koq. er6n enak buat ngeblar, ninja 250 ga bisa ngeblar krn rpm bawahnya lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.