Estrella… model jadul, eh performanya juga jadul…

image

Karakter overstroke, injeksi, kapasitas mesin 250cc…. kudunya sih tenaga okelah untuk motor turing. Meski power bukan yang utama untuk motor retro klasik seperti estrella ini. Tapi bukan berarti mesin kudu mubazir kan ?
Sebelumnya cek dulu deh speknya yang sf dapet dari hasil googling

image

SF rasa karena diproduksi di Jepang itulah estrella jadi underpowered… monggo cari info sendiri soal penyunatan tenaga motor hingga limiter yang ga manusiawi pada motor hingga motor 1000cc ga jauh top speednya dibanding motor 600cc. Bukan hanya itu… suara motor juga ikutan disunat sampai hampir ga bersuara. Gimana kalau motor produksi Jepun di launch di Indonesia?
Setelah dijajal oleh motor.otomotifnet.com ternyata powernya 11-12 alias mirip tiger
Akselerasi estrella 0-100kpj butuh waktu 12.7 detik , tiger hanya butuh 12.6 detik (diukur dengan racelogic)
Topspeed  estrella 119.7kpj, tiger 119.2kpj (racelogic)
Konsumsi bensin estrella 1:28, tiger 1:33
Sumber performa estrella ada disini
Sumber performa tiger dari mas Taufik  dari tabloid cetak otomotif baca disini
Ga jauh kan?
Pembaca tentu tau honda tiger. Motor ini banyak dicibir sebagai motor lemot yang performanya kalah dibanding motor 150cc, sistem pengabutan bahan bakar juga masih pake karbu. Lah kalau estrella ini gimana?
Harusnya KMI remapping kembali motor ini agar powernya lebih reasonable untuk motor 250cc … ga perlu kencang tapi cukup wajar lah…

image

Motor apapun genrenya kalau tenaga lebih tentunya jadi nilai lebih. SF juga yakin kalau estrella dibekali mesin tiger sekalipun bakal lebih lemot lagi… suara dibekap sedemikian rupa agar ga berbunyi, tambahi catalyc converter, dll sehingga tenaga ikutan tersunat…. JDM gitu lohh….
SF sih jelasnya ngiler dengan estrella karena model dan kenyamanan yang ditawarkan tapi kalau harga 65 jt ya mikir berkali lipat…. under powerred, overprice, ga ada meteran bensin, ban cungkring, perawatan susah. Mending inazuma lah.
Ada beberapa masukan bagi calon peminang estrella.
Siapkan budget lebih untuk ganti knalpot… suara yang wajar lah jangan kaya knalpot bocor (itu yg ditulis diotomotifnet loh), ban lebih kekar kalau bisa tubeless masa motor 250cc ban cuma ukuran 110…
Jelasnya peminang estrella bukanlah sembarangan orang…. kudu bermental tangguh… SF saja jiper 🙂

Monggo di komeng

14 thoughts on “Estrella… model jadul, eh performanya juga jadul…”

  1. Faktor JDM jadi faktor terpenting tersunatnya performa. Suarane cupu banget. Tapi dengan basis kualitas mesin yang ada, Estrella berpotensi besar. Menurut KMI mereka memprediksi bahwa sebagian owner bakal mengcustom habis-habisan lagi. Baik dr segi tampilan dan performa. Ini sebabnya saat launching bbrp bengkel custom besar digandeng.

  2. Wajar lah… kalo di luar negeri yg udah maju yg penduduknya lbh punya martabat dan disiplin tinggi, faktor safety dan ramah lingkungan itu nomor satu dan gak bisa ditawar2. Terlebih emang motor ginian kaga buat kenceng2an, tp buat nyantai alias joyride. Lagian dari hrgnya pun udah ketahuan konsumen tipe apa dan tingkat ekonomi mana yg disasar.

  3. nyumbang opini nih.. justru kalo pake motor gini bukan buat kenceng2an malah kudu pelan biar keliatan ama orang2 klasiknya… 11-12 kyk naek vespa lah.. haha

  4. Jauh bgt harganya dibanding inazuma 47jt. Orang banyak duit itu artinya orang pinter, dan orang pinter ga akan ngabisin duitnya buat beli penampilan motor doank.. haha.. sependapat gw sama yg nulis. Inazuma jauh lebih keren..

Leave a Reply

Your email address will not be published.