Mobilio dan Ertiga dalam sudut pandang pemula

Beberapa kali SF duduk dibelakang kemudi mobilio untuk merasakan sensasi produk honda. Ga sampai mobil melaju sih…. cukip tongkrongin di pameran saja… begitupula ertiga… yang hanya jajal di dealer suzuki…
Bagaimana kesan yang SF tangkap sebagai pemain baru yang jelasnya kurang pengalaman di dunia roda 4?
Eksterior : mobilio lebih sporty alias ganteng, ertiga lebih elegan dan lebih manis. Untuk ini SF lebih sreg ke mobilio

image

Interior : jujur saja saat pertama merasakan duduk dikokpit mobilio seri tertinggi, SF langsung ilfil . Mungkin warna hitam di dasboard yang kesannya kurang mewah plus finishing yang kurang menarik bikin SF ga klik. Sungguh berbeda jauh dengan ertiga…. kesan mewah … coklat krem langsung bikin nyaman dihati… peletakan head unit, knob ac, speedometer, dll telak mengalahkan mobilio.

image

Fitur : SF kurang ngeh soal ini… seperti hampir seimbang lah antara ertiga dan mobilio.
Mesin: meski SOHC namun mobilio menawarkan power yang kebih besar.. maklum mesinnya 1500cc dibanding ertiga yang hanya 1400cc. Namun hebatnya konsumsi bensin mobilio konon sama bahkan bisa lebih irit disaat tertentu dibanding ertiga… jelasnya soal ini sepertinya SF lebih menjagokan mobilio.
Lain-lain: diskon suzuki besar-besaran untuk mengatasi mobilio nampaknya cukup menggiurkan…. bagaimana tidak saat SF iseng menanyakan harga ertiga tipe teratas langsung ditawari cashback 13jt plus bonus assesori sekitar 5 jtan… bahkan denger-denger potongan cash bisa lebih tinggi lagi!

Bagi yang mencari kenyamanan dalam kabin sepertinya ertiga cukup bisa dilirik dan budget lebih terbatas, sedangkan yang memprioritaskan performa serta tampilan luar yang lebih sporty bisa mempertimbangkan mobilio….
Kalau SF sendiri milih mana? Coba tebak?

49 thoughts on “Mobilio dan Ertiga dalam sudut pandang pemula”

    1. Tapi setwlah diamati secara seksama ada yang aneh dengan garis desain mobilio… liat garis memantang miring disebelah bawah agak kedepan spion… garis lurus tabrakan dengan lengkungan diatas ban… agak maksa ya

  1. Soal fitur lebih komplit r3 gan. Dashboardnya ada multi info display (temp, konsumsi bensin dll) , integrated audio system, dan audio steer button. Buat value for money jelas menang r3.

  2. seandainya mobilio tampak depan sama desain dasboardnya ambil punya city. mesinnya kan udah tuh …
    tengah ke belakang udah pas lah. apalagi buritannya yang X3 Look.
    lalu fitur ece-ece seperti autolock, dll dilengkapi mungkin bisa nyalip avanza di puncak klasemen.
    banyak yang ilfeel sama interiornya, padahal tertarik sama exterior dan mesinnya.

  3. Kalo pilih ganteng bakalan ke mobilio, kalo pilih fitur bakalan ke ertiga, kalau pilih resale value tetep ke produk Astra 😀

  4. sampai saat ini sih masih vote ertiga, kenapa?
    dari dimensi lebarnya aja udah keliatan. mobilio masih sebesar brio, cuman wheelbasenya dimelarin. sedangkan ertiga seukuran duo kembar astra.

    udah pernah duduk didalem mobilio, terasa sempitnya. tertolong sedikit karena posisi duduk yang bikin bahu ada diatas side moulding jendela jadi efeknya seperti ruangan luas. dengkul masih kepentok ama yang duduk disebelah, ga bisa lebar2.

    kalo ertiga kita berasa ada didalem interior, kaya tenggelem. posisinya mirip banget sama suzy aerio.

    kalo engine, gak ada masalah. toh honda selalu punya power lebih besar tapi dikebiri sama transmisi yang ga bisa ngerev tinggi. untuk kondisi standar ting2, gak signifikan bedanya.

    harusnya honda ngelanjutin bikin stream, bukan mobilio. best mpv lah kalo menurut saya dari pabrikan honda.

    1. stream udah pernah dicoba dimasukin gan tapi kalo dijual ga bisa soalnya harganya bakal melambung, makanya yang dikeluarin si freed

  5. setelah tau sendiri MOBILIO, saya bisa menilai mobil yg katanya orang itu sporty kok kesannya nabrak-nabrak gitu desainnya.
    ya selera sih, tapi masa iya garis-garis body mobil sporty bisa amburadul gitu.
    masih luwes garis body jazz RS sih :p

  6. klo ..saya seh…mending ertiga, krn klo liat harga part Honda kan….bikin alis mengkeret, klo Suzuki skrg sih…lumayan terjangkau hrg part nya….

  7. Hahahahaha….. gak ada yg sempurna dari semua pilihan yg ada di pasaran, baik itu duo Astra, Ertiga, Mobilio, maupun Spin. Bingung juga kalo disuruh milih. Tp bakal gampang kalo semisal diksh cash back nya paling gede yg mana? Hahahahahahaha……..

  8. aku milih ertiga daripada mobilio ssoalnya ertiga semuanya bagus dasbornya tertata apik gak kaya mobilio ac pengemudinya aneh ada yang naik ada yang turun.ertiga gx elegant aja udah bagus apik cocok dengan namanye kuat nanjak lagi ertiga daripada GL hayoo pilih mana ertiga atau mobilio atau GL

  9. tidak ada yg sempurna, pilih mobilio tp interior g sreg. mau pilih ertiga tp exterior krg pas. itulah selera, g bs sm antara 1 dan yg lain.
    tp trs terang, kl exterior dari dpn dan blakang mobilio asik banget. tp dr sampingnya itu loh…, hadu…h sporty apanya???? cb aja bikin polos atau kayak xen/avz aja, pasti manis banget.

    1. Lebih nyaman mobilio banget, terutama aC nya, kemudinya oke punya, soal interior, mobilio lbh sporty, trkesan gagah. Akselerasi? Ga perlu ditanyakan, oke banget dan irit!

Leave a Reply

Your email address will not be published.