Full Review Suzuki Ertiga GX 2013 (bag I. Interior dan fitur)

Alhamdulillah SF masih dititipi rejeki dari Allah sebuah mobil Ertiga. Meski bekas namun cukup disyukuri. Berikut review masing-masing aspek dari sudut pandang SF.

image

Interior dan fitur 
-Begitu duduk dibangku pengemudi SF segera dimanjakan oleh kesan mewah pada dashboard…. jujur saja ga kalah dibanding Livina maupun Innova. Dasboard kulit jeruk warna abu-abu di kombinasikan warna kopi susu dengan finishing cukup apik bikin betah didalam mobil. Kesan mewah makin mencolok berpadu dengan lampu kabin berwarna kuning kejinggaan bersih yang dilengkapi dimmer.

image

-Konsol speedometer digital adalah pertama yang SF rasakan  (motor dan mobil SF semuanya blm ada speedo digital ) informasi yang ditawarkan cukup lengkap ada sisi kiri ada RPM, sisi kanan penunjuk kecepatan, sedangkan ditengah terdapat angka digital berisi informasi jarak tempuh, konsumsi bensin real time dan rata-rata, penunjuk waktu,dan suhu. Berbagai simbol pengingat juga ada diantaranya peringatan seatbelt, ABS, Oli, temperatur, lampu jauh dekat, sein, dll.
-Jok pengemudi ertiga tipe GX menawarkan kelebihan yakni bisa diatur naik turun secara hidrolis, maju mundur, juga kemiringan sandaran, sandaran kepala juga bisa diatur ketinggiannya. Kondisi jok ertiga lumayan keras.. mungkin SF bandingkan dengan taruna yang joknya tebal dan sangat empuk. Mungkin karena mobil masih baru 5000km jadi busa jok masih keras. Jok tengah dapat diatur maju mundur hingga 24 cm… ini yang sangat SF suka… kondisi sehari-hari kondisi jok tengah SF mentokkan kebelakang sehingga ruang tengah sangat lapang.. konsekwensinya kursi baris ketiga tidak dapat dihuni orang dewasa…. paling dipakai si Faiz dan Nafis untuk bercengkrama dibelakang. Akses baris ketiga bisa dilakukan dengan tombol di samping atas jok tengah. Tombol geser ini berfungsi untuk melipat sandaran dan menggeser jok tengah kearah depan sehingga memudahkan penumpang belakang untuk naik turun. Di jok tengah terdapat sandaran tangan yang bisa dilipat kedalam jika tak dipakai.

image

-Safety belt dapat diatur ketinggiannya… ini berguna loh.. saat di Taruna dulu ga bisa diatur sehingga pinggiran belt menyenggol bagian leher sehingga ga nyaman untuk perjalanan jauh. Safetybealt/Seatbelt tersedia di 7 titik, 2 depan, 3 tengah dan 2 belakang.
-disetiap tempat duduk penumpang disediakan cup holder dan ruang penyimpanan. Bagi yang suka minuman dingin di bawah kisi ac dashboard sebelah kiri disediakan cup holder lipat.
-ruang bagasi dibelakang kursi baris ketiga cukup sempit. Dibawah dek ada ruang memanjang tersembunyi yang cukup untuk menyimpan payung, peralatan tempur,kotak p3K atau bahkan harta berharga. Sedangkan di dinding kanan juga terdapat ruang tertutup untuk menyimpan dongkrak dan kunci-kunci.

image

-Untuk sektor kemudi dapat diatur sudut kemiringannya. Pada kemudi terdapat beberapa tombol untuk pengaturan head unit diantaranya tombol naik/turun volume, tombol next/back, tombol menu dan mute… lumayan tombol ini ga merusak konsentrasi saat si kecil minta ganti-ganti lagu atau film. Jangan kuatir tombol-tombol ini masih bisa difungsikan ketika head unit diganti aftermarket. Head unit doubledin ertiga cukup mubazir karena layarnya ga bisa buat nonton… jadinya SF segera menggantinya dengan headunit aftermarket meek Rodek untuk ertiga. Suara speaker bawaan sudah komplit (4 speaker utama + 2 tweeter). Jadinya untuk upgrade sektor ini SF cukup menambah speaker active Xplode dan 2 tweeter tambahan. Sayang karena speaker active ditempatkan dibawah jok saat bass di set agak tinggi keluar bunyi getaran di area sekitar jok termasuk dari dortrimnya.
-kaca depan cukup landai dan luas, namun sayang pilar A cukup bikin blindspot. Tapi menurut adik SF yang posturnya lebih kecil ga masalah tuh. Mungkin karena SF terbiasa memundurkan kursi pengemudi cukup jauh bikin pandangan SF terganggu pilar A ini.
-di dortrim supir terdapat pengaturan spion electric berbentuk knob… untuk pengoperasiannya cukup mudah putar knob kekanan atau kiri sesuai dengan spion yang ingin diatur lalu arahkan knob seperti joystik untuk mengatur kaca spion. Sayangnya tidak ada fitur melipat secara electric… jadi spion cuma bisa dilipat manual… itupun ga bisa dilipat penuh. Kalah sama Taruna 2013 πŸ™‚
-pengaturan power windows dan central lock juga terdapat di doortrim pengemudi. Pada mobil lain kunci kanan depan mengatur pergerakan kunci pintu lain, tapi tidak di ertiga… ada tombol khusus terpisah untuk mengunci pintu dan jendela yang lain. Kelemahannya tidak ada fitur autolock pada ertiga. Padahal Taruna SF yang usianya 10 tahun lebih tua punya fitur autolock. Jadi kalau pengemudi lupa mengunci pintu, saat mengerem central lock akan berfungsi secara otomatis. Fungsi power windows ertiga juga punya kelemahan. Yakni tidak bisa menutup otomatis setelah dibuka penuh. Jadi saat setelah bayar tol atau parkir, switch power window harus ditahan hingga kaca menutup.
-fitur AC ertiga cukup kumplit, arah hembusan AC dapat diatur, ke pengemudi saja, ruang kaki dan kabin, hingga ke kaca depan… hal ini berguna saat hujan untuk mencegah kaca depan berembun. Udara yang dihembuskan AC ertiga cukup nyess dinginnya…. kondisi full siang hari hanya pada permulaan saja SF stel di blower kedua, setelah itu cukip pada pengaturan blower paling rendah. Bahkan saat keluar malam, blower belakang SF matikan karena si kecil kedinginan.
-tombol lain yang ada di dashboard meliputi tombol lampu darurat diatas headunit, tombol foglamp di bawah setir sebelah kanan.
-pengaturan wiper depan belakang dan semprotan airnya ada di tongkat kiri di leher setir, sedangkan tongkat kanan seperti pada mobil lainnya untuk mengatur lampu.
-Jok bagian bawah ertiga tidak dapat dilipat total. Hanya sandaran kursi tengah dan belakang saja yang bisa dilipat. Ruang penyimpanan barang memang menjadi luas.., tapi sayang bagian belakang sandaran kursi beresiko kotor atau rusak jika dipakai untuk menaruh barang berat atau kotor.
-Fitur lain yang ditawarkan Ertiga yakni, drive by wire jadi ga kuatir kabel gas putus, ABS dan EBS, dual airbag, kopling hidrolis, electric power steering.
-immobilizer key dan alarm… fitur keamanan tambahan bagi ertiga… konon ertiga ga dapat dinyalakan tanpa kunci orinya… ga enaknya ga bisa duplikat kunci dipinggir jalan πŸ™‚
-Ruangan kabin ertiga lumayan kedap suara… suara diluar dapat diredam dengan baik. Ketiadaan gardan juga bikin Ertiga bebas suara dengungan… Saking kedapnya saat menutup pintu terakhir agak susah karena mendal alias mantul jika kurang keras nutupnya.

Cukup panjang juga ya review interior dan fitur Ertiga GX 2003 ini… untuk review exterior dan kesan selama berkendara SF bikin di artikel terpisah ya….

Monggo ditambahi jika sekiranya ada yang terlewat.

44 thoughts on “Full Review Suzuki Ertiga GX 2013 (bag I. Interior dan fitur)”

  1. Cukup panjang juga ya review interior dan fitur Ertiga GX 2003 ini… untuk review exterior dan kesan selama berkendara SF bikin di artikel terpisah ya….
    ——————————————————————————————————————————
    lhoh kok

  2. sayang belum autolock..padahal mobil suzuki lawas ada..ya walaupun masih ada central lock setidaknya..
    sip om mantep reviewnya..overall memang interiornya berani bersaing dg mobil lebih mahal.. πŸ˜€

  3. kalo jok pengemudi full mundur, jok tengah dalam kondisi full mundur juga/ jok tengah agak maju masih nyaman nggak untuk yg dibelakang pengemudi?

  4. Mohon izin review ertiga dari sudut pandang penumpang gan. Saya booking satu tiket seat buat mudik turun di semarang yah. Setelah itu akan langsung terbit artikel impresi naik ertiga sebagai penumpang perjalanan jauh ddiblog saya hihihihihi…

  5. bro.. kasih ulasan upgrade sound systemnya dong. habis berapa dan dimana. itung itung buat referensi… thanks..

    1. Sound bawaan ertiga gx dah lumayan tinggal nambah speaker active saja. Harga sekitar 1.3jt merk xplode (katanya buatan sony) . Head unit kemaren pake rodek sekitar 2.3 jt. Trus tambah tweeter deh taruh di baris 2 biar treblenya merata. Sudah lumayan kok . Sayang saat volume digedhekan area sekitar doortrim kiri depan bergetar. Ini efek dari speaker active yang saya taruh dibawah jok depan kiri. Mungkin kalau speaker ditaruh di tempat agak terbuka suara getar bisa dihindari

  6. Kelebihan ertiga gx 1 lagi om.. Bisa buat kemping karena bangkunya bisa rata lantai πŸ™‚ itu yang saya incer soalnya sering nginep di luar.. Haha

  7. Bang. Headunit ertiga yg asli emg ga support bluetooth ye?? Trus tipe gx kanbisa dibilang tipe tertinggi. Tapi ko di ertiga ane blom ada parking sensor ya? Mohon percerahannya mastah

    1. Sepertinya ga ada ya..lupa saya.. baru beli dah saya bongkat HUnya… ertiga sejarang dreza yg tertinggi
      .. HU dah android. Ertiga GX lawas setau saya parking sensor bonus dari dealer/sales. Including gps garmin dan solarguard… ada juga yg kasih karpet dasar, ornamen2, sampai tambahan spoiler. Tergantung nego

Leave a Reply

Your email address will not be published.