Kawasaki kudu segera rapatkan pertahanan…. N250 wajib upgrade dan masuk kelas 150

KMI ga turun di matic yang merupakan segmen tergemuk, bebek juga ogah-ogahan, sport 150cc KMI ga ikutan juga, 2 tak yang penyokong penjualan juga dah di stop gantinya N250 mono dan SL mono (mono series), di bawahnya ada Ninja 250.

image

Terlihat jelas bahwa produk kawasaki sangat segmented….lupakan sejenak matic dan bebek karena ini bukan areanya kawasaki. 2 tak stop produksi dan digantikan 4 tak 250cc 1 silinder… dilema juga sih… market terenyah kawasaki karena ga ada pesaingnya tiba-tiba digantikan mono series yang secara harga jauh dibanding ninja 2tak, jelasnya pasar makin tersunat.
Ninja 250 2 silinder yang adem ayem menguasai pasar sejak 2008 tiba-tiba diserang R25 yang secara fitur dan performa terlihat superior! Kawasaki kudu segera berbenah!

Untuk mono series Ninja hanya berhadapan dengan CBR 250 yang penjualannya ngos-ngosan karena secara harga lumayan tinggi, toh unit ini masih baru bahkan SF belum melihat motor ini berkeliaran dijalan pasca peluncuran (hanya sekali melihat pas lagi diuji). Selain harga terlalu tinggi bagi sebuah produk yang menggantikan posisi ninja 2tak, riding position Ninja 250 mono juga sangat menunduk… ga semua rider suka motor gini loh, untung kawasaki juga mengekuarkan versi naked yang ramah bagi pinggang :).  Jadi masih perlu tunggu respon pasar mau diapakan produk ini.

Untuk N250 2 silinder nampaknya KMI kudu segera bertindak. Masalah performa sangat gampang bagi KMI membikin ninjanya melebihi R25.. lah ninja 250 gen awal tahun 80an berani bersaing dengan motor 4 silinder kok… lah tenaganya saja 39.4hp dengan bobot cuma 138. Kompresi nggilani 1:12,1… .Dengan upgrade performa melalui pembesaran kompresi serta pengaturan lubang masuk-buang serta penggantian beberapa parts seperti klep yang dikabarkan kurang kuat untuk performa tinggi, serta kopling yang dikabarkan rawan selip sepertinya bisa mengatasi performa R25. Apalagi ukuran bore Ninja 250 lebih tinggi dibanding R25. Jangan lupa gengsi Ninja sebagai produk impor, jangan lagi diserang beberapa komplain mengenai penurunan kualitas. Mengenai model sih masih tergantung selera… N250fi masih terlihat keren kok…. hanya saja karena sudah banyak bersliweran dijalan jadi R25 akan terlihat lebih menarik. Fitur pada Spedometer mungkin perlu diupdate juga… penunjuk waktu salah satunya yang lain bisa contek saja R25 πŸ™‚
Tentunya penambahan power dan fitur diatas diusahakan sedapat mungkin tidak menambah harga… kalau harganya jadi jauh diatas R25 ya… malah boomerang.

image

Untuk menyambung nafas tentunya kawasaki perlu masuk dikelas sport 150. Rasanya ga susah jika kawasaki ada niatan… bikin 2 versi, sport fairing dan naked… bisa menginventarisir kelebihan R15,NVL,CB150 hingga CBR 150 untuk ditemplokin ke produk barunya… tapi ingat jangan templokin kelebihan harganya πŸ™‚ . Kalau ga ikutan arus alias terjebak dipusaran air ya bakal makin nyungsep penjualan kawasaki.
Semoga dengan adanya persaingan diantara produsen, konsumen makin diuntungkan dengan harga yang tidak overpriced, kualitas baik dan serta fitur yang melimpah.

24 thoughts on “Kawasaki kudu segera rapatkan pertahanan…. N250 wajib upgrade dan masuk kelas 150”

  1. mungkin sudah saatnya dikeluarkan ninja 250 4 silinder,biar bungkam musuh2nya.sebab yg jadi lawannya skrng yamaha,dukungan 3s nya sdh mumpuni.

  2. kalo kawak nelurin 250 4syl sepertinya akan mubazir. karna ada regulasi buat motor pemula. seperti halnya gacoan the big four jaman dulu yg powernya trus2an disunat. cmiiw

  3. Ada pulsar 200 ko d kelas 150cc…
    Meskipun itu rebrandingnya bajaj, tp tetap oke. 150cc performa tinggi itu berat. Ane udah gila2an d Mpro jadul ane buat upgrade performa…. Akhirnya ambil jalan pintas aja, engine swap mesin tiger. Dengan pwr dibawah tiger, maka mpro 200 ane menjadi superior.
    Sama kasusnya dengan pulsar 200ns melawan 150ccnya yamaha-honda.
    Lini produk mereka lengkap. Kawasaki ga bakal bisa nyemplung disitu, kecuali blue oceannya alias main trail. Tp honda bisa dengan mudah masuk situ juga. Mesin nmp itu kan turunannya crf 150.
    Kecuali kawasaki mau sinting bikin mesin 150cc 2 silinder, ato kaya kasusnya fxr, tp mo dihargai berapa?
    Cara paling gampang ya itu, pakai pulsar 200ns aja…. Meskipun nanti diinjeksikan, palingan juga harganya ga jauh dr cb n vixion, malah tenaga boleh diadu sama cbr n R15. Dengan harga yg lebih murah.

  4. 250cc batasan pajak motor yang masih bersahabat , mau bikin flagship 250 yg diminati & di akui di indo ya memang harus berani bikin desain revolusiaoner , mesin canggih & harga bersahabat , opsinya 250 twin hi perf & hi value , kalo mau bikin 250 four udah ga boleh , selain output power ada batasan maks 2 cylinder untuk 250 *jarene πŸ˜€

  5. ga usah repot2 bikin mesin baru. pulsar 375 wae diboyong ke sisni dg harga 50 juta pasti r25 kelabakan secara torsi dan top speed msh unggul

Leave a Reply

Your email address will not be published.