Seberapa pentingkah undangan ATPM bagi blog ini?

Selama 3 tahun ngeblog seingat SF tak ada atpm motor yang mengundang SF untuk even-evennya. Entah karena memang blog ini memang kurang tenar,atau isi blog ini banyak yang mengkritik pedas produk-produk yang ga sesuai harapan,Β  atau atpm memang tahu kalau admin blog ini orangnya sok sibuk πŸ™‚ , atau jangan-jangan atpm takut produknya rusak gara-gara di test ride SF yang gedhenya seberuang iniΒ Β  :mrgreen:

image

Trenyuh ga diundang ATPM? Ndak juga…. SF bikin blog ini tujuannya nambah dulur, nambah ilmu, catatan harian, dan untuk menjaga kinerja otak.Β  Tapi kepengen juga diundang… bukan karena event ATPMnya loh… tapi karena pengen ketemu rekan-rekan blogger lainΒ  πŸ™‚
Sangat disayangkan jika ada blogger yang ga lagi objektif membuat tulisan gara-gara takut ga diundang atpm atau bahkan malah sungkan terhadap atpm tertentu karena sudah dikasih “sesuatu”.

Pemberitaan netral dan berimbang terhadap berbagai produk memang susah… tergantung latar belakang blogger juga…Β 
SF punya 4 piaraan spin 2007, tiger 2004, ninja 2009 dan ertiga 2013, dulunya ada taruna juga otomatis kelima produk itu yang sering SF bahas. Lah SF sering nulis berdasarkan pengalaman kok. Berhubung paling lama punya tiger ya segala kritikan, masukan, sampai cacian juga pujian paling banyak untuk tiger. Meski banyak yang SF beritakan negatif soal macan ompong, bukannya saya lantas benci tiger… lah sampai sekarang saja tigernya ga rela kalau sampai dijual… tetap jadi kendaraan utama SF.

image

Atpm emang merasa dirugikan? Short term mungkin iya… tapi kalau kritikan blogger terhadap kelemahan suatu produk diterima trus kelemahan produk tersebut diperbaiki , penjualan otomatis naik… atpm diuntungkan, image perusahaan pun meningkat.

Awal bikin blog, hits memang sesuatu bagi SF… bangganya bisa masuk 20 besar BOTD wordpress, senangnya artikel SF dibaca ribuan orang setiap hari. Seiring waktu kunjungan blog ini malah menurun. Beberapa bisa jadi penyebabnya… pagerank Smartf41z.com tiba-tiba kereset jadi 0 dari yang sebelumnya 2 gara-gara upgrade domain, apalagi soal alexa rank… ratusan ribu jeblognya πŸ™‚ . SF tak lagi nitip jemuran sono sini karena kesibukan kerja, banyak barisan sakit hati terhadap blog ini karena produknya diserang, dan pastinya artikel SF yang telat bahas suatu produk karena ga diundang ATPM saat peluncuran produk. Tapi apakah menjadikan SF “mutung”, gondok?trus jadinya males nulis?
Saat ini hits bukan prioritas di blog ini. Bikin artikel sepertinya jadi suatu tantangan dan kepuasan tersendiri bagi SF. Dengan kondisi seperti ini, otak rasanya dipaksa olah raga setiap hari.. kinerja otakpun terjaga dengan menulis setiap hari.

image

Jadilah blogger yang apa adanya, menulislah dari lubuk hati sendiri, bukan lubuk hati orang lain.
Hits memang sesuatu kebanggaan ( dan mungkin sumber penghasilan) ,
namun jangan sampai mengerdilkan kreasi blogger.

Indahnya berbagi….

34 thoughts on “Seberapa pentingkah undangan ATPM bagi blog ini?”

    1. Lah emang enjoy… kalau diundang kemungkinan besar juga ga datang. Hari kerja jelas pasti ga bisa… weekend ngurus aquascape , hewan piaraan, dan waktu untuk keluarga. Malah enak ga diundang

    1. Meski sudah tiba waktunya… biarlah tetap seperti ini…. nah bikin artikel yang bermutu itu yang susah πŸ™‚ kalah chanel, kalah sumber info, kalah waktu, kalah modal, kalah niat…. he3…. enjoy saja yang penting

Leave a Reply

Your email address will not be published.