Problem menerpa ertiga diesel di India, semoga masuk Indonesia sudah ditangani

image

Maruti Ertiga ZDi alias Suzuki Ertiga versi diesel mendapat beberapa komplain di India. Hal ini SF dapatkan saat berselancar di forum-forum yang membahas ertiga. Yang paling kesorot di google ada 2 problem yang dihadapi oleh pemilik ertiga yakni :
– tetesan oli dibawah mesin(baca disini dan disini juga)

image

– loss power pada rpm rendah (baca disini ) kemungkinan karena turbo lag (baca disini ). Nah mengenai turbo lag ini banyak yang mengeluhkannya… monggo saja google dengan keyword turbo lag ertiga. Tenaga ertiga diesel dibawah rpm 2000 terasa tertahan. Apalagi dipakai muatan penuh mobil makin terasa berat larinya.

Yang ga kalah banyak dikeluhkan dari maruti ertiga di India adalah masalah bengkel resminya yang tergolong lambat penanganannya.

Jika suzuki berniat memasarkan ertiga diesel ke Indonesia, semoga bisa dipastikan problem diatas ga terjadi. Begitu juga dengan bengkel resminya pelayanan dan ketersediaan suku cadang kudu diperhatikan.

Mobil diesel memang masih banyak penggemarnya, torsi sangat kuat bikin mobil ini ga perlu rpm tinggi untuk mengail tenaganya, mesin diesel terkenal awet dan perawatannya lebih mudah, yang kalah pentingnya mesin diesel terkenal irit! Ertiga diesel di India bisa mencapai 1:17 hingga 1:19 km/liter! Bahkan kalau stabil di tol bisa diatas 20km/liter! Pencapaian yang sungguh luar biasa..

image

speed juga dianggap remeh… bisa nyampai 170kpj loh!  sangat kencang untuk ukuran mpv

Sepertinya Ertiga desel bisa menjadi kuda hitam dalam pertarungan mobil mpv entry level di Indonesia… asalkan kualitas terjaga dan bebas problem tentunya….

Ertiga bensin saja sudah terasa irit apalagi yang diesel yakkk….

0 thoughts on “Problem menerpa ertiga diesel di India, semoga masuk Indonesia sudah ditangani”

Leave a Reply

Your email address will not be published.