Sebelum membeli knalpot untuk motor 2 silinder lebih baik dengar sendiri motor lain atau pesan custom sekalian agar karakter suara pas dihati

image

Banyak orang beli motor multi silinder karena kesemsem dengan suaranya. Sayang motor 2 silinder standar suaranya terlalu kalem… bahkan lebih kenceng suara mesinnya daripada knalpotnya. Untuk makin meningkatkan sensasi berkendara, banyak diantaranya mengganti knalpotnya dengan knalpot aftermarket. Namun ga banyak dari mereka yang salah langkah alias menyesal…. alasannya suara knalpot bikin budheg, suara pecah, dll…. 🙂
Mungkin saat membeli knalpot mereka ga mensurvey dulu knalpot incaran mereka, atau asal ke toko asesoris dan kemakan omongan sales. Ada baiknya sebelum memutuskan beli knalpot baca review penggunanya dulu, atau metode paling baik sih denger motor lain yang menggunakan knalpot incaran secara langsung… yang paling gampang ikut saja kopdar komunitas motor sejenis.., banyak tuh yang pake aneka ragam knalpot aftermarket. Tinggal dipilih mana yang paling diminati…

Cara lain ya pesen custom saja… enaknya malah bisa pilih karakter suara yang diinginkan. Soal peningkatan tenaga jangan kuatir. Produsen knalpot custom berpengalaman ga asal bikin knalpot kok. Ada jaminan jika tenaga ikutan terdongkrak (dyno test proofen). Metode ini yang SF pilih…. meski SF sering mendapat cemoohan dari pembaca, cuek saja mereka menghabiskan waktu, biaya dan pikiran… menulis sesuatu yang SF abaikan . Kwqkkwq….. kepuasan ada pada empunya kok.
Saran SF untuk pengguna ninja : pilih knalpot yang suaranya ga terlalu kencang karena justru aura moge ninja akan hilang… yang ada malah suara terdengar kampungan. Cari knalpot yang suaranya singkron dengan suara mesin ninja 250 . Suara nging berpadu dengan deheman knalpot aftermarket bikin horny loh (hallllah 😆 ) kalau suara knalpot terlalu kenceng, malah nutupi suara mesin.

Sekedar share : kebetulan kemaren SF berencana mengantarkan spin bunda SF untuk ditinggal servis dibengkel langganan. Karena itu SF minta tolong adik mengantar SF ke bengkel. Nah pada kesempatan itu sengaja SF memilih menunggang spin dan adik SF menunggang si bolot. Pengen mendengar suara si bolot dari sudut pandang pengguna jalan lain.

Iseng-iseng SF menyalip adik SF dan beberapa meter kemudian SF ngasih kode adik untuk segera berakselerasi spontan… kesan yang SF dapat saat si bolot nyalip adalah suara nguing terdengar berpadu dengan suara knalpot yang serak rapat… suara knalpot ini ga bikin SF terganggu atau merasa berisik. Beda saat disalip motor berknalpot freeflow. Karakter ninja ga menghilang karena penggantian knalpot malah justru menguat. Suaranya elegan dan ga norak.
Ketika bikin knalpot pesenan SF ini, sang pengrajin mengakui jika jarang ada yang pesan knalpot seperti ini, apalagi untuk motor ninja 250. Stanlee sang pengrajin malah agak kaget setelah knalpot pesenan SF jadi. Kata dia suaranya sangat berbeda dengan knalpot yang ada dipasaran…. bahkan hampir knalpot mofe standar. Ada karakter berbeda jika dibandingkan knalpot freeflow ber db killer. Suara knalpot bersekat lebih garing , ga sedalam knalpot freeflow, ga berisik dan lebih rapat. Nih suaranya :

Saran terbaik menurut selera SF: Pake saja muffler OEM moge semisal mufflex gsx, ZX, dan muffler R6… boleh dijajal dan bandingkan suaranya dengan knalpot freeflow.
Nih contohnya

Atau ini contohnya

Yg atas ini yang paling SF demen

0 thoughts on “Sebelum membeli knalpot untuk motor 2 silinder lebih baik dengar sendiri motor lain atau pesan custom sekalian agar karakter suara pas dihati”

    1. setuju banget ommmm..
      ane baru aja pasang slipon 1 mg lalu tapi tu free flow semua.
      baru pasang da mau dijual lg. suaranya mengganggu terlalu kenceng.

      trus bawa ke tkg knalpot mobil di bikinin db killer model resonator mobil di leher sliponnya.
      skrg suaranya persis artikel cuman ngebas lebih kuat aja.
      memang knalpot recing yg mantap tu masi seirama sama knalpotnya. ada zwing zwing diikutin dengan brum brummnyaaaa… puassss pakenyaaa nga peka telinga en berkelas..
      sepaham om! baru brosing hari ini eh ketemu artikel ini. thumbs up gan. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.