Lampu led harusnya lebih awet… tapi kok SF sering lihat led modar sebagian ya

Beberapa tahun terakhir seliweran di Jakarta , SF jarang melihat lampu belakang pulsar series nyala sempurna.. seringkali SF melihat lednya mati sebagian, jadi kurang enak dilihat. Kesannya ada yang kurang melihat motor cakep tapi lampu belakang nyalanya bogang-bogang alias nyalanya ga rata/penuh.
Dilematis memang punya motor berlampu belakang model led…disatu sisi irit listrik, tampilan lebih keren dan tampak modern, tapi disisi lain kalau mati susah cari penggantinya, harganya jelas lebih mahal dibanding bohlam pijar yang cuma ribuan rupiah perbijinya.

Teorinya sih umur lampu led lebih lama dibanding lampu pijar dengan catatan kelistrikan stabil dan rangkaiannya solid.

Tapi kemaren saat jjs sore ketemu P200NS yang mati sebagian led lampu belakang.  Padahal motor masih berumur setahunan…

image

Waduh ketularan penyakit seniornya tuh…

SF sih memasang bohlam led model jagung untuk lampu rem dua tunggangan SF yakni tiger dan ninja, pada tiger berumur sekitar 3 tahun lebih baru mati (karena aki tekor), sedangkan pada ninja sudah 2 tahun lebih masih prima nyalanya.
image

Enaknya bohlam model gini kalau pas mati gampang cari solusinya… tinggal ganti bohlam pijar biasa yang mungkin di hampir di semua toko/bengkel menyediakan. Sembari pesen lagi bohlamnya 🙂

0 thoughts on “Lampu led harusnya lebih awet… tapi kok SF sering lihat led modar sebagian ya”

  1. Apalagi kalo pake bohlam led variasi berharga murah, bakalan cepet mati sebagian. Dulu di motor saya, hampir semua lampunya udah d ganti bohlam led tp yg murah. mulai dari lampu senja, rem, lampu plat, lampu speedometer, indikator gear, dan sein. Tapi setelah d pake beberapa minggu ada sebagian mata yg mati, saya diemin aja tp beberapa hari kemudian ada yg mati lg. Akhirnya saya penasaran kenapa bisa mati setelah d pakai jalan jauh. Ternyata setelah saya pakai jarak jauh, suhu led menjadi panas akibat tegangan arus yg berlebih. Akhirnya saya mencopot semua led variasi yg ada. Dan menggantinya dgn led buatan saya sendiri dgn menambahkan dioda sebagai penyearah arus, resistor yg sesuai, serta heatsink agar suhu tidak terlalu panas. Dan sudah terbukti, dari bulan agustus 2013 sampe sekarang, tdk ada satu pun led yg mati.

    Maaf kepanjangan bro!

  2. salah rumus kali masbro coba ini

    Led memiliki karakteristik berbeda-beda menurut warna yang dihasilkan. Semakin tinggi arus yang mengalir pada led maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan, namun perlu diperhatikan bahwa besarnya arus yang diperbolehkan 10mA-20mA dan pada tegangan 1,6V – 3,5 V tergantung karakter warna yang dihasilkan. Apabila arus yang mengalir lebih dari 20mA maka led akan terbakar. Untuk menjaga agar LED tidak terbakar perlu kita gunakan resistor sebagai penghambat arus.

    Tegangan kerja / jatuh pada sebuah LED menurut warna yang dihasilkan adalah sbb :

    Infra merah : 1,6 V
    Merah : 1,8 V – 2,1 V
    Oranye : 2,2 V
    Kuning : 2,4 V
    Hijau : 2,6 V
    Biru : 3,0 V – 3,5 V
    Putih : 3,0 – 3,6 V
    Ultraviolet : 3,5 V

    Mengacu data di atas maka Apabila kita ingin mencari nilai resistor pada LED dapat anda gunakan rumus berikut

    R =(Vs-Vd) / I

    dimana:
    R = Resistor
    I = Arus LED
    Vs = Tegangan sumber( bisa battery 12V, atau sumber tegangan lainnya).
    Vd = Tegangan kerja LED

    Contoh :
    Misal kita mempunyai sebuah LED warna merah (tegangan kerja 1,8 Volt) yang akan dinyalakan menggunakan sumber tegangan 12Volt maka kita harus mencari nilai resistor yang akan dihubungkan secara seri dengan LED.

    Sebelumnya kita mengetahui bahwa arus maksimal yang diperbolehkan adalah 20mA Jadi dari contoh ini dapat diketahui bahwa tegangan yang digunakan (Vs) : 12V, tegangan kerja LED : 1,8V, dan Arus LED : 20mA = 0,02Ampere. maka R = (12-1,8) / 0,02 = 510 ohm

    dengan cara yang sama jika LED yang di gunakan warna biru maka:
    R LED Biru = (12V – 3V) / 0.02 A = 450 ohm

    Menghitung resistor secara seri :

    jika LED di pasang seri maka tegangan kerja LED adalah penjumlahan dari keseluruhan LED yang di seri tersebut, dalam contoh berukut di perlihatka 3 buah LED warna kuning yang di pasang seri, jika tegangan sumber masih sama 12V maka maka:

    R = (12V – (2,4V+2,4V+2,4V)) / 0.02 A
    R = (12V – 9.6 V) / 0.02 A = 120 ohm

    semoga bermanfaat

    1. knalpot bikinan pengrajin anak bangsa bahannya stainless steel anti karat …kwkqkwq… coba liat knalpot pabrikan sekarang… knalpot motor apa yang lehernya ga kuning?

  3. Pengalaman pake pulsar 6 tahun lampu led tetep nyala syaratnya adalah arus listrik ke lampu jangan mendadak, ini sih saran mekanik bajaj senior di sukabumi, led peka sama perubahan arus(harus dibuktikan nih secara teknis) jadi saat mesin tiba tiba mati maka switch lampu dimatikan biar pada saat starter gak ada arus dadakan ke led rem belakang(AHO gimana ya)…teori mekanik ane pake terus hasilnya lampunya masih oke gak ada yang mati satupun UG3 arus masih AC…temen ane DC P220 pemakaian satu tahun dah mati tiga led…itu kebiasaan starter saat mati dilampu merah atau dirumah switch lampu masih on langsung starter..maklum no engkol…setelah kejadian itu ane saranin merubah kebiasaannya hasilnya…dah tahun kedua yang mati ya yang tiga itu belum bertumbuh lagi….itu dia kalo P200NS…AHO….dari awal dah pasti arus ke lednya banyak kejutan…mungkin ada yang bisa kasih pencerahan biar arus tetep normal dan tidak mengejutkan para led saat starter…monggo dibagi sama rider pulsar…

  4. ane pke LED yg 3 in 1 di ninin ane. Dah 2 thun lbh cuman mati 4 titik 🙁 Kmungkinan swaktu hjn besar & ada air msuk lwt sela2 kbl jd korslet kecil. Ane pkir msuk ke sela2 lampu tp tidak ada embun berarti kan aman.

  5. LED lampu rem Shogun RR saya sudah 5 tahun nggak ada masalah
    saya mengamati, lampu rem motor-motor keluaran baru (yang sudah AHO) kok sepertinya nggak awet

  6. Untuk led tergantung sih, ada led murahan, ada led mahal, ada led di jual sok mahal

    Contoh aja led murahan itu seribuan
    Led mahal biasanya merek terkenal, minim2 sekelas koso untuk sein lah 300 rebuan
    Led di jual sok mahal? Cari noh led ninja 250, led, vixsen, semua led murahan paling 1 biji di hargain 1000 perak, karena buat motor mahal jadi di mahalin

    Led mahal biasanya bentuknya kaya flash hp amerika
    Led murah biasanya bentuknya kaya pentol korek

Leave a Reply

Your email address will not be published.